Macam permainan paud

 

Permainan Loncat

Ada dua penggolongan jenis permainan. Pertama bermain aktif dan bermain pasif. Kedua  yaitu berdasarkan kemampuan/keterampilan yang dikembangkan pada diri anak.

 

a. Permainan

Menurut B.E.F Montolalu dkk, 2014: 6.14  Jenis permainan dapat dilihat dari 2 sisi. Pertama, berdasarkan tinggi rendahnya keterlibatan anggota tubuh. Bermain aktif dan bermain pasif. Bermain aktif adalah kegiatan yang memberikan keupasan kepada anak melalui aktivitas yang mereka lakukan sendiri, contohnya bermain di sudut rumah tangga. Bermain balok, pasir air, anyaman dan permainan kelompok (sepak bola, basket) Bermain pasif kegiatan yang tidak terlalu banyak melibatkan aktifitas fisik. Misalnya membaca, nonton filem, mendengarkan radio, mendengarkan musik.

              Kedua adalah berdasarkan keterampilan atau kemampuan yang dikembangkan pada diri anak antara lain : bermain untuk pengembangan kemampuan kognitif, bermain sebagai  latihan koordinasi gerakan motorik, bermain konstruktif, bermain drama, bermain untuk pengembangan kemampuan seni dan bermain sebagai pertumbuhan aspek moral dan  nilai-nilai kehidupan.

 

b. Loncat

Menurut Bambang Sujiono dkk, 2014: 5.23 Loncat adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari satu titik ke titik lain yang lebih jauh atau tinggi dengan ancang ancang dari cepat atau lambat dengan menumpu dua kaki dan mendarat dengan kaki atau anggota tubuh lainnya dengan keseimbangan yang baik. Gerakan meloncat yang awal dikuasai adalah dengan cara menumpu dengan satu kaki dan mendarat dengan satu kaki yang lain. Gerakan yang dikuasai kemudian adalah menumpu dengan kedua kaki bersama-sama. Gerakan loncat dengan tumpuan kedua kaki dan mendarat dengan kedua kaki baru dikuasai kemudian.

              Menurut Bambang Sujiono dkk, 2014: 5.24 Tujuan pembelajaran meloncat adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik/potensi jasmani anak seperti melatihkan kekuatan daya tahan, kelincahan, kecepatan dan ketangkasan anak. Disamping itu juga gerak meloncat bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mental secara umum, seperti memiliki rasa percaya diri, meningkatkan rasa keberanian dan kebersamaan anak.

 

              Beberapa variasi kegiatan permainan loncat yang bisa dilaksanakan untuk anak usia Taman Kanak-kanak

  Kegiatan anak melakukan loncatan dengan menggunakan tali yang diletakkan di tanah atau lantai membentuk angka (lambang bilangan) atau huruf.

 Loncat menggunakan tali diletakkan lurus bentuk secara sejajar
 Loncat menggunakan simpai yang disusun secara berjajar sebanyak lima buah

 Loncat melewati balok balok dengan jumlah 1-10 buah

 Loncat menggunakan bangku swedia

 

Menurut Bambang Sujiono,dkk 2014:4.17 menyebutkan loncat berikut tugasnya adalah  (1) Meloncat turun dari satu kaki ke kaki yang lain (2) Meloncat naik dengan dua kaki ke dua kaki (3) Meloncat turun  dengan dua kaki ke dua kaki (4) Lari dan loncat dari satu kaki ke kaki yang lain (5) Meloncat ke depan dua kaki dan mendarat dua kaki (6) Meloncat turun dari satu kaki ke kedua kaki. (7) Lari dan loncat ke depan dari satu kaki ke kedua kaki (8) Meloncati rintangan dari dua kaki ke kedua kaki (9) Meloncat dan mendarat dengan kaki yang sama secara berirama. Meloncat memiliki tujuan yaitu meloncat untuk ketinggian atau meloncat untuk mencapai jarak tertentu.

 

Permainan loncat adalah permainan aktif yang dilakukan oleh anak.  Tujuan permainan loncat adalah agar anak banyak gerak, belajar berhitung melalui gerakan serta agar anak terlindungi dan merangsang tumbuh kembang anak serta berada di lingkungan yang nyaman.

 

 

Artikel Terkait
Powered by Blogger.

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah