MENGHITUNG ANGKA KREDIT JABATAN GURU 2014


Beginikah cara menghitung angka kredit jabatan guru ? sepertinya memusingkan hehe..

tapi untung ada blog ini yang menerangkan cara-caranya. MESKI BELUM dicoba tapi mungkin suatu hari bisa membantu. ARtikel asli posting ini dapat di lihat di sini

Sebelum melakukan penghitungan angka kredit tim penilai angka kredit terlebih dahulu melakukan verifikasi hasil PK Guru yang dikerjakan disekolah/madrasah melalui proses membandingkan antara rekapan hasil PKG, laporan dan evaluasi kinerja guru dan format perhitungan angka kredit.

Adapun verifikasi hasil PKG dilakukan dengan beberapa tahap;



Tahap 1

Menentukan nilai pada Format Rekap Hasil  PK GURU diisi sesuai dengan nilai pada Format Laporan dan  Evaluasi PK Guru

Tahap 2

Menentukan nilai untuk setiap kompetensi, yaitu dengan menjumlahkan skor untuk masing-masing indikator, menentukan prosentase pada kompetensi dimaksud dengan menjumlahkan nilai pada indikator dibagi skor maksimum, dan selanjutnya mengkonversikannya ke nilai 1, 2, 3, atau 4

Tahap 3

Membandingkan bukti dengan hasil  PK GURU, dan memastikan bahwa nilainya sesuai dengan bukti yang ada.

Perhitungan angka kredit (Pembelajaran/-Pembimbingan)

•         TAHAP 1

Konversikan hasil PK Guru ke dalam skala nilai 100 menurut Permenneg PAN & RB No. 16/2009 dengan rumus



                                           Nilai PK Guru

Nilai PKG (100) = -------------------------------------- x 100

                               Nilai PK Guru Tertinggi



•         TAHAP 2

Konversikan nilai hasil PK GURU (100) tsb ke  dalam sebutan dan prosentase perolehan hasil penilaian kinerja (NPK) sesuai Permenneg PAN & RB No. 16/2009



•         TAHAP 3a

Hitung angka kredit pembelajaran/pembimbingan per tahun dengan rumus :



                         (AKK – AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK

Angka Kredit = ---------------------------------------------------

                                                       4



Perhitungan angka kredit tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar

•         TAHAP 3b

Jika guru diberikan tugas tambahan yang sesuai fungsi sekolah/madrasah dan mengurangi jam mengajar tatap muka, maka angka kredit per tahunnya dihitung untuk :

- Pembelajaran/pembimbingan

- Tugas tambahannya

•         TAHAP 3c

Jika guru diberikan tugas tambahan yang sesuai fungsi sekolah/madrasah dan tidak mengurangi jam mengajar tatap muka, maka angka kredit per tahunnya dihitung untuk :

- Tugas satu tahun

- Tugas di bawah satu tahun

•         TAHAP 4

            Kemudian  angka kredit pembelajaran/-pembimbingan dijumlahkan dengan angka kredit
            tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah untuk memperoleh total angka
            kreditnya sesuai ketentuan

CARA PENGHITUNGAN TAHAP 1



 KONVERSI NILAI PK GURU (ke Skala 100)



                                           Nilai PK Guru

Nilai PKG (100) = -------------------------------------- x 100

                               Nilai PK Guru Tertinggi



 Keterangan:

Nilai PKG (100)  maksudnya  nilai  PK Guru  dalam skala 0 - 100 menurut Permenneg  PAN & RB No. 16 Tahun 2009
Nilai PKG adalah nilai PK GURU yang diperoleh dalam proses PK GURU sebelum dirubah dalam skala 0 – 100 menurut Permenneg PAN & RB No. 16 Tahun 2009
Nilai PKG Tertinggi adalah nilai tertinggi PK GURU yang dapat dicapai,  misalnya PK GURU pembelajaran (14 kompetensi) adalah 56 berasal dari 14 x 4 bagi
                    Contoh: Nilai PKG(100) = (38/56) x 100 = 67,86



CARA PENGHITUNGAN TAHAP 2



KONVERSI NILAI KINERJA

Permennegpan & RB No.16/2009



CARA PENGHITUNGAN TAHAP 3a



Menghitung Angka Kredit (pembelajaran/pembimbingan



                                   (AKK – AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK

Angka Kredit per tahun =  ---------------------------------------------------------

                                                                 4

Keterangan:

      AKK adalah angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat

      AKPKB adalah angka kredit PKB yang diwajibkan (sub unsur pengembangan diri, karya ilmiah, dan/atau karya inovatif), minimal 90%

      AKP adalah angka kredit unsur penunjang sesuai ketentuan (paling banyak 10%)

      JM adalah jumlah jam mengajar (tatap muka) guru di sekolah/madrasah atau jumlah konseli yang dibimbing oleh guru BK/Konselor

      JWM adalah jumlah jam wajib  mengajar (24 – 40 jam  tatap muka  per minggu) bagi guru kelas atau mata pelajaran atau jumlah konseli (150 – 250 konseli per tahun) yang dibimbing oleh guru BK/Konselor

      NPK adalah prosentase perolehan hasil penilaian kinerja

      4 adalah waktu rata-rata kenaikan pangkat (reguler), 4 tahun

      JM/JWM = 1  bagi  guru  yang mengajar  24-40 jam  tatap  muka  per  minggu  atau bagi guru BK/Konselor yang membimbing 150 – 250 konseli per tahun.

            JM/JWM = JM/24 bagi guru  yang mengajar kurang  dari 24 jam tatap  muka per minggu
             atau  JM/150  bagi guru  BK/Konselor  yang membimbing   kurang  dari  150 konseli per
             tahun.



JENJANG JABATAN FUNGSIONAL GURU
 (Permenneg PAN & RB No.16/2009, pasal 17)





 CONTOH PENERAPAN RUMUS



ANGKA KREDIT PEMBELAJARAN
PER TAHUN (Contoh 1)

 Seorang Guru Pertama, Penata Muda Tingkat I, Gol IIIb bertugas mengajar Seni Budaya(Angka kredit pembelajaran dipersyaratkan) sebagai berikut ;







ANGKA KREDIT  PEMBIMBINGAN

PER TAHUN (Contoh 2)

Guru Madya, Pembina, Gol IV/a bertugas sebagai Konselor atau Guru BK (Angka kredit pembimbingan dipersyaratkan)





CARA PENGHITUNGAN TAHAP 4

Angka kredit guru dengan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah dan mengurangi jam mengajar tatap muka guru.



Hitung Angka Kredit Pembelajaran/Pembimbingan dengan rumus:



                                           (AKK – AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK

Angka Kredit per tahun  =   ---------------------------------------------------------

                                                                 4



 Hitung Angka Kredit Tugas Tambahannya dengan rumus:



                                                     (AKK – AKPKB – AKP) x NPK

Angka Kredit per tahun          =         -----------------------------------------

                                                                      4



 ANGKA KREDIT PER TAHUN (Contoh 3) sesuai rumus di atas



Seorang Guru Muda, Penata Tingkat I, Gol IIId dengan tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka, misalnya Kepala Sekolah

Angka kredit pembelajaran:





  Angka kredit tugas tambahan:







 Catatan :

Guru dengan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah tetapi mengurangi jam mengajar tatap muka





Kepala Sekolah

Total angka kredit = 25% angka kredit pembelajaran/pembimbingan + 75% angka kredit tugas tambahan tersebut



Wakil Kepala Sekolah, Kepala Pustakawan/-Laboran/Bengkel :

Total angka kredit = 50% angka kredit pembelajaran/pembimbingan + 50% angka kredit tugas tambahan yang terkait





MAKA ANGKA KREDIT PER TAHUN (Lanjutan Contoh 3) didapatkan sebagai berikut ;



Total angka kredit = 25% angka kredit pembelajaran + 75 % angka kredit tugas tambahan)



Angka Kredit Guru dengan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah tetapi tidak mengurangi jam mengajar tatap muka



Penugasan satu tahun

Angka kredit tugas tambahan satu tahun = 5% x angka kredit pembelajaran/pembimbingan



Penugasan kurang dari satu tahun

Angka kredit tugas tambahan kurang satu tahun =  2% x angka kredit pembelajaran/-pembimbingan



ANGKA KREDIT AKHIR TAHUN (Contoh 4)

Seorang Guru Pertama, Penata Muda Tk I, Gol IIIb dengan tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka, misalnya Wali Kelas (penugasan satu tahun), (lihat contoh 1).

Total angka kredit = Angka kredit pembelajaran + 5 % angka kredit tugas tambahan




Seorang Guru Pertama, Penata Muda TK I, Gol IIIb dengan tugas tambahan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka, misalnya Wali Kelas (penugasan kurang satu tahun), (lihat contoh 1).

Total angka kredit = Angka kredit pembelajaran + 2 % angka kredit tugas tambahan



Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini