26 Cara Masuk Akal Untuk Berhenti Merokok


1. Kuatkan niat bulatkan tekad
Bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, berhenti merokok memang akan terasa sangat sulit. Meskipun hanya 15 menit, pasti akan terasa sukar. Tapi bukan berarti anda tidak bisa berhenti merokok, tidak ada yang tak mungkin di dunia ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan jika memutuskan untuk berhenti merokok yaitu menguatkan niat dan tekad anda untuk berhenti merokok. 

2. Minta bantuan teman dan keluarga
Publikasikan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman anda. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan anda untuk merokok datang lagi.

3. Atur target waktu anda
Pasang target waktu sekitar 2 – 3 minggu untuk benar – benar bisa berhenti tidak merokok. Ini merupakan salah satu yang ampuh untuk cara ampuh berhenti merokok tanpa harus menyiksa anda, karena anda melakukannya dengan cara bertahap namun tetap ditargetkan waktunya.

4. Dimulai dari cara yang mudah
cara berhenti merokok dengan mudah bisa anda lakukan dengan cara memberikan tanda untuk keadaan anda. Jika anda sedang dalam kondisi yang sangat stress anda diperbolehkan untuk merokok namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Rekamlah dalam kondisi apa anda lebih sering merokok (kebosanan, kecemasan, persahabatan, kesepian, menonton televisi, bermain kartu, kopi, dll). Beri nilai 0 sampai 5 dengan kriteria 0 adalah “seperti kereta api” dan 5 adalah “hanya jika diperlukan”.

5. Hindari kebiasaan untuk memancing rasa ingin merokok
Hindari beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda merokok seperti minum kopi, alkohol, begadang dan juga bedebat. Namun jika anda tidak mampu untuk menghindari itu semua anda bisa memulai untuk mengkonsumsi buah – buahan dan juga susu karena itu akan memberikan kesan yang tidak enak jika didampingin dengan rokok.

6. sibukkan diri
Jika anda ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa memulai dihari pertama dengan cara menyibukkan diri anda dengan aktifitas anda. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan anda untuk merokok lagi, cari kegiatan yang lebih intens dan membuat anda lupa untuk merokok seperti bersepeda, berolahraga, berenang dll. Dengan aktifitas yang banyak dan terlalu padatnya waktu akan membuat anda semakin melupakan keinginan untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukan itu.

7. Minum lebih banyak air putih
Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak itu akan membuat racun rokok dalam tubuh anda dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi air juga bisa membantu anda untuk berhenti merokok karena tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan ditemani air putih.

8. Sibukkan diri anda setelah makan
Banyak perokok yang setelah makan mereka lebih memilih untuk menghisap rokok, namun jika anda sudah memutuskan anda harus benar – benar berhenti. Caranya mudah, kebiasaan anda setelah makan merokok hilangkan dengan cara setelah makan langsung pergi untuk menggosok gigi atau berjalan – jalan dengan begitu anda bisa melupakan keinginan anda untuk merokok setelah makan.

9. Hindari tempat tanpa asap rokok
Menghindari tempat yang bebas asap rokok memang sangat sulit dilakukan saat ini, namun anda bisa melakukannya dengan memilih tempat yang bebas asam rokok seperti perpustakaan, atau toko buku. Dan jika anda sedang bersama  teman – teman anda, ajak mereka ketempat yang no smoking area.

10. Mengganti rokok (nikotin) dengan yang lain
Biasanya orang-orang akan merokok dipagi hari ditemani dengan segelas kopi, selain itu orang biasa merokok setelah selesai makan. banyak yang bilang "wis mangan ora udud enek". Jika anda termasuk kedalam kategori orang-orang seperti itu, makan mulai dari sekarang, gantilah rokok dengan makanan lain, bisa dengan perment karet, coklat, dsb

11. Tetap Berfikir Positif
Jika anda berniat untuk berhenti merokok, maka jangan anggap itu sebagai pengorbanan. anggaplah hal tersebut sebagai langkah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

12. Perbanyak tidur atau istirahat
Setelah seharian berusaha menahan kebiasaan merokok anda, tubuh anda pasti akan terasa lelah. Jadi alangkah baiknya jika anda menambah waktu istirahat anda. Selain itu, dengan cara tidur, anda tidak akan berfikir lagi untuk merokok.

13. Berhenti merokok dari sekarang
Anda sudah membaca tips bagaimana cara untuk berhenti merokok diatas, anda sudah punya kemauan untuk berhenti merokok, langkah selanjutnya yaitu tentu saja memulai untuk berhenti merokok sekarang juga! Yakinlah bahwa berhenti merokok adalah keputusan yang tepat dan akan lebih bermanfaat bagi anda.

14. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok
Biarkan teman-teman dan keluarga tahu keputusan anda untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan ke orang dekat anda untuk selalu mengingatkan anda tentang target anda berhenti merokok dan manfaat kesehatan setiap kali anda merasakan keinginan yang kuat untuk merokok.

15. Tetapkan target waktu
Tetapkan target waktu selama 2-3 minggu dimulai saat anda mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa periode ini tidak bertepatan dengan kondisi stres yang mungkin akan anda alami agar usaha anda berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani.

16. Buat jadwal
Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.

17. Hindari godaan merokok setelah makan
Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.

18. Jangan jatuh ke dalam “perangkap satu batang rokok”
Cobalah untuk menahan godaan untuk merokok “hanya satu batang”. Hal ini untuk memastikan bahwa sekali anda merokok satu batang saja maka anda akan merusak usaha anda untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti.

19. Cobalah akupunktur
Akupunktur adalah metode alami pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman. Dengan satu sampai lima kunjungan akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan, ketegangan, depresi, dan perasaan kosong yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin.

20. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras anda
Hadiahi diri anda sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan.

21. Perhatikan diet anda
Pertimbangkan konsultasi pada ahli gizi dan mengikuti program gizi untuk beberapa bulan pertama, mengingat mayoritas perokok mendapatkan tubuh mereka naik beberapa kg karena mereka cenderung makan/mengemil lebih banyak sebagai tindakan pengganti untuk tidak merokok.

22. Berpikirlah positif
Jangan anda berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Pikirlah bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan tidak merokok.

23. Terima kelemahan anda
Rekonsiliasi dengan kelemahan anda, dan jangan mengucilkan diri anda karena anda merasa tergantung pada tembakau. Kenyataannya memang jika merokok tidak ada gunanya, maka tidak ada seorang pun yang akan merokok. Solusinya adalah dengan mampu secara bertahap menjejali otak anda dengan efek-efek negatif dari merokok dan pada akhirnya mampu merubah persepsi menjadi keuntungan-keuntungan karena berhenti merokok.

24. Merokok secara sadar
Maksudnya adalah ketika anda melakukan aktivitas-aktivitas dimana anda selalu kombinasikan dengan merokok, katakan “sekarang saya akan merokok”. Cara ini akan membantu anda secara perlahan-lahan melepas rokok dari kegiatan bersamaan lainnya, seperti mengemudi, surfing di internet atau berbicara di telepon. Menyadari merokok dalam jangka panjang akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar”.

25. Menghemat
Setelah Anda bisa mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap setiap harinya, beralihlah kepada rokok yang lebih murah dan kurang nikmat menurut Anda. Dengan catatan, Anda tetap mengurai jumlah rokok yang Anda hisap setiap harinya. Anda bisa melakukan cara ini, bila Anda sudah merasa siap untuk menghisap rokok yang lebih murah. Bila tidak, jangan terlalu memaksakan diri. Coba dengan cara yang berbeda..
Akan lebih baik, bila Anda bisa memadukan rokok yang Anda hisap setiap harinya dengan rokok yang lebih murah dan kurang nikmat. Anda bisa selang-selingi agar Anda bisa terbiasa dengan rokok yang kurang nikmat dan lebih murah harganya. Tujuanya tetap sama dengan sebelumnya, melatih tubuh untuk bisa menerima pola baru yang Anda latih menjadi sebuh kebiasaan baru untuk melepaskan rokok dalam hidup Anda.

26. Fokus Pada Yang Anda Inginkan
Fokuslah pada apa yang Anda inginkan. Fokus kepada kesehatan Anda bukan melepas kebiasaan merokok. Banyak orang yang ingin berhenti merokok, justru mereka fokus kepada yang tidak mereka inginkan. Mereka fokus bagaimana bisa berhenti merokok, bukanya kepada apa yang mereka inginkan dari berhenti merokok. Tidak percaya? Mari kita bukatikan.
Bayangkan “saya mau berhenti merokok.” Apa yang ada dipikiran Anda? Rokok bukan? Bukanya berhenti? Saat pikiran Anda membayangkan rokok, maka pikiran Anda akan mengakses semua pengalaman dan rasa tentang rokok. Pastinya pikiran Anda akan membayangkan kenikmatan yang Anda bisa rasakan dengan menghisap rokok.
Coba Anda bayangkan “saya ingin hidup sehat.” Apa yang ada di pikiran Anda? Akan muncul gambar Anda sehat, tubuh Anda yang bugar atau Anda berada dalam kesehatan yang sangat prima. Bisa Anda lihat perbedanya dari kedua pernyataan diatas?
Dengan Anda berfokus kepada rokok maka akan semakin sulit Anda untuk berhenti merokok. Tapi, bila Anda fokus pada kesehatan yang Anda bisa miliki, nikmati dan inginkan akan semakin mudah Anda melepas kebiasaan merokok. Fokus Anda menentukan kemana Anda akan berjalan.


www.akuinginsukses.com,  http://aquariuslearning.co.id/, http://inkesehatan.blogspot.com/
Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini