Tahap Perkembangan Menulis menurut para Ahli

Menurut Brewer ada empat tahaan menulis sebagai berikut :
1) Scribble Stage (tahap mencoret atau membuat goresan)
Pada tahap ini anak mulai mencoret atau membuat goresan. Pada tahap ini anak mulai membuat tanda-tanda dengan menggunakan alat tulis. Anak mulai belajar tentang bahan tulis atau cara mengerjakan tulisan tersebut.
2)  Linear (Repetitive Stage)  (tahap pengualangan linear)
Pada tahap ini anak meniru bentuk tulisan yang horizontal
3)  Rondom Letter Stage (tahap menulis random)
Anak mulai belajar tentang berbagai bentuk yang merupakan suatu tulisan dan mengulang berbagai kata ataupun kalimat.
4) Letter Name Writing or Phonetic writing
Anak mulai menyusun dan menghubungkan antara tulisan dengan bunyinya. Anak mulai menulis nama dan bunyi secara bersamaan.

Morrow (1993)  membagi kemampuan menulis anak menjadi 6 tahapan sebagai berikut :
1) Writing via drawing
     Yaitu menulis dengan cara menggambar
2)  Writing via scribbling
     Yaitu menulis dengan cara menggaris, anak sering kali mencoret  dari arah kiri ke kanan seolah mencontoh tulisan orang dewasa.
3) Writting via making letter like forms
Yaitu menulis dengan cara membuat bentuk huruf anak tidak hanya membuat goresan tetapi sudah melibatkan unsur kreasinya.
4) Writting via reproducing well- learned or letter strings
Yaitu menulis dengan menghasilkan huruf-huruf dengan mencontoh, mencoba mengeja satu persatu
5) Writting via invented spelling
     Yaitu menulis dengan mencoba mengeja satu persatu
6) Writting via conventional spelling
Yaitu menulis dengan mengeja langsung. Dalam tahap ini anak sudah dapat mengeja secara benar.

Feldam (1991)  memberikan batasan tentang tahapan kemampuan menulis pada anak sebagai berikut :
1) Scribble on the page
   Yaitu membuat goresan pada kertas. Dalam tahap ini anak membuat gambar ataupun huruf-huruf yang terpisah.
2) Copy word
   Yaitu mencontoh huruf. Anak mulai tertarik mencontoh huruf
3) Invented spelling
Anak mulai belajar mengeja, anak mulai menemukan cara mengeja dan menulis huruf.

Dari berbagai pengertian dan pendapat para ahli menulis merupakan penggunaan kapur, pena, ballpoin, pensil di kertas atau papan untuk membuat huruf-huruf. Keterampilan menulis akan dikuasai anak melalui berbagai  tahapan yaitu anak mencoret-coret dulu secara berulang-ulang menjadi bentuk tulisan. Setelah itu anak menyusun menjadi bentuk tulisan yang bermakna.


Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini