PROPOSAL PENULISAN ARTIKEL JURNAL KESEHATAN

PROPOSAL PENULISAN ARTIKEL JURNAL KESEHATAN
A. Latar Belakang
Universitas ……………….  bercita-cita menjadi universitas riset kelas dunia. Untuk mewujudkan universitas riset diantaranya diperlukan kegiatan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian. Harian ………….. Inggris menampilkan hasil survei peringkat perguruan tinggi (PT) terkemuka dari data tahun 2006 dan 2007. Tiga besar dunia diduduki …………..University (AS), University of ………….. (Inggris) dan University of ………….. (Inggris). Universitas ………………. termasuk dalam 500 besar, dimana peringkat .................. pada tahun 2006 (ke-250) yang disusul setelahnya adalah ………………. (ke-258) dan ………………. (ke-270). Sedangkan pada tahun 2007 peringkat .................. mengalami penurunan (peringkat ke-395), dibawah ………………. (ke-360) dan ………………. (ke-369). Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas penelitian, kualitas pendidikan, kualitas dosen/peneliti, jumlah dan kualitas mahasiswa.

Usaha untuk mewujudkan .................. menjadi universitas kelas dunia memang tidak mudah. Kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen untuk meneliti hanya dikaitkan dengan usaha kenaikan pangkat kepegawaian. Civitas akademika Universitas ………………. merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif bagi permasalahan dan kesejahteraan bangsa.

Road map penelitian .................. sampai dengan tahun 2012 bersifat lintas dan multidisiplin dengan tema utama “perkotaan” (urban) yang berfokus pada bidang unggulan mutakhir atau yang berada digaris terdepan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni, seperti: Nano Science and Technology, Genome Technology, Information and Communication Technology, Policy Studies dan Indigenous Studies. Dengan adanya acuan kebijakan umum tentang arah pengembangan .................. 2007-2012, maka .................. melakukan penelitian terapan bersifat  interdisiplin atau rumpun ilmu (kesehatan, sains teknologi, sosial humaniora) yang diarahkan bagi penyelesaian peningkatan kualitas hidup dan perikehidupan masyarakat serta pengentasan kemiskinan. .................. dalam visinya menjadi universitas riset harus mampu mendorong universitas menjadi sebuah entitas penghasil pengetahuan baru dengan memberikan prioritas yang tinggi pada penelitian.

Untuk menuju peringkat yang lebih baik dalam level internasional, diantaranya diperlukan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara internasional oleh dosen ataupun peneliti. Untuk hal tersebut diperlukan peningkatan pengetahuan untuk menulis artikel ilmiah internasional, melalui pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional. Dalam hal ini, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) .................. bekerjasama dengan unit riset dan pengabdian masyarakat fakultas atau program pasca sarjana di lingkungan Universitas ………………. melaksanakan pelatihan penulisan artikel untuk jurnal internasional secara terpusat bagi para staf pengajar/dosen/peneliti di Universitas ………………., melalui dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti. Kegiatan yang dilakukan dikelompokkan dalam tiga rumpun ilmu yaitu Kesehatan, Sains Teknologi, dan Sosial Humaniora.

B. Maksud dan Tujuan

Dalam rangka mengorganisasi kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah yang ada di lingkungan Universitas ………………., maka DRPM .................. mencoba untuk menyatukan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional secara terpusat dalam rumpun keilmuwan. Adapun tujuan dari kegiatan ini, sebagai berikut.
a. Memberikan pengetahuan bagi para peneliti yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal  internasional, khususnya bagi dosen/peneliti muda.
b. Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah bagi para dosen/peneliti.
c. Menjalin hubungan yang erat antara para peneliti di masing-masing bidang penelitian.
d. Mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para dosen/peneliti.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional ini meliputi.
a. Dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah untuk rumpun ilmu kesehatan, ilmu sains teknologi, dan ilmu sosial humaniora.
b. Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan karya tulis ilmiah.
c. Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris yang baik dan benar untuk rumpun ilmu kesehatan, sains teknologi, dan sosial humaniora.
d. Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional, pengalaman penulisan artikel Ilmiah Jurnal Internasional untuk rumpun ilmu kesehatan, sains teknologi, dan sosial humaniora.
e. Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional untuk rumpun ilmu kesehatan, sains teknologi, dan sosial humaniora.

D. Metode Penelitian

Metode pelatihan penulisan artikel ilmiah ini meliputi ceramah, praktik penulisan artikel ilmiah, dan diskusi oleh para ahli di semua rumpun ilmu.

E. Kategori Pelatihan

Kategori pelatihan yang dilaksanakan oleh DRPM .................. terdiri atas:
a. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu kesehatan  yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Program Pascasarjana.
b. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu sains dan teknologi yang terdiri dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Program Pascasarjana.
c. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional di rumpun ilmu sosial humaniora yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Budaya.









KEGIATAN PELATIHAN


A. Sasaran Pelatihan

  Sasaran pelatihan ini adalah para staf pengajar/dosen/peneliti yang ada di Universitas ………………..

B. Materi Pelatihan, Pembicara, dan Fasilitator

No. Materi Pembicara dan Fasilitator
a. Dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
b. Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
c. Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa inggris yang baik dan benar (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
d. Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional (Elsevier Group)
(untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
e. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)

f. Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional (untuk rumpun ilmu Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora)
Fasilitator Rumpun Ilmu Kesehatan
Fasilitator Rumpun Ilmu Sains-Teknologi


Fasilitator Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora


C. Waktu dan Tempat Pelatihan

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional ini diadakan pada tanggal 21-23 Juli 2008, selama satu hari per rumpun ilmu (Kesehatan, Sains-Teknologi, dan Sosial-Humaniora). Pelatihan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di .......... Gedung ………………., Lantai 2 kampus .................. Salemba (untuk rumpun ilmu Kesehatan) dan di ………………. Gedung A, Perpustakaaan Pusat Kampus .................. Depok (untuk rumpun ilmu Sains-Teknologi dan Sosial-Humaniora).
Rangkaian pelatihan ini dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan draft artikel selama empat hari yaitu pada tanggal 4 Agustus 2008 untuk fasilitator ................, 5 Agustus 2008 untuk fasilitator......... Tanggal 6 Agustus 2008 untuk fasilitator ..........dan pada tanggal 7 Agustus 2008 untuk fasilitator ……………. Kegiatan bimbingan tersebut diadakan di Gedung.................. Lantai Dasar kampus .................. Depok, dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

D. Persyaratan Bagi Peserta Pelatihan

a. Lebih baik jika sudah mempunyai draft artikel.
b. Membawa contoh jurnal Internasional atau contoh format artikel Jurnal Internasional yang menjadi tujuan publikasi (jika ada).
c. Seluruh biaya pelatihan ditanggung oleh DRPM .................. melalui dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti.
d. Sertifikasi bagi peserta diberikan apabila yang bersangkutan mengikuti seluruh kegiatan yang dijadwalkan.
E. Jadwal Kegiatan

a. Hari Pertama
Waktu dan Tempat: Senin, 21 Juli 2008 bertempat di  ......, Lt. 2 kampus..................

b. Rumpun Ilmu Kesehatan    
   Pembukaan
   08.00-08.30: Registrasi
   08.30-08.45: Sambutan Direktur DRPM .................. sekaligus membuka kegiatan pelatihan (............)
  Presentasi
  08.45-09.45: Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Kesehatan
Pembicara:
Moderator:

  09.45-10.00: Rehat Kopi
  10.00-11.00: Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan   artikel ilmiah
Pembicara:
    Moderator :
  11.00-12.00: Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris yang baik dan benar
Pembicara:
Moderator:
12.00-13.00: Ishoma

   Diskusi Panel
  13.00-13.30: Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
  Pembicara:
  Moderator:
13.30-14.30: Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara:
  Moderator:
 
Workshop
14.30-16.00: Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional
Semua Fasilitator:
1. .............
2. ...............
3. ..............
4. ...............
5. ………..
6. ...........
 
 Penanggung Jawab : ..............
 Penutupan
16.00-16.15: Rehat Kopi
16.15-16.30: Penutupan oleh Direktur DRPM .................. (..............)


Hari Kedua
Waktu dan Tempat : Selasa, 22 Juli 2008 bertempat di ITTC Gd. A, Perpustakaan Pusat-Kampus ..................

Rumpun Ilmu Sains-Teknologi
Pembukaan
08.00-08.30: Registrasi
08.30-08.45: Sambutan Direktur DRPM .................. sekaligus membuka kegiatan pelatihan (.......................)
Presentasi
08.45-09.45: Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Sains-Teknologi
Pembicara: ............
Moderator: ............
09.45-10.00: Rehat Kopi
10.00-11.00: Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan     artikel ilmiah
Pembicara:
Moderator:
11.00-12.00: Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.
Pembicara:
Moderator:
12.00-13.00 : Ishoma
Diskusi Panel
13.00-13.30 : Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
Pembicara:
Moderator:
13.30-14.30: Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara:
    Moderator:





Workshop
14.30-16.00: Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing
peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional.
Semua Fasilitator :
1. .............
2. ...............
3. ..............
4. ...............
5. ………..
6. ...........
Penanggung jawab : .................................
Penutupan
 16.00-16.15: Rehat Kopi
16.15-16.30: Penutupan oleh Direktur DRPM .................. (.....................)



Hari Ketiga
Waktu dan Tempat : Rabu, 23 Juli 2008 bertempat di ............. Gd. A, Perpustakaaan
 Pusat-Kampus ..................
Rumpun Ilmu Sosial-Humaniora
Pembukaan
08.00-08.30: Registrasi
08.30-08.45: Sambutan Direktur DRPM .................. sekaligus membuka kegiatan pelatihan (..............)
   
Presentasi
08.45-09.45: Dasar-dasar penulisan artikel ilmiah ilmu Sosial-Humaniora
Pembicara:
Moderator:
09.45-10.00: Rehat Kopi
10.00-11.00: Hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam penulisan  artikel ilmiah
Pembicara:
Moderator:

 11.00-12.00: Penulisan artikel ilmiah dalam bahasa Inngris yang baik dan benar.
Pembicara :
Moderator :
 12.00-13.00: Ishoma
 Diskusi Panel
13.00-13.30 : Kiat penyampaian artikel ilmiah ke jurnal internasional
Pembicara:
Moderator:
13.30-14.30 : Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional
Pembicara:
Moderator:
Presentasi
14.30-16.00: Penyusunan dan perbaikan proposal artikel ilmiah oleh masing-masing
peserta yang akan dikirim ke jurnal internasional
Semua Fasilitator :
1. .............
2. ...............
3. ..............
4. ...............
5. ………..
6. ...........
Penanggung Jawab:
Penutupan
16.00-16.15: Rehat Kopi
16.15-16.30: Penutupan oleh Direktur DRPM .................. (............)

F. Dana Pelatihan
Biaya untuk pelatihan ini dibiayai dari DRPM .................. melalui.................. dana isian pelaksanaan anggaran (DIPA-tahun 2008) Dikti.




G. Kepanitiaan
Penanggung Jawab : (Direktur DRPM ..................)

 Panitia Pengarah: 1. (Direktur DRPM ..................)
     2. (Wakil Direktur DRPM ..................)

H. Panitia Pelaksana :
1. Ketua:
Wakil Ketua:
  Sekretariat dan Registrasi:
  Undangan:
  Bendahara/Konsumsi:
  Acara/Persidangan:
      Publikasi/Dokumentasi:
   Perlengkapan/Akomodasi:
2. Panitia Penyusun Materi:
  (DRPM ..................)
(DRPM ..................)
  (DRPM ..................)
  (DRPM ..................)
  (DRPM ..................)
I. Uraian Tugas Kepanitiaan
a. Penanggung Jawab
  Bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan pelatihan (Penulisan Artikel  
  Ilmiah untuk Jurnal Internasional).

b. Panitia Pengarah
 Memberikan pengarahan dan memantau berlangsungnya kegiatan pelatihan yang  akan  
  dilaksanakan.

c. Ketua dan Wakil Ketua
   1. Merencanakan dan menyusun kegiatan pelatihan yang akan dilakukan.
   2. Memberi pengarahan kepada anggota panitia lainnya tentang kegiatan pelatihan
yang akan dilangsungkan.
   3. Memberi masukan materi dan pembicara pada pelatihan yang akan dilaksanakan.
   4. Mengkoordinasi seluruh kegiatan pelatihan dengan seluruh tim kerja sesuai dengan    
       jadwal yang telah ditentukan.


d. Kesekretariatan/Registrasi/Undangan
1. Mengkoordinasi dan mempersiapkan surat menyurat dan pengirimannya dari persiapan sampai selesai.
2. Mempersiapkan undangan ke pembicara untuk tiap sesi pelatihan
3. Mempersiapkan undangan ke peserta, yaitu para staf pengajar/peneliti/dosen dari tiap fakultas di lingkungan ...................
4. Memastikan jumlah peserta dengan mengkonfirmasi kehadiran calon peserta dan membuat daftar peserta untuk disampaikan kepada bagian registrasi.
5. Menyiapkan daftar peserta dan memonitor kehadiran peserta.
6. Menyiapkan materi pelatihan untuk para peserta, dan pada hari pelaksanaan sudah tersedia pada meja registrasi.
7. Menyiapkan segala bentuk informasi.
8. Mengkonfirmasi kepada moderator.
9. Menyiapkan daftar peserta.
10. Membuat notulensi rapat.
11. Membuat arsip kegiatan pelatihan (Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional).
12. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan pelatihan (Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional).

e. Bendahara/Konsumsi
1. Menyiapkan anggaran dan permohonan pencairan dana ke pihak Dir keuangan ...................
2. Menangani masalah keuangan untuk peminjaman ruang ............. Gd. A, Perpus Pusat dan Laboratorium komputer Lt.2, Gd. BNI Program Pascasarjana, kampus ...................
3. Mengatur aliran dana/cashflow dana.
4. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan.
5. Memastikan dan memonitor jumlah makanan yang dipesan baik untuk unit setiap rehat maupun makan siang.
6. Cek kesiapan ruang untuk rehat dan makan siang.




f. Acara/Persidangan
     1. Mengatur jalannya pelatihan, sesi/presentasi.
     2. Menyiapkan acara dan memonitor jalannya acara.
     3. Menghubungi dan meminta konfirmasi pembicara.
     4. Memastikan keberadaan moderator.
     5. Memastikan file presentasi peserta sudah di copy ke CPU komputer.
     6. Bila dianggap perlu maka bisa menggantikan posisi moderator.
     7. Mendampingi tamu undangan.
     8. Menyiapkan MC.

g. Perlengkapan/Akomodasi
    1. Menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam ruangan, seperti LCD, komputer/laptop, kabel gulung, sound sytem, pengaturan meja dalam ruang, timer, pointer, layar, menyiapkan meja registrasi dan perlengkapannya dan mengatur dekorasi.
     2. Memasang back drop dan spanduk.
     3. Mengurus ijin pemasangan ke UPT PLK ..................;
     4. Memastikan kesiapan ruangan dan perlengkapannya di hari pelaksanaan.

h. Dokumentasi/Publikasi
 1. Menyiapkan bahan-bahan materi yang akan dipresentasikan.
 2. Mengatur format.
 3. Menyiapkan dan membuat disain materi publikasi (backdrop, spanduk, flyer)
 4. Mencari dan mengabadikan momen-momen penting.

i. Panitia Penyusun Materi
    Mempersiapkan dan meyusun bahan materi pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk
    jurnal internasional, yang terbagi dalam rumpun ilmu kesehatan, sains teknologi,
    dan sosial humaniora.





J. Jadwal Pelatihan
a. Persiapan:
 1. Melakukan pembuatan proposal untuk diajukan ke pimpinan DRPM  ..................
 2. Peserta diprioritaskan adalah staf  pengajar/dosen/peneliti di lingkungan  ..................
 3. Sosialisasi kegiatan pelatihan ke setiap fakultas dan program pascasarjana di  
     lingkungan ..................

b. Pelaksanaan
       Jadwal pelatihan terlampir

 c. Evaluasi
Dilakukan pada akhir pelatihan agar dapat diketah.................. kekurangan dan kelebihan dari pelatihan, sehingga pelatihan berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik.










Sumber: repository....................ac.id/dokumen/lihat/37.doc






Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

Blog Archive

pesan hari ini