ALAT BANTU AJAR

 Kemampuan membaca anak anak didahului dengan proses kemampuan mendengar secara benar dan tepat. Semua anak pada umumnya belajar mendengar melalui stimulasi suara suara dari lingkungan dan kehidupan sehari harinya. Beberapa latihan untuk mengoptimalkan keterampilan mendengar bagi anak anak-anak diantaranya

 

1.       Meminta anak menutup mata dengan tangan(boleh juga anak diminta untuk menghadap ke tembok), lalu minta kepadanya menebak apa yang sedang dilakukan oleh teman-teman atau oran dewasa di dekatnya, bertepuk tanga, bersiul, menutup pintu, membuka laci meja, menjatuhkan piring plastic, membuka lembaran surat kabar, atau kegiatan lainnya

2.       Membawa anak ke taman bermain dekat rumah atau sekolah, lalu menyuurh mereka duduk santai sambil menutup mata tanpa bergerak dan bersuara mintalah ia diam selama beberpa saat untuk mendnearkan suara-suara di sekitarnya. Setelah itu, berdiskusilah dengan meereka, selama mereka dalam keadaan hening, suara suar apa saja yang tertangkap oleh telinanya, contohnya desau angin, teriakan anak kecil, cicit burung, bayi mengangis dan lain lain.

 

3.       Tanpa sepengetahuan anak, anda dapat mengisi wadah bekas tempat parfum, sabun atau tabung bekas rol film, masing masing dengan kerikil, jepit kertas, biji bekel, cankang, kerang darah, tutup botol atau benda kecil lainnya. Bahan bahan yang sama dengan jumlah yang sama pun bias anda isikan ke dalam 2 atau 3 wadah berbeda. Intinya anak anak harus mengocok wadah wadah tersbut, lalu membandinkan wadah mana yang menghasilkan bunyi yang sama. Di samping itu, mereka diharapkan dapat mengingat urutan bunyi dan mencari sumber bunyi dengan benar dengan urutan yang sesuai.

 

Sebagai orang tua banyak diantara ktia menginginkan anak untuk bias membaca sedini mungkin, memang hal tersebut bukanlah keinginan yang secara absolut salah. Namun, pada kenyataannya banyak anak merasa tersiksa dengan ambisi orang tua dalm hal membaca. Saya sendiri sering menemukan kejadian bahwa beberapa murid kecil saya ternyata malas membaca. Kadang kala mereka  bias membaca karena meghafal.

 

Membuat anak mau membaca membutuhkan kerja sama antara guru di sekolah dengan orang tua di rumah. Betul bahwa tingkat keterlibatan yang diharapkan dari orang tua antara satu sekolah dengna sekolah yang lain berbeda beda. Namun demikian, sangatlah penting bagi orang tua untuk mendapatkan informasi yang jelas dari guru atau sekolah serta harapannya dari program membaca anak tersebut.

 

Anak dapat membaca sendiri dengan cepat apabila kita sebagai orang tua juga turut mendukungnya. Dukungan tersebut dapat berupa memberi anak waktu untuk menikmati jam membacarnya serta ruang untuk membaca buku buku yang disukainya meskipun, menurut anda buku tersebut mudah atau sering ia baca.

 

Alat bantu ajar

Buku, gambar kalender, huruf magnetic, kartu , sequencing pictures, surat kabar atau Koran, syair

Pendukung alat bantu ajar

Gunting, karton manila, kertas cover , kertas gambar, kertas hvs, klip kertas, krayon, lem, plastic, spidol, spidol board marker, white board.

 

Syair

Meskipun dalam bentuk sederhana, milikilah syair dan sajak, lalu berlatihlah emnciptakan irama, sebaai guru anak usia dini, kita sering temukan bahwa anak yang kesulitan menemukan kata yang sama bunyinya  pada suku akhir seubah kata, justru adalah anak yang menalami kesulitan membaca. Namun demikian, irama apakah  itu irama syair atau irama sebuah lagu, selalu membantu anak untuk mengingat kata kata

 

Contoh syair

Buka tangan, tutup tangan

Buka tangan tutup tangan

Tepukkan tangan

Buka tangan, tuutp tangan

Letakkan di pangkuan

Buka tangan tutup tangan

Buka tangan tutup tangan

Terbankan jari jarimu

Lalu seperti burung

Jatuhkan dari angkasa

 

BUKU

Buku merupakan salah satu benda yang sangat isitmewa. Sebuah buku, meskipun adlaah benda mati, mampu menciptakan ikatan emosional antara orang yang sama sama menyukai buku. Ikatan emosional ini dapat terbentuk, misalnya bila seorang nenek pengemar buku dongeng putri duyung membacakannya dengna penuh penghayatan kepada cucunya yang juga menyukai buku yang sama.  Sebuah buku dengan urutan cerita yang jelas, memiliki awal, pertenahan dan akhir kisah dan dilengkapi gambar yang memberi keterangan jelas tentang arti kata kata di bawahnya sanatlah berguna bai anak.

 

SEQUENCING PICTURES

Dalam bahasa Indonesia, sequenting pictures diterjemahkan sebagai rangkaian gambar atau kartu yang dapat menghasilkan suatu cerita utuh.  Ukurannya bermacam macam ada yang berukuran 6x10 cm sampai sebesar kertas folio gambar. Selain itu kartu kartu tersebut tidak memmuat satu pun kata atau kalimat. Alat bantu ajar jenis ini sangat berguna bagi anak anak yang mulai membaca.

 

Sumber pintar meMakai alat bantu ajar Helyantini soetopo

Artikel Terkait
Powered by Blogger.

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah