Proposal Bisnis Usaha Pulsa


Peluang bisnis
MEMBANGUN SENDIRI
BISNIS PULSA SEMUA OPERATOR
BISNIS REAL YANG PRODUKTIF & PROSPEKTIF




Include:
TAHAPAN SURVEI AWAL
SIMULASI BEP MODAL USAHA
KEUNTUNGAN MENJADI MITRA  …………….
STRATEGI PEMASARAN


PROPOSAL PENAWARAN
MESIN PENGISIAN PULSA



Krisis global perekonomian dunia saat ini benar-benar memukul semua lini unit usaha yang sedang kita geluti, sehingga semua keterpurukan berdampak signifikan dengan unit usaha milik kita. Bagi owner utility (baca: pemilik perusahaan) yang cerdik akan terus menerus mencari kreativitas dan peluang-peluang unit usaha lain yang lebih menjanjikan dan prospektif bagus dalam jangka waktu panjang, tetapi bagi pemilik perusahaan yang kurang kreatif dan inovatif maka jurang keterpurukan akan semakin dalam.

Sudah banyak perusahaan yang gulung tikar, ribuan tenaga kerja yang ter-PHK karena kondisi semacam ini, menambah panjang derita pengusaha-pengusaha untuk bergerak bangkit me-recovery internal perusahaannya. Tetapi kendala masih saja terus mengurung para pengusaha tersebut, semangat untuk bangkit tetap besar akan tetapi kalau tidak diimbangi dengan analisis-analisis berkualitas akan semakin larut dalam keterpurukan tersebut.

Apabila pengusaha ingin membuka unit usaha baru, dibutuhkan kesungguhan survei untuk menghasilkan data dan fakta yang akan dijadikan sebagai pijakan unit usaha yang akan kita bangun. Data dan fakta yang valid, akurat sangat menentukan hipotesis kelangsungan unit usaha tersebut, disertai dengan simulasi-simulasi akuntansi yang handal semakin mendorong kita untuk memutuskan akan membuka atau tidak sebuah unit usaha baru.

Berikut ini kami sampaikan analisis dan hipotesis yang terkait dengan salah satu divisi usaha …………. yaitu mesin pengisian pulsa.
a. Kebutuhan mendasar manusia dalam bersosialisasi adalah kontak dan komukasi, maka tidak ada satu-pun manusia di bumi ini yang tidak melakukan kontak dan komunikasi. Mereka selalu melakukan kedua hal tersebut, kapan dan dimanapun berada, baik langsung maupun tidak langsung.
b. Kontak dan komunikasi seiring dan sejalan dengan perkembangan IT (Information Technology), sehingga lahirlah kebutuhan hand phone/HP yang semakin memanjakan manusia untuk melakukan kontak dan komunikasi.
c. HP sekarang digunakan oleh jutaan orang dari berbagai segmen di masyarakat.
d. Pegang HP sama dengan mengisi pulsa (syarat wajib).
e. Kehadiran HP di masyarakat luas menciptakan retail baru berbentuk counter, yang menjual barang dan jasa terkait dengan aplikasi penggunaan HP (kebutuhan mulai dari produk HP, pulsa, maupun akesoris lain). Maka menjamurlah sekarang dimana-mana tidak mengenal batas ruang dan waktu yakni unit usaha yang disebut dengan counter.
f. Counter sebagai distributor langsung ke masyarakat jelas membutuhkan supplier untuk memenuhi keinginan pasar konsumen dalam hal ini seluruh masyarakat pengguna HP.
g. Supplier membutuhkan perusahaan sebagai tingkat produsennya.

Mata rantai kebutuhan seperti di atas jelas merupakan suatu “asset” yang luar biasa potensinya, tetapi akan menjadi sebuah fenomena sosial biasa apabila kita tidak mampu menangkap peluang mata rantai kebutuhan tersebut. Untuk menangkap peluang mata rantai kebutuhan kontak dan komunikasi sebagaimana yang disebut di atas, maka produk …………… adalah mesin pengisi pulsa.




Mesin pengisi pulsa ini memiliki segmen pasar yang sangat luas, semuanya nanti tergantung pada strategi marketing yang di rencanakan, sebagai acuan beberapa segmen pasar yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah sebagai berikut.

a. COUNTER HP
Segmen pasar counter HP sebenarnya bisa di jadikan sebagai segmen andalan dalam unit usaha ini, hal ini dikarenakan counter jelas sudah memiliki beberapa transaksi setiap harinya, namun kondisi di lapangan dan berdasarkan hasil “tracking survey” kami, beberapa counter juga memiliki sifat membanding-bandingkan harga dari pada pelayanan jasa. Langkah awal, counter harus bisa di ajak sharing. Namun kalau counter tersebut hanya membanding-bandingkan harga saja, masih ada strategi marketing lain yang justru bisa menjadi bumerang bagi counter.

b. MASYARAKAT PEMEGANG HP
Sebagian dari pengguna HP adalah lapisan masyarakat yang mampu mengoperasikan sendiri fungsi fitur di dalam HP, dan mereka jelas akan diuntungkan dengan hadirnya mesin pengisian pulsa, selain harga voucher elektrik lebih murah, kemudahan dalam pengisian pulsa tidak mengenal tempat dan waktu. Pengguna tidak perlu repot kemana-mana untuk mengisi pulsanya, cukup mengisi sendiri. Pengguna seperti ini yang nanti akan menjadi agen mandiri.

c. KOMUNITAS LAIN
Adanya kelompok-kelompok produktif dalam masyarakat semakin meramaikan lalu lintas kontak dan komunikasi, sehingga kebutuhan akan pulsa semakin bertambah. Melalui pendekatan dan presentasi kepada mereka jelas mereka akan mempertimbangkan rekomendasi dari kita untuk menjadi rekanan dalam hal pengisian pulsa, salah satu contoh Komunitas yang berpeluang untuk menjadi agen adalah koperasi-koperasi, kelompok-kelompok profesi, dan lain-lain.

d. KONSUMEN LANGSUNG
Tidak jarang pengguna HP langsung melakukan transaksi dengan unit usaha kita, sehingga apabila semakin banyak konsumen langsung yang melakukan transaksi dengan mesin kita maka kita akan memperoleh keuntungan ganda, yakni dari sumber margin laba dan penjualan harga counter.

Tentunya masih banyak segmen pasar lain yang bisa digarap, semua kembali kepada kepiawaian kita dalam menyusun strategi marketing.




Investasi kapital adalah nilai investasi yang dibutuhkan apabila kita ingin membuka unit usaha mesin pengisian pulsa ini, investasi kapital yang dibutuhkan adalah sebesar Rp…………. investasi kapital, Dengan catatan Anda masih belum mempunyai komputer dan modem untuk fasilitas penerima dan mengirim SMS (Inbox–Outbox).




Fasilitas modal investasi yang ditanamkan berupa:
a. Personal komputer komplit.
b. Modem GSM sebagai sarana (Inbox-Outbox).



Kami …………….  memberikan kemudahan dengan memberikan.
a. Bebas biaya software senilai Rp……………..
b. Bebas biaya royalti/pengembangan software sebesar Rp………/Trx.
c. Bebas biaya maintenance.
d. Bebas biaya konsultasi (management, pemasaran, troubleshooting).
e. Tidak perlu bingung dengan persediaan voucher Anda, karena ……………. menyediakan persediaan all voucher untuk server Anda dengan harga yang bersaing.
f. Kecepatan transaksi terjamin dengan mengikuti prosedure yang kami berikan.
g. Tidak perlu khawatir dengan troubleshooting karena IT Helpdesk kami siap membantu Anda 24 jam (Online YM dan HP).
h. Anda dapat menentukan harga jual dan menentukan manajemen sendiri.
i. Anda dapat mengelola deposit agen di rekening perusahaan Anda sendiri.




Sebagai tahap awal sebelum memulai usaha ini adalah melakukan survei, dengan kegiatan survey hal-hal yang terkait dengan data dapat kita peroleh untuk dianalisis dan disimulasikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan survei adalah sebagai berikut.
a. Konfirmasi dengan pihak TELKOM apakah di wilayah yang direncanakan didirikan mesin pengisian pulsa, jaringan speedy-nya sudah ada dan lancar.
b. Identifikasi usaha counter yang ada di wilayah dimana mesin pengisian pulsa ini rencana didirikan, sebab jumlah counter dengan seluruh transaksinya akan menjadi simulasi perhitungan.
c. Semakin banyak counter (simulasi menggunakan 20 counter) dengan jumlah transaksi di atas 20 transaksi/hari, maka akan semakin cepat BEP modal usaha.
d. Identifikasi nama-nama relasi, teman, rekanan Anda yang memiliki HP, karena mereka berpotensi menjadi agen mandiri.
e. Gali informasi terkait dengan Harga Pokok Penjualan/HPP Counter.
f. Apabila data tersebut di atas sudah final, maka simulasikan dengan teliti dan benar.
g. Hasil simulasi baik, lanjutkan untuk membuka usaha mesin pengisian pulsa ini.
h. Selamat melakukan survei.




Memulai strategi pemasaran ini sebenarnya dapat kita lakukan ketika survei, dengan menggali informasi sedemikian rupa terutama yang berkaitan dengan HPP counter, sebab infornasi tersebut yang akan menjadi data utama dalam mensimulasikan cashflow keuangan.

Strategi pemasaran yang dapat dilaksanakan adalah sebagai berikut (disesuaikan dengan segmen pasar):

a. COUNTER HP
a. Launching usaha di awali dengan promo harga, hal ini  selain untuk mengenalkan usaha Anda juga untuk menjajagi respek pasar terhadap usaha anda.
b. Gelar doorprice secara periodik untuk menjaga, merawat, dan memotivasi counter sebagai agen anda.
c. Motivasi setiap hari agen Anda dengan memanfaatkan SMS reply.
.
b. MASYARAKAT PEMEGANG HP
a. Kenalkan usaha Anda dan produk yang di hasilkan.
b. Sampaikan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh oleh Personal Pemegang HP apabila menjadi agen mandiri.
c. Gelar doorprice secara periodik untuk menjaga, merawat, dan memotivasi masyarakat sebagai agen Anda.
d. Motivasi setiap hari agen Anda dengan memanfaatkan SMS reply.

c. KOMUNITAS LAIN
a. Yang dimaksud dengan komunitas lain ini bisa berbentuk: koperasi, pabrik, instansi, atau hal lain yang memiliki organisasi dan keanggotaan yang identitasnya jelas.
b. Kenalkan usaha anda, tawarkan sebuah kerjasama yang saling menguntungkan.
c. Gelar doorprice secara periodik untuk menjaga, merawat, dan memotivasi komunitas sebagai agen Anda.
d. Motivasi setiap hari agen Anda dengan memanfaatkan SMS reply.

d. KONSUMEN LANGSUNG
a. Layani dengan baik pada saat konsumen langsung melakukan transaksi.
b. Masukkan nomor HP konsumen ke dalam database konsumen, sehingga sesekali dapat kita motivasi untuk melakukan transaksi di tempat usaha Anda dengan memanfaatkan SMS reply.
c. Secara periodik memberikan souvenir untuk cindera mata konsumen langsung.





Guna kejelasan analisis simulasi BEP/Pengembalian modal dari mesin pengisian pulsa ini kami sampaikan dalam dokumen lampiran.




Demikian penawaran peluang unit usaha mesin pengisian pulsa ini kami informasikan, semoga dapat menjadi pertimbangan bisnis usaha Anda, yang secara real memang memiliki prospektif luar biasa. Lebarkan sayap unit usaha Anda melalui pertimbangan-pertimbangan yang luar biasa, maka hasil yang luar biasa pula yang akan Anda peroleh.

Selamat mempelajari proposal ini, apabila Anda memiliki jiwa entepreneur tinggi dan berminat membuka unit usaha Mesin Pengisian Pulsa bisa berhubungan dengan:



Sumber: www.mahameru-hutama.com/Proposal/PROPOSAL%20MITRA%20MAHAMERU.doc


Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini