Faktor yang membuat anak cepat bisa membaca

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca



1) Motivasi
Faktor ini sebagai pendorong semangat anak membaca. Motivasi merupakan faktor yang cukup besar pengaruhnya terhadap kemampuan membaca. Untuk membaca dapat dibedakan berdasarkan sumbernya. Dalam hal ini ada motivasi instrinsik yatu yang bersumber pada pembaca itu sendiri, dan motivasi ekstrinsik yang sumbernya terletak di luar pembaca itu. Seorang yang memiliki motivasi tinggi atau kuat tanpa didorong atau disuruh membaca dia akan giat membaca sendiri.
Sedangkan yang tidak termotivasi atau motivasinya rendah tentunya  enggan membaca. Motivasi adalah sebuah ketertarikan untuk membaca. Hal ini penting karena kalau tidak mempunyai motivasi anak  akan memiliki kemampuan belajar yang lebih baik. Cara agar anak mempunyai motivasi dan tertarik membaca, kegiatan membaca dilaksanakan dengan cara bermain atau menyediakan alat-alat yang menarik.

2). Lingkungan keluarga
   Marrew (1993)  berpendapat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya bahwa pembaca dini ( yang telah pandai membaca sebelum masuk sekolah) berasal dari keluarga yang berbudaya tinggi. Dalam keluarga seperti itu orang tua atau yang lebih besar berperan sebagai model perilaku budaya tinggi, sehingga sejak kecil anak telah terlihat dalam kegiatan baca tulis. Seperti juga yang dikemukakan oleh Lionhardt bahwa anak sangat memerlukan keteladanan dalam membaca. Keteladanan itu harus sesering mungkin ditunjukkan kepada anak oleh orang tuanya. Kemudian seperti yang dialaminya dengan menunjukkan perilaku membaca sesering mungkin pada anak, membuat anak gemar membaca.

3)  Bahan  bacaan
Bromley (1990) menyatakan bahwa bacaan anak-anak adalah bahan kritis dan media dalam mengajar komunikasi secara efektif. Bahwa bacaan biasanya mengembangkan semua aspek pembelajaran bahasa literature : memberikan anak-anak kesenangan membaca. Untuk anak usia dini penyajian bahan bacaan disertai dengan gambar-gambar yang  menarik dan dengan permainan gambar lebih dominan daripada tulisan.


Artikel Terkait
Powered by Blogger.

Blog Archive

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah