ANAK BISA MEMBACA SEJAK DI SINI

sebelum KITA MENGAJARI  anak kita akan bisa membaca sejak dini.
KITA HARUS PERCAYA BAHWA ANAK-ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN
BELAJAR YANG TAK TERKALAHKAN, TERMASUK MEMBACA

dari buku yang saya baca, otak anak usia dini (0-5 tahun) lebih didominasi oleh otak kanan. Otak kanan bisa mempelajari bahasa dengan mudah.  Itu sebabnya mengapa anak kecil dianggap berbakat linguistik (bahasa), KARENA MEREKA BISA BELAJAR BICARA BAHASA IBU DENGAN LANCAR DALAM WAKTU KURANG DARI 3 TAHUN. itulah yang membuat stimulasi otak anak sejak dini menjadi sangat penting dan berguna bagi kecerdasan anak.

Lalu bagaimana cara menstimulasi otak anak.
salah satu kegiatan yang dapat menstimulasi otak anak dengan baik adalah membaca. Membaca bukan sekedar mengucapkan apa yang dibaca, tetapi diperhatikan apakah anak mengerti apa yang dibaca. Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia.

Kemampuan belajar membaca juga berhubungan dengan kemampuan mendengar.
Terbukti bahwa anak  dapat menirukan kata di saat usia mereka satu tahun, dan dapat membaca kalimat dua tahun dan dapat membaca buku di usia 3 tahun. Anak-anak dapat membaca terlihat dari kemampuan mereka mengenal perbedaan besar dan kecil dan membedakan  bentuk orang-orang di sekitarnya seperti  papa dan om, mama dan tante , sampai menghafal iklan dan reklame.

Belajar  bahasa bukanlah sekedar proses mengembangkan intelektual, tetapi juga melibatkan menanisme mendengar bunyi. Bayi yang baru lahir memiliki kemampuan  untuk menyerap kisaran luas frekuensi bunyi dari 160 sampai 16.000 Hz. Saat mereka tumbuh besar, telinga mereka menjadi terbiasa untuk mendngar frekuensi dan irama dari lidah pribumi mereka. Kemudian pada saat usia 6 tahun, wilayah frekuensi yagn diserap menjadi tetap (tidak berubah lagi) itu sebabnya menstimulasi otak anak sebelum berusia enam tahun sangatlah baik. Sekai anak mencapai usia 6 tahun, jaringan saraf untuk mendengar dalam bahasa ibu telah benar-benar terbentuk, dan tidak mungkin diubah lagi. Jadi, apa yagn tidak biasa didengar anak, maka ia tidak bisa mengucapkannya. Itu sebabnya kita harus merangsang pendengaran anak supaya pandai belajar membaca.

sangatlah penting untuk dipahami bahwa supaya anak mengerti bahasa dan memiliiki keterampilan berbicara tergantung pada mekanisme pendengaran, penglihatan dan gerakan yang distimulasi oleh orang tua.

 sumber :(buku)  belajar yang menyenangkan untuk anak usia dini

Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini