PROPOSAL PENDIRIAN USAHA SALE PISANG

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
PROPOSAL PENDIRIAN USAHA SALE PISANG


A. Data Perusahaan

a. Nama Perusahaan : PT ...............
b. Bidang Usaha : Manufaktur Makanan
c. Jenis Produk : Sale Pisang
d. Alamat Perusahaan : ..............., ..............., ..............., ...............
e. Nomor Telepon : ...............

B. Data Pemilik

a. Nama Pemilik : ...............
b. Jabatan : ...............
c. Tempat tanggal lahir : ..............., ...............
d. Alamat Rumah : ..............., ..............., ..............., ...............
e. Nomor Telepon : ...............
f. Struktur Organisasi
g. Direktur : ...............
h. Kepala Pemasaran dan Keuangan : ...............
i. Kepala Produksi : ...............
j. Kepala SDM dan Kantor : ...............


C. Data Konsultan

a. Nama Konsultan : ...............
b. Jabatan : ...............
c. Tempat Tanggal lahir : ..............., ...............
d. Alamat Rumah : ..............., ..............., ..............., ...............
e. Nomor Telepon : ...............
f. Alamat E-mail : ...............
g. Pendidikan Terakhir : ...............
h. Pengalaman Kerja : ...............

D. Alasan Pemilihan Bisnis Sale Pisang

Saat ini, ............... merupakan wilayah berpantai yang terkenal sebagai daerah penghasil pisang. Namun, sebagian besar pisang yang dihasilkan dijual masih dalam bentuk buah segar, bukan olahannya. Keadaan ini membuat nilai tambah pisang tersebut tidak terkelola dengan optimal. Selain itu, sering terjadi kerusakan pada pisang yang dipanen karena tidak langsung laku terjual atau membusuk karena terlalu lama disimpan menunggu kenaikan harga.
Di samping itu, sedikitnya industri sale pisang di ..............., membuat konsumen dari luar kota kesulitan mendapatkan sale pisang, saat ingin membelinya sebagai oleh-oleh. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengolahan pisang menjadi sale pisang masih sangat terbuka lebar, tanpa merusak keseimbangan pasar pisang yang sudah ada.

E. Analisis Aspek Lingkungan

Sebagian besar masyarakat di lingkungan rencana usaha merupakan penganut agama Islam yang taat, tetapi tingkat toleransi dengan agama lain dapat berjalan dengan baik. Dalam berorganisasi dan berpolitik, mayoritas masyarakat cenderung mengikuti organisasi keagamaan dan berafiliasi kepada organisasi ................ Hal ini dapat diketahui dari hasil pemilu yang lalu, yakni sebagian besar nasyarakat memilih partai ............... sebagai wadah aspirasi politik dan sebagian lagi memilih partai yang termasuk partai urutan lima besar.
Sementara itu, mayoritas masyarakat di lingkungan rencana usaha bermatapencaharian sebagai nelayan, petani, dan buruh. Sebagian kecilnya menjadi pegawai, pengusaha, atau  bekerja di sektor industri lain. Perilaku beli masyarakat di daerah rencana usaha termasuk konsumtif, ditandai  dengan ramainya pengunjung pertokoan pada awal bulan dan menjadi sepi pada tanggal tua. Mengenai masalah keamanan seperti pencurian, perampokan, atau bahaya lingkungan lainnya, relatif aman dan terkendali.

F. Analisis Aspek Pemasaran

a. Aspek Makro
Bahan baku utama sale pisang adalah pisang yang didapatkan di daerah sekitar ............... Saat ini, ada sekitar lima perusahaan penghasil sale pisang yang dianggap cukup besar dan  banyak industri rumah tangga yang dianggap pesaing dari usaha sejenis. Industri rumah tangga menyuplai kebutuhan lokal, sedangkan perusahaan besar menyuplai kebutuhan pedagang besar, seperti toko makanan atau swalayan. Pelanggan terbesar sale pisang datang dari daerah sekitar, seperti Purwokerto, Banyumas, Bandung, Jakarta, dan Semarang.

b. Aspek Mikro
1. Jenis produk yang dihasilkan dari usaha yang dilakukan adalah sale pisang dengan bahan baku pisang raja.
2. Penetapan harga dari produk tersebut didasarkan atas biaya produksi di tambah mark-up sekitar 10%.
3. Promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk dilakukan dengan cara mengenalkan produk di toko-toko penjual makanan di daerah sekitar Cilacap, Bandung, Semarang, dan Jakarta.
4. Pendistibusian barang, selain diambil langsung oleh pedagang besar, juga dilakukan dengan mengirimkannya langsung ke toko-toko makanan dan swalayan yang sudah dijadikan sasaran penjualan.

G. Analisis Aspek Operasional

a. Desain Produk
Untuk meningkatkan kualitas produksi, selalu dilakukan pengamatan dan perkembangan teknologi, riset produk, atau uji coba produk. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha adalah ketersediaan bahan baku untuk proses produksi, sedangkan kapasitas produksi dua kuintal sale pisang jadi per hari. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola produksi berkelanjutan, sehingga produksi tetap terus berjalan setiap hari tanpa terpengaruh waktu dan musim.

b. Proses Produksi
Proses produksi dlakukan secara sederhana. Awalnya pisang dicuci bersih, dikupas kulitnya, lalu diiris tipis dan diberi campuran aroma. Proses selanjutnya adalah menggoreng atau mengoven irisan pisang hingga tingkat kematangan tertentu. Setelah diangkat dan didinginka, sale pisang dibungkus dan siap dipasarkan.

c. Pengawasan Kualitas
Pengawasan kualitas dilakukan untuk bahan baku, pengawasan proses, dan pengawasan produk jadi. Pengawasan kualitas bahan baku dilakukan dengan hanya memakai pisang yang sudah matang, tetapi belum busuk. Pengawasan kualitas proses dilakukan dengan melihat ketebalan irisan, kekeringan hasil menggoreng atau meng-oven. Sementara itu, pengawasan produk jadi dilakukan dengan memerhatikan keseragaman ukuran, kerapian pembungkusan, dan pencantuman waktu kadaluarsa di kemasan.

H. Analisis Aspek Sumber Daya Manusia

Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini terdiri dari tiga orang pegawai kantor untuk administrasi dan marketing, tiga orang petugas lapangan, lima orang  tenaga menggoreng dan mengoven. Selain itu, dibutuhkan 35 orang  pekerja borongan untuk mengupas dan mengiris pisang, serta mengemasnya.
Proses peningkatan kemampuan kerja pegawai dilakukan dengan mengadakan atau merekomendasikan pegawai untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang bentuknya disesuaikan dengan tugas dan fungsi pegawai bersangkutan. Pegawai juga diberi fasilitas kesehatan, mencakup biaya rawat jalan jika berobat dan bantuan 50% biaya rawat inap di ruang kelas III rumah sakit yang telah ditentukan. Kontrak kerja yang berisi hak, kewajiban, dan sanksi pelanggaran sudah harus ditandatangani pada saat pegawai mulai bekerja.

I. Analisis Aspek Keuangan


Tabel Anggaran Pendapatan dan Biaya
Tahun 2006—2010
(dalam juta rupiah)

Keterangan Tahun
Pertama
(2004) Tahun
Kedua
(2005) Tahun
 Ketiga
(2006) Tahun Keempat
(2007)
Pendapatan ……………. ……………. ……………. …………….
Biaya-biaya ……………. ……………. ……………. …………….
Biaya Bahan Baku ……………. ……………. ……………. …………….
Biaya Tenaga Kerja ……………. ……………. ……………. …………….
Listrik dan Air ……………. ……………. ……………. …………….
Proses Produksi ……………. ……………. ……………. …………….
Perlengkapan ……………. ……………. ……………. …………….
Lain-lain ……………. ……………. ……………. …………….
Bahan Bakar ……………. ……………. ……………. …………….
Distribusi ……………. ……………. ……………. …………….
Laba Kotor ……………. ……………. ……………. …………….


Neraca
(per tanggal 31 Desember)

Aktiva Pasiva

Aktiva Lancar Hutang
Kas Rp…………….
Piutang Rp …………….
Persediaan Rp…………….
Aktiva Tetap/Modal Rp…………….
Peralatan Rp…………….
Gedung Rp…………….
Bangunan Rp…………….
Total Rp…………….


J. Analsis Kekuatan, Kelemahan , Peluang dan Ancaman
a. Kekuatan
1. Harga terjangkau.
2. Kualitas terjamin.
3. Cita rasa bervariasi.
4. Kemasan berbagai ukuran.

b. Kelemahan
1. Manajemen tradisional.
2. Sarana dan prasarana sederhana.
3. Sumber daya manusia yang  masih rendah pendidikan.
4. Bahan baku mudah rusak.

c. Peluang
1. Pangsa pasar yang masih luas.
2. Bahan baku yang mudah di dapat.
3. Pesaing besar relatif terbatas.

d. Ancaman
1. Munculnya variasi makanan jajanan.
2. Munculnya pesaing baru.

e. Rencana Kebutuhan Pinjaman
Untuk ekspansi dan akselerasi produk, perusahaan akan meningkatkan kapasitas 50% lebih banyak dari jumlah produksi saat ini. Peningkatan kapasitas tersebut memerlukan dana sebesar Rp…………….. Dari jumlah yang dibutuhkan tersebut, perusahaan telah memiliki dana sebesar Rp……………. sehingga membutuhkan dana tambahan sebesar Rp…………….. Dana pinjaman tersebut akan diangsur selama tiga tahun, dibayarkan dengan cara cicil per bulan. Adapun agunan untuk pinjaman tersebut adalah tanah dan bangunan yang ada di atas lokasi usaha.

K. Penutup 

Demikian rencana usaha ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

..............., ...............,

tanda tangan

Pemilik PT ...............

Sumber: http://fe.elcom.umy.ac.id/mod/resource/view.php?id=808.




Artikel Terkait

kata bijak

Blog Archive

pesan hari ini