Bahaya buat pengguna twitter dan facebook di Indonesia

Hati-hati bila anda pengguna twitter dan facebook. Soalnya Phising bisa saja merongrong dan  merugikan anda. 

apa sih Phishing. Phising adalah sebuah tindakan cyber crime dan sangat merugikan sekali karena ketika terkena phishing, maka informasi pribadi pengguna, dari pasword sampai pin rekening bank bisa salahgunakan, maka hati-hatilah, dan jangan sembarangan membuka link.
Selengkapnya berita mengenai Phishing dan bahayanya, di bawah ini adalah informasinya yang saya ambil dari sumber merdeka.com
Merdeka.com - Mungkin Anda pernah mengalami akun jejaring sosial Anda seperti Facebook ataupun Twitter tiba-tiba mengunggah status atau tweet secara otomatis? Itulah salah satu dampak dari serangan bernama phishing.
Phising merupakan salah satu tindakan cyber crime yang bertujuan untuk memperoleh informasi pribadi pengguna seperti password dan ID jejaring sosial sampai PIN rekening bank.
Akhir-akhir ini, fenomena kejahatan phishing sendiri makin marak beredar baik di Facebook maupun Twitter dan makin banyak pengguna kedua jejaring sosial tersebut yang berasal dari Indonesia menjadi korban.
Bahkan menurut pantaun merdeka.com, salah satu akun Twitter mantan calon Gubernur DKI Jakarta dan pakar ekonomi, Faisal Basri, dengan akun @FaisalBasri juga sempat menjadi korban aksi phising ini.
Phising sendiri biasanya diluncurkan oleh pihak tertentu dengan menyebar link-link terkait topik yang sedang banyak dibicarakan agar pengguna terpancing untuk membuka link tersebut.
Akan tetapi, setelah dibuka, bukan menuju ke halaman topik terkait, malah dialihkan ke domain tertentu yang berisikan malware yang dapat langsung meretas akun jejaring sosial dan mengambil data berupa User ID dan password secara otomatis.
Setelah mendapatkan akses data tersebut, maka akun Anda akan dimanfaatkan untuk mengunggah tweet yang berikan jebakan link phising lain ataupun tweet promosi untuk kepentingan komersial.
Jadi sebagai pengguna Twitter dan Facebook, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan tidak membuka link sembarangan untuk menghindari aksi phishing ini.
(Dari berbagai sumber)
Artikel Terkait

kata bijak

Blog Archive

pesan hari ini