Cara mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak

 

Meteri yang dapat mengembangkan kecerdasan logika matematika antara lain: bilangan, beberapa pola, perhitungan, pengukuran, geometri, statistik, peluang, pemecahan masalah, logika, permainan strategi dan penunjuk grafik.

Cara mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak,
 a. Menyelesaikan puzzle, dapat juga dengan permainan lain seperti ular tangga dan domino. Permainan ini akan membantu anak dalam latihan mengasah kemampuan memecahkan berbagai masalah dalam menggunakan logika.

b. Mengenal bentuk geometri dapat dimulai dengan kegiatan sederhana sejak anak masih bayi, misalnya dengan menggantung berbagai bentuk geometri berbagai warna. Bagi anak yang lebih besar, 2-3 tahun, ajaklah membandingkan betapa perbedaan begitu mencolok antara bentuk oval, trapezium, segi empat dan lingkaran. Atau dengan permainan mengelompokkan

 c. Mengenalkan bilangan melalui sajak berirama dan lagu. Pengenalan bilangan melalui nyanyian anak-anak atau dapat juga membuat sajak berirama dan lagu tentang pengenalan bilangan dan konsep berhitung versi sendiri.

 d. Eksplorasi pikiran melalui diskusi dan olah pikir ringan, dengan obrolan ringan, misalnya mengaitkan pola hubungan sebab akibat, perbandingan atau pengenalan bilangan dengan topik menarik bagi anak, bermain tebak-tebakan, bisa berupa teka teki atau tebak kata.

 e. Pengenalan pola, permainan menyusun pola tertentu dengan menggunakan kancing warna warni, pengamatan atas berbagai kejadian sehari-hari sehingga anak dapat mencerna dan memahaminya sebagai hubungan sebab akibat.

 f. Eksperimen di alam, membawa anak berjalan-jalan ke luar rumah, biarkan anak bereksplorasi dengan alam

 g. Memperkaya pengalaman berinteraksi dengan konsep Matematika dapat dengan cara mengikutsertakan anak belanja, membantu mengecek barang yang sudah masuk dalam kereta belanjaan, mencermati berat ukuran barang yang kita beli, memilih dan mengelompokkan sayur mayur maupun buah yang sudah kita masak.

 h. Permainan penuh strategi dan eksperimen. (untuk anak usia 0-5 tahun) antara lain : Mengelompokkan benda (2-4 tahun), mengakrabi syair dan lagu dengan mengenalkan bilangan (2- 6 tahun), mengukur besar kaki (3-4 tahun), membaca buku bergambar pengenalan bilangan (3-5 tahun), menyeimbangkan batang kayu dan gantungan pakaian (3-6 tahun), akrab dengan kalkulator (3-5 tahun), mengenal dan mempelajari bilangan 0 (3-5 tahun), bermain kartu (4-6 tahun), mengeksplorasi benda dengan menggunakan kaca pembesar (3-6 tahun), menemukan konsep “udara” (3-4 tahun), mengisolasi es batu (3-5 tahun) Menurut Yuliani Nurani Sujiono dkk, 2011: 6.15-6.16 Membilang termasuk kecerdasan logika-matematika Logic Smart Kecerdasan logis matematis adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika.

Kecerdasan ini melibatkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika atau akal sehat. Ini merupakan kecerdasan para ilmuwan, akuntan dan pemograman komputer. Kecerdasan logika matematika pada dasarnya melibatkan kemampuan menganalisis masalah secara logis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika dan menyelidiki secara ilmiah.

Artikel Terkait
Powered by Blogger.

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah