Macam-macam tipe guru dari yang membosankan sampai yang menjadi idola


Sebagai seorang guru pasti ingin sekali melaksanakan tanggung jawab dengan baik. Lalu begitu juga dengan murid, pasti senang sekali apabila memiliki guru yang asyik dan menyenangkan. Lalu, sebagai guru, kamu termasuk dalam guru tipe apakah ? kalau sudah tahu, pasti ini akan menjadi kekuatan untuk berubah. Dan sebagai murid, pernahkah kalian memiliki guru-guru yang menyenangkan. Guru yang seperti itu  adalah guru yang berkeyakinan kalau tidak ada murid yang bodoh yang ada adalah murid yang belum menemukan guru yang cerdas.

 
tipe guru yang asyik dan menyenangkan

Langsung saja ini dia tipe-tipe guru dari yang membosankan sampai menjadi idola. Ini berpedoman pada kuadralitas Robert T Kiyosakibahwa guru dibagi menjadi 4 kuadran berdasarkan  mentalitas kerjanya



Guru Pekerja (guru membosankan)

Guru yang berada di posisi yang paling rendah karena mentalitas kerjanya masih seputar tuntutan kerja. Guru seperti ini berpikir yang penting pergi tepat waktu, pulang tepat waktu. Dan sudah menjadi kebiasaan yang tidak perlu di tiru. Malah kadang-kadang dia datang terlambat dan pulang paling cepat. Guru ini mengajar hanya sebatas tugas atau kerja belaka. Tidak memiliki visi dan harapan ke depan untuk membangun pendidikan yang lebih baik.



Guru Profesional (guru asyik)

Tipe ini adalah  guru yang telah memiliki kemampuan mengajar  dengan hebat  sehingga guru ini dihargai oleh banyak orang. Dia merasa dirinya mempunyai harga dan selalu dihormati oleh banyak orang. Tipe guru macam ini selalu menawarkan berani berapa kalau bahasa gaulnya “wani piro”



Guru Pemilik (guru menyenangkan)

Guru ini sudah sangat professional  dan merasa memiliki sekolah. Waktu dan tenaganya ia habiskan untuk pengembangan pendidikan di sekolah. Dan luar biasanya kuadran ini seluruh jiwa dan raganya dikorbankan untuk kemajuan sekolah dimana ia mengajar.



Guru Perancang (guru idola)

Guru yang memiliki visi mencerdasarkan anak bangsa karena ia sadar bahwa siswanya adalah generasi penerus bangsa yang akan menyumbang dan mendukung perkembangan bangsa. Mereka adalah harapan bangsa yang akan berjuang demi masa depan negera yang lebih cerah. Ia mampu mendidik dan merancang sebuah metode , teknik, strategi pengajaran yang tepat dan kreatif agar  bisa dinikmati oleh seluruh guru di manapun berada. Semua dituangkan dalam bentuk tulisan, buku, audio book, video dan  lain-lain dalam rangka membangun pendidikan ke arah yang lebih baik. Guru perancang inilah mentalitas guru yang sanggup mengubah diri seorang guru menjadi lebih elegan dan bermartabat di depan siapa pun.



Demikianlah sedikit tulisan mengenai bermacam-macam tipe guru yaitu dari guru pekerja, guru professional, guru pemilik dan guru perancang. Dan menurut saya, guru yang yang menyenangkan dan dapat menjadi idola adalah guru yang dapat memulai pelajaran dengan hebat dan juga menutup pelajaran dengan keren. Dan murid-murid dapat mendapatkan pelajaran sulit menjadi mudah dengan cara menyenangkan.






Tulisan ini mengambil referensi dari buku Menjadi guru yang asik dan menyenangkan  dengan metode BCL (bermain, cerita dan lagu). Karangan Kang Deden.


Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini