HARUS DAN SEHARUSNYA STANDAR YANG DICAPAI LEMBAGA PAUD

1.         STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN

1.1.        Tingkat Pencapaian Perkembangan

1.1.1         Pencapaian Perkembangan

1.1.1.1    Program PAUD harus memiliki dokumen pencapaian perkembangan anak berdasarkan atas 6 (enam) aspek lingkup pencapaian perkembangan.

1.1.2     Pencapaian Perkembangan Sesuai Kelompok Usia

1.1.2.1    Program PAUD harus memiliki dokumen pencapaian perkembangan anak yang dikelompokan berdasarkan atas kelompok usia.

1.1.3     Pendokumentasian Pencapaian Perkembangan

1.1.3.1    Program PAUD seharusnya mendokumentasikan pencapaian perkembangan anak dalam berbagai bentuk rekaman.

2.    STANDAR ISI

1.1          Kurikulum

2.1.1     Struktur Kurikulum

2.1.1.1 Program PAUD harus memiliki kurikulum operasional yang mencakup 6 aspek lingkup pengembangan.
2.1.1.2 Program PAUD seharusnya memiliki kurikulum operasional  yang terstruktur secara terpadu menggunakan berbagai pendekatan dan kegiatan.
1.1.2         Acuan  Kurikulum
2.1.2.1 Program PAUD seharusnya  memiliki kurikulum operasional yang mengacu pada berbagai standar.

1.1.3         Peninjauan Kurikulum

1.1.3.1    Program PAUD seharusnya melakukan peninjauan kurikulum dengan frekuensi tertentu.

1.2          Lingkup Materi

2.2.1         Layanan Menurut Kelompok Usia

2.2.1.1 Program PAUD harus  memberikan layanan menurut kelompok usia.

2.2.2         Beban Belajar

2.2.2.1    Program PAUD seharusnya memberikan layanan menurut kelompok usia dengan durasi waktu per hari.
2.2.2.2    Program PAUD seharusnya memberikan layanan menurut kelompok usia dengan durasi waktu per minggu.

2.2.3         Rombongan Belajar

2.2.3.1    Program PAUD seharusnya memiliki rasio pendidik dan peserta didik sesuai dengan jenis layanan menurut kelompok usia.

2.3          Kompetensi

2.3.1         Aspek Perkembangan

2.3.1.1    Program PAUD harus melaksanakan pembelajaran harian yang memuat 6 aspek lingkup pengembangan secara terpisah.

2.4           Kalender Pendidikan

2.4.1         Bentuk dan Substansi Kalender Pendidikan

2.4.1.1 Program PAUD seharusnya memiliki kalender pendidikan yang mencakup berbagai hal.
2.4.1.2 Program PAUD seharusnya memiliki kalender pendidikan yang dijadikan dasar untuk berbagai tujuan.
2.4.2     Sosialisasi Kalender Pendidikan
2.4.2.1 Program PAUD sebaiknya menyosialisasikan kalender pendidikan melalui berbagai media dan kegiatan.

3           STANDAR PROSES

1.1          Perencanaan Proses Pembelajaran

3.1.1     Rencana Kegiatan Semester

3.1.1.1 Program PAUD seharusnya memiliki Rencana Kegiatan Semester (RKS) yang memuat berbagai aspek.

3.1.2         Rencana Kegiatan Mingguan

3.1.2.1    Program PAUD harus memiliki Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) yang memuat berbagai aspek.
3.1.3     Rencana Kegiatan Harian
3.1.3.1  Program PAUD seharusnya memiliki Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat berbagai aspek.

3.1.4     Program Holistik Integratif

3.1.4.1  Program PAUD harus mempunyai program holistik integratif yang mencakup berbagai materi pembelajaran.
1.1.4.2    Program PAUD sebaiknya mempunyai program holistik integratif yang memuat berbagai catatan tertulis.

1.2          Pelaksanaan Proses Pembelajaran

3.2.1.       Penataan Lingkungan Main

3.2.1.1  Program PAUD seharusnya menciptakan lingkungan main yang bercirikan berbagai situasi.

3.2.2.       Pengorganisasian Kegiatan

3.2.2.1.  Program PAUD seharusnya melaksanakan setting pembelajaran di berbagai tempat.
3.2.2.2. Program PAUD seharusnya memiliki tiga kegiatan pokok yang diorganisasikan dalam berbagai setting pembelajaran.
3.3.   Penilaian Proses Pembelajaran

3.3.1.       Waktu Penilaian

3.3.1.1. Program PAUD seharusnya melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran dalam berbagai durasi waktu.

3.3.2.       Teknik Penilaian

3.3.2.1.  Program PAUD seharusnya melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran menggunakan berbagai teknik penilaian.

4.              STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

4.1     Pendidik

4.1.1         Kualifikasi Akademik Pendidik

4.1.1.1  Program PAUD seharusnya memiliki pendidik yang berkualifikasi akademik sesuai dengan statusnya.

4.1.2         Kompetensi Pendidik

4.1.2.1  Program PAUD harus memiliki pendidik yang berkompetensi sesuai dengan status    dan mengikuti pelatihan.

4.2     Tenaga Kependidikan

4.1.1         Kualifikasi Akademik Tenaga Kependidikan

4.2.1.1 Satuan PAUD seharusnya memiliki tenaga kependidikan yang  berkualifikasi akademik sesuai dengan statusnya.

4.1.2         Kompetensi Tenaga Kependidikan

4.2.2.1 Satuan PAUD harus memiliki tenaga kependidikan yang  berkompetensi sesuai dengan statusnya dan mengikuti pelatihan.

5                STANDAR SARANA DAN PRASARANA

5.1     Sarana

5.1.1         Sarana Pendidikan

5.1.1.1  Satuan PAUD harus memiliki berbagai sarana pendidikan.
5.1.2     Sarana Pembelajaran
1.1.2.1    Program PAUD harus memiliki berbagai sarana pembelajaran.

1.2     Prasarana

5.2.1         Lahan

5.2.1.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki luas lahan untuk aktivitas belajar yang mendukung proses pembelajaran. 

5.2.2         Gedung

5.2.2.Satuan PAUD harus memiliki berbagai jenis dan jumlah ruang yang dipersyaratkan.
5.2.2.2  Satuan PAUD seharusnya memiliki ruang dan halaman yang memenuhi persyaratan  keamanan, kebersihan, kesehatan, kenyaman dan keindahan.
5.2.3     Status Kepemilikan
5.2.3.1 Satuan PAUD seharusnya memiliki lahan dan gedung dengan status kepemilikan yang jelas.

5.2.4     Prasarana Instalasi

5.2.4.1     Satuan PAUD harus memiliki berbagai prasarana instalasi.

 

6.       STANDAR PENGELOLAAN

6.1      Perencanaan

6.1.1         Visi, Misi dan Tujuan

6.1.1.Satuan PAUD harus memiliki rumusan visi.
6.1.1.Satuan PAUD harus memiliki rumusan misi.
6.1.1.Satuan PAUD harus memiliki rumusan tujuan.

6.1.2         Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan

6.1.2.1 Satuan PAUD seharusnya menyosialisasikan visi,misi dan tujuan tersebut melalu berbagai media dan/atau kegiatan.

6.1.3         Rencana Kerja Tahunan

6.1.3.1  Satuan PAUD harus memiliki Rencana Kerja Tahunan.

6.1.4         Rencana Kerja Lima Tahunan

6.1.4.Satuan PAUD sebaiknya memiliki Rencana Kerja Lima Tahunan.

6.2     Pengorganisasian

6.2.1         Struktur Organisasi

6.2.1.1 Satuan PAUD harus memiliki struktur organisasi yang mengandung berbagai unsur.
6.2.1.2  Satuan PAUD harus memiliki deskripsi tugas pokok dan fungsi yang jelas.

6.2.2         Jaringan Kemitraan

6.2.2.1 Satuan PAUD seharusnya memiliki jaringan kerjasama/kemitraan dengan pihak lain yang terkait.

6.3     Pelaksanaan

6.3.1         Panduan Pelaksanaan

6.3.1.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki berbagai buku panduan pelaksanaan kegiatan.
6.3.2     Pengadministrasian
6.3.2.Satuan PAUD seharusnya memiliki berbagai buku untuk admnistrasi.
6.3.3     Sistem Informasi Manajemen
6.3.3.Satuan PAUD seharusnya memiliki Sistem Informasi Manajemen.
6.4     Pengawasan

6.4.1     Penjadwalan

6.4.1.1 Satuan PAUD seharusnya melakukan pengawasan terhadap proses dan hasil pelaksanaan program dengan frekuensi tertentu.

6.4.2         Pelaporan

6.4.2.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki laporan hasil pengawasan (supervisi) yang mengandung uraian.

6.5     Penilaian

6.5.1         Unsur Penilaian

6.5.1.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki penilaian terhadap hasil kerja yang mengandung berbagai unsur.
6.5.2     Pendokumentasiaan
6.5.2.1 Satuan PAUD seharusnya memiliki hasil penilaian yang didokumentasikan dengan baik.

6.5.3         Penghargaan

6.5.3.1 Satuan PAUD seharusnya pernah menerima  penghargaan dalam berbagai tingkat.

7                STANDAR PEMBIAYAAN

7.1     Perencanaan

7.1.1         Jenis Pembiayaan

7.1.1.Satuan PAUD seharusnya memiliki berbagai jenis pembiayaan.
7.1.2     Sumber Pembiayaan
7.1.2.1 Satuan PAUD seharusnya memiliki berbagai sumber pembiayaan.
7.2     Pelaksanaan

7.2.1     Laporan Penggunaan

7.2.1.1  Satuan PAUD seharusnya memiliki laporan tahunan tentang penggunaan dana.
7.2.2     Pengadministrasian
7.2.2.Satuan PAUD harus memiliki pembukuan berbagai buku terkait pembiayaan.

8                STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

8.1     Perencanaan

8.1.1         Panduan Penilaian

8.1.1.1  Program PAUD seharusnya  memiliki berbagai bentuk panduan penilaian.

8.2     Pelaksanaan

8.2.1         Teknik Penilaian

8.2.1.1 Program PAUD harus melaksanakan penilaian degan berbagai bentuk dan teknik penilaian.

8.2.2         Pelaporan

8.2.2.1  Program PAUD harus menyampaikan laporan hasil penilaian secara teratur kepada orangtua peserta didik.


Artikel Terkait
Powered by Blogger.

pesan hari ini

Paling dicari

KUMPULAN LIRIK LAGU BERTEMA PROFESI UNTUK PAUD

Total Pageviews

CARI ARTIKEL DI SINI YUK

kata bijak

https://click.email.shopee.co.id/?qs=604d22ef38041caa58cb16ed985d64bf3cfcd39e3273edde7b5c38935f49091d92ab87955b9ab3dae9fb155de91d91fb813cbabf4d9ee0fae0a3d430aeafd8b2

JUAL 100% Propolis Alami Non Wax Non Alkohol bersertifikat halal

JUAL Tudung Saji Bambu Kualitas Premium. Gratis ongkir, klik foto di bawah

jual KEZIA Skincare Whitening Package Series meregenerasi kulit , ori dan gratis ongkir

Jual Cream untuk mengatasi kerutan, garis halus, kemerahan, info klik gambar ! gratis ongkir

Jual Mengatasi rambut rontok dan ketombe, produk original 100 persen, murah, klik gambar bawah