PROPOSAL WORKSHOP USTADZ / DZAH TKQ-TPQ

PROPOSAL WORKSHOP
USTADZ / DZAH TKQ-TPQ …………………

A.   LATAR BELAKANG
Salah satu faktor yang mendukung tercapainya target pendidikan disamping tenaga pengajar yang berkualitas juga didukung adanya  program yang terencana. Perencanaan Program Pengajaran yang disusun dengan baik dan sistematis akan mempercepat proses pencapaian target kurikulum.
Agar misi Program Pengajaran dan materi yang telah disusun dapat tersampaikan dengan baik dan dipahami oleh santri, maka para ustadz/ustadzah dituntut untuk mampu mengembangkan suatu tehnik pengajaran yang luas dan beragam yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan santri.
Dan untuk merealisasikan semua itu harus didukung oleh komitmen serta rasa tanggung jawab para ustadz/ustadzah sebagai komponen lembaga pendidikan yang dituangkan dalam semangat dan eksistensinya dalam mengajar dengan menunjukkan performa yang kreatif dan inovatif.
Untuk itulah, dalam rangka mencari solusi dari permasalahan di atas, maka Bidang Pendidikan................ pada awal tahun pelajaran baru ini akan menyelenggarakan workshop dengan pembahasan yang terfokus pada perencanaan program pengajaran untuk tahun pembelajaran 2004 – 2005.

B.   ARAH DAN TUJUAN
a. Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat menghasilkan sebuah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program yang terperinci dan sistematis.

b. Menyiapkan ustadz/ustadzah yang profesional dan mampu mengimplementasikan konsep pengajaran yang telah disusun untuk mendukung dan mempercepat proses pencapaian target kurikulum.

C. MATERI WORKSHOP

Materi yang akan dibahas meliputi :
a. Kurikulum TKQ  Bid. Pend. ................;
b. Kurikulum TPQ Bid. Pend. ................;
c. Kurikulum Pasca Imtihan;
d. Ekstrakurikuler;
e. Assessment (Penilaian  Akhir).

D. MUATAN MATERI

a. Kurikulum TKQ Bid. Pend. ................
Yang meliputi :
1. Materi Pokok;
2. Materi Ibadah/praktek;
3. Materi Hafalan;
4. Aqidah Akhlaq;
5. Fiqih;
6. BCM;
7. Khot.
b. Kurikulum TPQ Bid. Pend. ................
Yang meliputi :
1. Materi Pokok;
2. Materi Ibadah/praktek;
3. Materi Hafalan;
4. Aqidah Akhlaq;
5. Fiqih;
6. BCM;
7. Khot.
c. Kurikulum Pasca Imtihan
1. Materi Pokok (Al Qur’an, Ghorib Tajwid);
2. Tartilul Qur’an;
3. Tilawatil Qur’an/Qiro’ah;
4. Tahfidzul Qur’an;
5. Terjemah Lafdziyah.

d. Ekstrakurikuler

TKQ/TPQ meliputi :
1. Nasyid
2. Puitisasi Al Qur’an
3. Mewarnai
4. Menggambar
Pasca Wisuda :
1. Nasyid
2. Kaligrafi
3. Sosiodrama

e. Assessment (Penilaian Akhir)

E. URAIAN MATERI
a. Materi Pokok
Materi pokok adalah program qiro’ati yang merupakan metode untuk  pembekalan santri dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu  tajwid. Tim penyusun materi pokok ini akan membuat target waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan setiap jilid qiro’ati.

b. Materi Ibadah/Praktek
Materi ibadah praktis dan aplikatif diberikan untuk melatih dan membiasakan santri dalam menjalankan syariat Islam sejak usia dini. Materi ini meliputi:
1. Pengenalan nama, waktu, jumlah raka’at, dan tempat shalat;
2. Praktek Shalat;
3. Tata cara berwudhu;
4. Arti shaum dan pelaksanaannya;
5. Zakat;
6. PHBI.
c. Materi Hafalan
Materi hafalan sebagai materi pokok kedua setelah program qiro’ati. Penguasaan materi ini disesuaikan dengan penguasaan jilid qiro’ati dan sebagai persyaratan kenaikan jilid.
d. Aqidah Akhlaq
Seiring dengan perubahan budaya zaman saat ini, dimana turunnya moralitas bangsa kita semakin memprihatinkan, maka telah menjadi kesepakatan diantara para pendidik dikalangan umat islam untuk dapat membekali santri dengan penanaman nilai – nilai aqidah islam sejak usia dini.
Penanaman nilai–nilai Aqidah Islam sejak usia dini diharapkan akan dapat  menghantarkan santri pada penghayatan dan pengamalan nilai – nilai ajaran islam secara kaffah dimasa yang akan datang.
Team penyusun materi ini akan membuat buku pedoman untuk guru dengan muatan materi yang mengacu pada kurikulum agama islam yang disesuaikan dengan jenjang sekolahnya.
e. Materi BCM
Pada umumnya kita semua menyadari bahwa daya pikat penyelenggaraan TKQ/TPA yang ada saat ini masih sangat lemah, pola pengajaran yang masih terkesan monoton dan muatan materi yang masih sulit untuk disiasati untuk tampil menarik dan memikat.
Metode BCM yang amat berpotensi untuk menjadi daya pikat yang saat ini terkesan masih kita kesampingkan. Untuk itulah, pada tahun pelajaran 2004 – 2005 ini adalah tantangan bagi kita untuk dapat menampilkan pola pengajaran yang memiliki daya pikat dan tampil menarik sehingga santri bisa belajar dengan suasana hati yang riang. Hal ini kita lakukan sebagai antisipasi terhadap droup out santri karena merasa jenuh dengan pola pengajaran yang kita sajikan.
Tim penyusun materi ini akan menyusun buku yang berisi antara lain :
1. Nasyid/lagu–lagu islami
2. Puisi Islam
3. Cerita/kisah–kisah teladan
4. Aneka permainan Islami


f. Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan penunjang yang ditujukan sebagai wahana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh santri dengan muatan materi mengacu pada event–event perlombaan seperti FASI dan lain-lain.



g. Kurikulum TKQ / TPQ Bid. Pend. ................ pasca imtihan
Sebagai tanda berakhirnya masa pendidikan pada program qiro’ati, bidang pendidikan................ menyelanggarakan Imtihan/wisuda santri. Pada pasca imtihan saat ini belum tersusun program pengajaran lanjutan yang sistematis sehingga materi yang disampaikan ustadz/ustadzah pada santri pasca wisuda masih terkesan simpang siur. Untuk itulah, kurikulum pasca wisuda akan kita susun untuk program pengajaran 2004 – 2005 yang merupakan program lanjutan dari program pertama yang telah diselesaikan.

h. Assessment (Penilaian Akhir)
Penilaian yang dapat memberikan gambaran tentang kondisi anak didik bagi pendidik, sejauh mana anak didik dapat memahami pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.
Pembahasannya meliputi :
1. Lembar evaluasi kenaikan jilid;
2. Raport;
3. SKU;
4. Porto Folio.

F. PESERTA
a. Para ustadz/ustadzah Bidang Pendidikan ................
b. Para Kepala Unit  Bidang Pendidikan................
c. Peserta berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang.

G. TEAM PEMBANDING
Terdiri dari 2 (dua) orang dari luar.


H. ANGGARAN
a. Team Pembanding 2 orang @ 150   Rp.  …………..
b. Keperluan administrasi   Rp.  …………..
c. Dokumentasi   Rp   …………..
d. Dekorasi   Rp.  …………..
e. Konsumsi panitia & Peserta   Rp.  …………..
f. Penyusunan hasil Workshop (buku) Rp …………..
Total                         Rp.  …………..


I. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tgl   : Kamis, Jum’at, Sabtu/ 8,9,10 Juli 2004
Waktu   : Pukul 14.30 s/d 17.30 WITA

Tempat   : Masjid Darussalam

J. PANITIA PELAKSANA
a. Penanggung jawab :
b. Ketua :
c. Sekretaris :
d. Bendahara :


K. PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun, kami berharap dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk mensukseskan acara ini, semoga dapat menjadi sumbangsih untuk kemajuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan ................. Amin


Billahittaufiq Walhidayah,
Bontang, 09 Juni 2004

PANITIA WORKSHOP USTADZ / DZAH TKQ-TPQ  ................
    Ketua   Sekretaris




……………….. ………………
Sumber: http://74.125.153.132/search

Artikel Terkait

kata bijak

Blog Archive

pesan hari ini