BAGAIMANA CARA MERANGSANG OTAK UNTUK MENGATASI MASALAH BELAJAR DENGAN GERAKAN

1. Yuk kita "pasang" telinga
Persilahkan anak duduk di kursi, dan katakan pada anak, "ayo kita lakukan senam otak pasang telinga kita." senam ini bisa bantuk anak lebih konsentrasi dan mendengarkan instruksi. Gerakan ini membantu anak mendengar suara sendiri waktu berbicara atau bernyanyi. Lanjutkan dengan mengatakan, "pelan-pelan kita pijit daun telinga kita. Pijit 3 kali dari atas ke bawah"  . coba lihat respon anak. Pasti senang !

2. Mari lakukan putaran kepala
ajak anak duduk di kursi, dan katakan, "yuk kita putar kepala pelan-pelan searah jarum jam," kemudian , lakukan arah sebalknya serta lakukan setiap arah sebanyak tiga kali. Asyik bukan ? Manfaat  gerakan ini untuk merangsang sel-sel saraf di garis tengah (corpus  callosum)  belahan otak kanan dan otak kiri anak. Gerakan ini bisa emmbantu anak belajar membaca, menulis, mendengar  dan mengingat, lho.

3. Ayo kita bergerak silang
ajak anak berdiri dan katakan, "Mari kita gerakkan tangan dan kaki berlawanan sambil sedikit meloncat. "Hup "  lanjutkan dengan mengatakan, "tangan kanan kita menyentuh lutut kiri  dan sebaliknya, enak, kan?"  senam ini bisa mengaktifkan otak  anak untuk koordinasi penglihatan/pendengaran /kinestetik/perabaan/ sentuhan serta membantu kesiapan anak dalam menulis, membaca dan memahami maknanya.

sumber : Buku  Belajar Membaca yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini
penulis femi olivia dan lita ariani S, SP



Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

Blog Archive

pesan hari ini