CARA MENULIS CERPEN

CARA MENULIS CERPEN

Materi diklat Karya Inovasi PGRI Kab.Kebumen

(DIKUTIP DARI Hasta Indriyana)

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karangan fiksi berbentuk prosa yang menggambarkan kehidupan secara ringkas. Ciri ringkas cerpen adalah fokusnya pada satu bidikan. Maksud bidikan bisa berupa penokohan, latar, masalah, alur, dan lain-lain. Terpenting dalam hal ini adalah hal-hal yang ingin disampaikan pengarang tuntas dalam ruang yang pendek. Beberapa ciri cerpen secara umum biasanya mencakup jumlah tokoh yang terbatas, fokus pada satu peristiwa utama, berplot tunggal, mencakup jangka waktu yang singkat, dan meninggalkan kesan tunggal bagi pembaca.

Apabila ditanya jumlah panjang cerpen, jawabannya bermacam-macam. Cerpen-cerpen yang dimuat di media massa berkisar antara 3 – 5 halaman spasi 1 dengan huruf TNR ukuran 12. Ketentuan panjang halaman tersebut biasanya dikarenakan penyesuaian ruang. Cerpen-cerpen yang dimuat atau diterbitkan bukan di media massa ada juga yang panjangnya kurang dari tiga halaman atau lebih dari lima halaman, bergantung keinginan penulis cerpen.

Ada banyak cerpenis yang bisa dijadikan patokan belajar, di antaranya, dari Indonesia ada Umar Kayam, Kuntowijoyo, A.A. Navis, Ahmad Tohari, Hamsad Rangkuti, Seno Gumira Ajidarma, Joni Ariadinata, Agus Noor, dan lain-lain. Cerpenis dari luar negeri, misalnya Anton Chekov, Ernest Hemingway, John Steinbeck, Franz Kafka, James Joyce, Yasunari Kawabata, Naguib Mahfouz, dan lain-lain. Karya beberapa nama cerpenis tersebut bisa dibaca untuk dipelajari. Cerpen-cerpen mereka adalah karya yang layak dijadikan bahan belajar karena memiliki kelebihan dan merupakan cerpen standar, artinya, cerpen yang tidak banyak mengandung eksplorasi, baik dalam berbahasa, bentuk, tema, maupun unsur-unsur yang lain.

Baiklah, langsung saja. Belajar menulis apa pun, termasuk juga cerpen, kamu bisa menggunakan prinsip belajar dari Ki Hadjar Dewantara. Prinsip yang dimaksud adalah 3N, meliputi Niteni, Nirokke, dan NemokkeNiteni atau menyimak adalah kerja mempelajari sebuah cerpen untuk dipahami ciri-cirinya, sifat, bentuk, pola, gaya, motif, dan makna. Apabila kerja ini dilakukan terhadap pembacaan banyak cerpen, kamu akan hapal “apa sesungguhnya cerpen itu”.

Kerja kedua adalah Nirokke tau menirukan. Maksud dari menirukan adalah mencontoh gaya dan pemilihan tema terhadap cerpen-cerpen yang dibacanya. Kerja menirukan di sini bukan menjiplak, tetapi mencoba kemampuan diri apakah kamu bisa menulis cerpen seperti cerpen yang baru saja kamu titeni tersebut. Tahap setelah niteni adalah nemokke atau menemukan artinya kamu sudah bisa menemukan “jalan” menulis cerpen untuk kemudian menginovasikannya.

Prinsip belajar 3N membutuhkan kerja membaca banyak cerpen, utamanya cerpen yang bagus. Sekali merengkuh dayung, ketika membaca kamu bisa niteni dengan cara mencoret-coret hal-hal yang membuatmu memberikan sebuah pengetahuan baru dalam hal menulis cerpen. Oleh karena itu, siapkanlah pensil atau stabilo untuk menandai hal-hal yang bisa kamu pelajari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Mencari Ide

Di zaman canggih bin keren seperti sekarang ini, masih ada orang yang menganggap bahwa menulis karya sastra, termasuk cerpen, ide harus dicari dengan cara menyendiri, menyepi di tempat sunyi nan wingit, atau diam merenung. Sebagai gambaran, ide atau gagasan merupakan benih bagi lahirnya cerita. Ide bisa didapat di mana saja melalui media apa saja. Di mana saja misalnya di pasar dengan cara mengamati kesibukan orang; di kafe dengan memperhatikan suasana dan peristiwa yang terjadi di dalamnya; di sekolah dengan mencatat hal-hal yang menarik untuk ditulis; di dalam kereta; ketika menghadiri pesta pernikahan; menonton film; membaca buku; dan lain sebagainya.

Menurut Josip Novakovich, ide bisa didapat dari empat hal, antara lain (1) tradisi lisan, (2) masa kecil, (3) alam kubur atau kematian, dan (4) buku. Tentu saja empat hal yang dikemukakan tersebut masih bisa kamu tambah lagi, karena ada banyak hal melingkupi kita, dan juga karena zaman yang bergerak cepat memungkinkan hal-hal lain bisa menjadi sumber ide.

a.      Tradisi lisan merupakan sumur ide yang akrab dengan kita. Hal-hal yang termasuk di dalamnya antara lain dongeng, mitos, hikayat, cerita sejarah, cerita masa kecil, kisah cinta, cerita-cerita yang didengar dari orang lain, dan sebagainya. Seseorang yang jeli akan dengan mudah menemukan ide ketika mendengar atau mengingat cerita lisan yang (pernah) didengarnya.

b.     Alam kubur atau kematian. Maksudnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan kematian, misalnya kisah-kisah pahlawan yang gugur di medan pertempuran, cerita tentang penjaga kubur (juru kunci), cerita tentang hantu, kisah tentang narapidana yang dihukum gantung, dan sebagainya.

c.      Masa Kecil adalah masa yang sering dikenang manusia, karena darinya muncul kenangan, baik yang sedih maupun menyenangkan. Masa kecil bisa dijadikan sumur ide, misalnya kesedihan ketika nenek tercinta meninggal dunia, cerita membahagiakan tentang ayam piaraan yang sehat dan lucu, kecemasan ketika pertama kali masuk pertama masuk sekolah, dan sebagainya.

d.     Buku pastilah memberikan banyak gagasan kepada pembacanya. Seseorang yang sedang membaca novel, misalnya, di tengah-tengah membaca biasanya akan mendapatka ide yang berkitan dengan cerita yang sedang dibacanya. Ketika mmbaca buku pengetahuan tentang dunia fauna bisa mendapatkan ide membuat cerita yang tokoh-tokohnya bersifat seperti manusia atau tokoh berbadan manusia tetapi berkepala binatang, dan sebagainya.

e.      Fantasi. Fantasi adalah daya menciptakan sesuatu di dalam angan-angan. Fantasi ada kaitan erat dengan imajinasi atau pembayangan, karena hal yang direka-reka adalah sesuatu hal yang abstrak. Ide cerpen bisa kamu dapatkan dengan cara berfantasi, misalnya di tahun 2107 ada sebuah keluarga yang melakukan perjalanan ke lima benua dengan balon udara, cerita tentang sepasang manusia yang berusaha mengelak dari kejaran manusia purba, dan lain-lain.

f.       Hal-hal lain, yaitu segala hal selain kelima sumber di atas, misalnya film, lagu, lukisan, foto, bencana, dan sebagainya.

Artikel Terkait
Powered by Blogger.

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah