Contoh Proposal Penelitian Akuntansi

PROPOSAL PENELITIAN AKUTANSI
BAB 1
A. Latar Belakang
Dalam perhitungan akuntansi tradisional, perusahaan dagang yang menjual produk,menekankan pada harga pokok barang yang dijual dan persediaan. Dalam usaha eceran atau besar, harga pokok penjualan adalah sederhana, biaya yang terjadi dalam pembelian barang dagangan selama satu periode, persediaan adalah biaya produk yang dibeli bukan dijual. Persediaan adalah nama yang diberikan untuk barang-barang baik yang dibuat atau dibeli untuk dijual kembali dalam bisnis normal. Persediaan pedagang mobil terdiri dari mobil, persediaan toko bahan makanan terdiri dari sayur, daging, produk kering, barang dalam kaleng dan roti. Barang-barang lain yang bernilai seperti kas atau peralatan. Persediaan dikelompokkan sebagai aset dan dilaporkan dalan neraca. Ketika produk dijual produk tersebut bukan lagi aset. Biaya untuk membeli atau membuat produk harus dipindahkan dari klasifikasi aset (persediaan) pada neraca dan dilaporkan pada laporan laba rugi sebagai biaya atau harga pokok barang dijual.
Salah satu lembaga yang melakukan usaha jual beli adalah koperasi. Dalam lembaga yang terdiri dari perkumpulan orang-orang yang atas dasar persamaan derajat sebagai manusia dengan tidak memandang haluan agama politik secara sukarela masuk, untuk sekedar memenuhi kebutuhan bersama yang bersifat kebendaan atas tanggungan bersama ini melakukan suatu usaha jual beli disamping transaksi pinjam meminjam. Salah satu lembaga koperasi yang ada dilingkungan  ............ adalah Koperasi ……………. yang melayani jasa jual  beli untuk memenuhi kebutuhan mahasisiwa dan pelajar yang ada disekitar kawasan ............ yang salah satu jasa jual beli yang menjadi andalan adalah jual beli alat tulis kantor (ATK).
Berkaitan dengan usaha jual beli alat tulis kantor (ATK) ini pihak koperasi perlu melakukan perhitungan akuntansi terhadap produk-produk barang yang diperjualbelikan secara rinci guna dapat menghitung keuntungan yang akan diperoleh dari perjualan tersebut yakni perhitungan persediaan dan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold). Sediaan dan biaya barang terjual adalah istilah yang digunakan untuki menunjukkan barang-barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan tergantung pada jenis usaha perusahaan. Secara umum istilah persediaan barang dipakai unutk menunjukkan barang-barang yang dimiliki untuk dijual kembali atau digunakan unutk memproduksi barang-barang yang akan dijual. Dalam perusahaan dagang, barang-barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali diberi judul sediaan barang dagangan. Sediaan untuk perusahaan manufaktur terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, dengan tujuan menunjukkan macam sediaan barang yang dimiliki.
Sediaan barang pada awal perioda akuntansi disebut dengan sediaan awal, sedangkan sediaan yang dimiliki oleh perusahaan pada akhir periode disebut dengan sediaan akhir. Sedangkan seluruh jumlah rupiah yang dikeluarkan atau diperhitungkan dalam rangka memperoleh barang sampai barang tersebut siap dijual disebut dengan kos barang terjual (Cost Of Goods Sold) atau yang popular dengan sebutan harga pokok penjualan.
Seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pengolahan data transaksi perhitungan akuntansi dapat dilakukan lebih mudah, cepat dan akurat dengan bantuan salah satu program komputer yang ada dalam Microsoft Office yaitu Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program aplikasi spread sheet yang bisa digunakan untuk menampilkan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan dan semua hal yang berkaitan dengan data-data yang berupa angka (Akbar, 2006:9).
Sebuah koperasi hendaknya menggunakan progaram Microsoft Excel untuk mempermudah penghitungan terhadap produk barang yang diperjualbelikan. Salah satunya juga dapat melakukan perhitungan akuntansi untuk sediaan dan biaya barang terjual. Pihak Koperasi ............ belum menggunakan program Microsoft Excel untuk perhitungan sediaan dan biaya barang terjualnya. Sehubungan dengan hal itu pihak Koperasi …….. sebaiknya melakukan perhitungan tersebut dengan menggunakan program Microsof Excel guna mempermudah dan memperoleh perhitungan yang akurat. Selai itu Microsoft Excel juga merupakan program popular dibandingkan dengan program lain dalam melakukan penghitungan.
Berdasarkan permasalahan di atas, pada tugas akhir ini penulis memberi Judul: “Perhitungan Sediaan Akhir Dan Biaya Barang Terjual (Cost Of Goods Sold) Pada Produk Alat Tulis Kantor (ATK) periode 2006-2007 Dalam Aplikasi Microsof
Excel (Studi Kasus Koperasi .......................... Kota ………..)”


B. Permasalahan
Untuk mengetahui cara perhitungan persediaan barang dagangan dengan aplikasi Microsoft Excel serta efisien dan efektifitas penggunaannya, maka penulis mengambil tiga topik yang akan dinahas dalam karya tulis ilmiah ini, yaitu :
a. Metode apakah yang digunakan Koperasi ............ dan Biaya Barang Terjual (Cost Of Goods Sold) pada produk alat tulis kantor (ATK) periode 2006-2007?
b. Bagaimana pengaruh perhitungan sediaan akhir dan kos barang terjual (Cost Of Goods Sold) produk alat tulis kantor (ATK) yang diterapkan oleh Koperasi ............ terhadap laporan keuangan periode 2006-2007?
c. Bagaimana aplikasi dalam Microsoft Ekcel perhitungan sediaan akhir dan kos barang terjual (Cost Of Goods Sold) pada produk aklat tulis kantor (ATK) pada Koperasi............?
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis adalah :
a. Untuk mengetahui metode yang digunakan Koperasi ............ dalam perhitungan sediaan akhir dan biaya barang terjual(Cost Of Goods Sold) pada produk alat tulis kantor (ATK) periode 2006-2007.
b. Untuk mengetahui pengaruh perhitungan sediaan akhir dan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold) pada produk alat tulis kantor (ATK) di Koperasi ............ terhadap laporan keuangan 2006-2007.
c. Untuk mengetahui aplikasi perhitungan sediaaan akhir dan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold)  dalam aplikasi Microsoft Excel.
D. Kegunaan Penelitian
Kegunaan yang ingin penulis peroleh dari penulisan karya ilmiah ini adalah :
a. Bagi Penulis
Dapat menambah pengetahuan dan pengalaman penullis dalam bidang penelitian dan penyusunan karya ilmiah
b. Bagi Koperasi ............
Dapat memberikan gambaran kepada pihak Koperasi ............ tentang perhitungan sediaan akhir dan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold) dengan menggunakan aplikasi Microsort Excel
c. Bagi pihak lain
Dapat dijadikan literatur dalam membuat karya ilmiah dan memberikan gambaran efisien dan efektifitas penggunaan Microsoft Excel untuk menghitung sediaan akhir dan biaya barang terjual (Cost Of Gods Sold)

BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Sediaan Akhir dan Biaya Barang Terjual (Cost Of Goods Sold)
Sediaan dan biaya barang terjual adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan baranng-barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan tergantung pada jenis usaha perusahaan. Secara umum istilah sediaan barang dipakai unutk menunnjukkan barang-barang yang dimiliki untuk dijual kembali atau digunakan unutk memproduksi barang-barang yang akan dijual. Dalam perusahaan dagang, barang-barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali diberi judul sediaan barang dagangan. Sediaan untuk perusahaan manufaktur terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, dengan tujuan menunjukkan macam sediaan barang yang dimiliki.
Sediaan barang pada awal perioda akuntansi disebut dengan sediaan awal, sedangkan sediaan yang dimiliki oleh perusahaan pada akhir perioa disebut dengan sediaan akhir. Sedangkan seluruh jumlah rupiah yang dikeluarkan atau diperhitungkan dalam rangka memperoleh barang sampai barang tersebut siap dijual disebut dengan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold) atau yang popular dengan sebutan harga pokok penjualan.
B. Koperasi
Menurut Bapak Margono Djojohadikoesoemo dalam bukunya yang berjudul “Sepuluh Tahun Koperasi” 1941 mengatakan bahwa: “Koperasi ialah perkumpulan manusia seorang-orang yang derngan sujanya sendiri hendak bekerja sama untuk memajukan ekonominya”.
Kata-kata yang tersurat dalam definisi tersebut dapat diterangkan sebagai berikut.
Adanya unsur kesukarelaan dalam berkoperasi.
Dengan kerjasama itu, manusia akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkan.
Pendirian dari suatu koperasi mempunyai pertimbangan-pertimbangan ekonomis.
Azas-azas Koperasi
Azas koperasi atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Cooperative Principles ini berasal dari bahasa Latin yaitu Princupium yang berarti basis atau landasan dan inipun bisa mempunyai beberapa
C. Microsoft Excel
D. Aplikasi Perhitungan Sediaan Akhir dan Biaya Barang Terjual (Cost Of Gods Sold)


BAB III
METODE PENELITIAN
A. Definisi Operasional Variabel
Sediaan barang akhir adalah
B. Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini mempunyai batasan-batasan pada perhitungan sediaan akhir dan kos barang terjual dengan aplikasi microsoft excel pada Koperasi ............
C. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada Koperasi ............ yang berlokasi
D. Jenis dan Sumber Data
E. Teknik Pengumpulan Data
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunkan teknik-teknik sebagai berikut:
a. Dokumentasi merupakan data-data dari objek yang diteliti.
b. Studi literatur adalah sumber pustaka yang berkaitan denagn masalah perhitungan sediaan akhir dan biaya barang terjual (Cost Of Goods Sold).
F. Teknik Analisis data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan data-data transaksi..



Sumber: images.zanikhan.multiply.com/attachment/0/.../PROPOSA2.DOC?

Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini