Contoh Proposal Magang

Proposal Magang
Profesi Pilihan Mahasiswa Program .............. di Dinas

A. PENDAHULUAN
Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi di berbagai bidang, khususnya dalam upaya mewujudkan negara yang maju dan mandiri serta masyarakat yang adil dan makmur, Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan sekaligus peluang. Tantangan paling fundamental adalah upaya Indonesia untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan secara berkesinambungan. Untuk menjawab hal tersebut, diperlukan peningkatan efisiensi ekonomi, produktivitas tenaga kerja, dan kontribusi yang signifikan dari setiap sektor pembangunan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar dibidang agribisnis yang terbesar didunia. Dengan potensi sumber daya dan daya dukung ekosistem yang sangat besar, Indonesia dapat menghasilkan produk dan jasa agribisnis yang meliputi bidang pertanian, peternakan, perkebunan (hortikultura) dan perikanan secara meluas yang mutlak diperlukan bagi kehidupan manusia.
Sementara itu, pertambahan penduduk dunia, kenaikan pendapatan dan perubahan preferensi konsumen telah menyebabkan permintaan terhadap produk dan jasa sektor agribisnis akan terus meningkat. Oleh karena itu, sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan mempunyai peranan yang semakin strategis saat ini dan dimasa yang akan datang.

Bidang agribisnis tersebut, khususnya untuk bidang usaha peternakan, peran Dinas Peternakan yang tersebar di seluruh Indonesia sangatlah penting untuk menjawab segala persoalan dari sisi peternakan. Dewasa ini, Dinas Peternakan atau dinas lain yang membidangi urusan peternakan tidak saja berperan dalam hal peningkatan produksi peternakan akan tetapi lebih mengacu pada peningkatan kesehatan ternak. Apalagi pada saat ini Indonesia sedang mengalami ancaman mewabahnya berbagai penyakit ternak yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap usaha peternakan rakyat di Indonesia.
Dalam menjalankan fungsional kedinasan bidang usaha peternakan tentunya tidak terlepas dari keterkaitan peran medis veteriner, bidang medis veteriner memegang peranan (otoritas veteriner) yang cukup penting dalam berbagai usaha peternakan yang ada di Indonesia. Bidang medis ini dipegang oleh seorang dokter hewan yang memutuskan bahwa seekor hewan dikatakan sehat atau sakit dan atau seekor hewan aman atau layak dikonsumsi masyarakat.
Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan .............. merupakan program yang bertujuan untuk menghasilkan seorang dokter hewan yang profesional. Untuk menjadi dokter hewan yang profesional maka ilmu dan ketrampilan yang didapat dibangku kuliah harus mampu diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk itu diperlukan adanya kegiatan magang yang langsung terjun ke lapangan atau masyarakat. Kegiatan magang yang dilaksanakan secara langsung di Dinas Agribisnis Kota .............. diharapkan dapat memberikan gambaran kegiatan di dinas yang membidangi peternakan di Indonesia.

B. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan diadakan magang profesi ini adalah untuk:
a. Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara perguruan tinggi Fakultas Kedokteran Hewan .............. dengan berbagai instansi, khususnya lembaga pemerintahan Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota .............. yang selama ini telah terjalin dengan baik.
b. Mengetahui fungsi dan wewenang Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota .............. sebagai representatif (gambaran umum) Dinas Peternakan di Indonesia.
c. Mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilakukan dan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota ...............
d. Memberi gambaran yang nyata mengenai profesi yang akan digeluti seorang dokter hewan serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang peternakan.

C. METODE PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan magang ini akan dilakukan dengan cara ikut serta dalam kegiatan rutin yang berjalan di Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota .............., Jawa Barat.

D. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2008 yang bertempat di Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota .............., Jawa Barat.

E. PELAKSANA
Demikian proposal ini kami sampaikan dengan harapan akan terjalin kerjasama yang baik dan memberikan manfaat bagi pengembangan dan kemajuan semua pihak. Atas perhatian dan kerjasama yang baik dari Dinas Agribisnis Bidang Usaha Peternakan Kota .............., Jawa Barat, kami ucapkan terima kasih.



Sumber: http://duniaveteriner.com/2009/05/contoh-proposal-magang-profesi-pilihan-mahasiswa-program-..............-di-dinas/print

Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

Blog Archive

pesan hari ini