contoh PROPOSAL PENAWARAN BISNIS PULSA




PROPOSAL PENAWARAN



PAKET BISNIS SOFTWARE PULSA ELEKTRIK
Berstandart Internasional


·         Hight Quality Engine

o   Consulting For Management

§  Data Control Management

·         Finance Control Management

o   Total Suport 24 Hours

§  Standart Operating Prosedur 9001:2000




























PT…………………
Izin Usaha: NOMOR …………..
…………………..

A.     PENDAHULUAN
Bergerak di bidang Information technology, khusus pada pengembangan Mobile System Technology. Indonesia Mobile System (.............) didirikan 4 tahun yang lalu dengan produk awal ............. Engine. Seiring dengan perkembangan manajemen, ............. telah memiliki klien (pemakai ............. engine) lebih dari 100 klien yang tersebar diseluruh Indonesia. Enam klien berada di Sumatera, 1 di Kalimantan,  1 di Sulawesi dan sisanya di Jawa dan Bali.
Berawal dari menjalankan bisnis isi ulang pulsa elektrik, dengan brand ‘.............’, ............. dikembangkan oleh orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya, menjadikan ............. sebagai perusahaan IT berstandar Internasional. Masa pahit dan manis telah dilalui ............. dalam mengembangkan perusahaan selama ini, dimana hal ini membuat ............. menjadi lebih profesional dan matang dalam menghadapi tantangan kedepan. Tak ketinggalan pula interaksi yang intensif dengan para klien sehingga ............. mendapatkan banyak masukan untuk perbaikan engine pada performa yang dinginkan banyak pihak.
Satu demi satu klien ............. telah berkembang pesat dalam mengembangkan bisnis isi ulang pulsa elektrik, berbarengan dengan up-date sistem yang selalu dikembangkan ............. untuk tetap bisa memberikan dukungan penuh kepada klien baik dari sisi teknis maupun non-teknis.
Menjalin kerjasama dengan pihak ketiga sebagai pendukung bisnis pulsa, semisal supplier pulsa sebagai penyedia stok pulsa untuk klien .............. Atau dengan beberapa provider internet yang secara signifikan mendukung jalannya bisnis pulsa. Hal ini menjadikan ............. sebagai perusahaan yang mempu bekerjasama dengan berbagai pihak demi mendukung jalannya proses bisnis klien ..............
Saat ini ............. terus berikhtiar untuk mengembangkan core business kearah yang lebih maju dengan dukungan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi tinggi. Disisi lain terus melakukan perbaikan-perbaikan dibidang manajemen dengan melakukan standarisasi ISO 9001:2000 untuk menjaga kualitas layanan kepada pelanggan. Dan terus melakukan perbaikan-perbaikan yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
B.      ............. Business
Berpengalaman dalam  mengelola bisnis isi ulang pulsa elektrik, ............. mendapatkan banyak masukan dari pengalaman langsung, sehingga ............. mampu menjawab tantangan zaman, khususnya perkembangan dibidang teknologi Informasi yang diimplementasikan dalam produk-produk ..............
Sudah banyak ............. melahirkan pebisnis-pebisnis dibidang isi ulang pulsa elektrik yang saat ini sudah mencapai transaksi rata-rata 15.000 transaksi per hari. Dengan menerapkan manajemen terbuka, ............. selalu memberikan yang terbaik untuk klien-klien yang membutuhkan konsultasi, baik mengenai manajemen pengelolaan bisnis pulsa, manajemen stok maupun marketing, khususnya bagi mereka sebagai pemain baru di bisnis pulsa. Tidak ketinggalan juga dukungan secara teknis dalam bentuk maintenance rutin maupun emergancy call, yang dilakukan secara intensif 24 jam non-stop, baik dalam bentuk maintenance remote, konsultasi via telepon dan messanger tool maupun maintenance kunjungan.
Oleh karena itu ............. bukan saja penyedia engine isi ulang pulsa elektrik, namun lebih dari sebuah perusahaan yang menyediakan Paket Bisnis Isi Ulang Pulsa Elektrik. Dimana dalam paket itu selain engine, ada juga jasa konsultasi manajemen pengelolaannya secara menyeluruh. Mungkin sudah banyak perusahaan maupun perorangan yang menyediakan engine, namun ............. memiliki kelebihan dalam hal konsultasi manajemen pengelolaannya. Karena hasil survei menyatakan bahwa berhasil tidaknya pengelolaan bisnis pulsa tidak hanya bergantung pada kekuatan engine saja, namun perlu dukungan dari ‘kekuatan’ manajemen pengelolaannya.
Banyak pebisnis isi ulang pulsa elektrik yang sampai saat ini tidak bisa menghitung berapa besar keuntungan maupuan kerugian yang diderita secara pasti. Masih banyak yang kesulitan untuk memantau pertumbuhan bisnis secara detail dan tak sedikit pula yang kesulitan untuk mendeteksi data transaksi hariannya.
............. memahami semua kendala tersebut dan diwujudkan dalam Paket Bisnis yang ditawarkan kepada masyarakat yang mempunyai keinginan untuk berinvestasi dalam mengembangkan bisnis isi ulang pulsa elektrik.
C.      Keuntungan bergabung dengan komunitas .............
a.        ............. memiliki akses dengan supplier Authorize Dealer dari seluruh operator sehingga Anda tidak menemukan kesulitan dalam penyediaan stokist dengan harga yang kompetitif.
b.       Paket Bisnis ............. dapat disesuikan dengan modal klien.
c.        Konsep bisnis yang sudah teruji.
d.       Marketing plan handal dengan jangkauan market luas.
e.       Engine ............. Suport terhadap trax via H2H, YM dan SMS, otomatis.
f.         Metode maintenance cepat.
g.        Tidak ada biaya update.
h.       Tidak ada biaya koneksi ke supplier.
D.     Mengapa ............. Beda?
a.        Satu-satunya penyedia sistem di Indonesia yang bertanggung jawab terhadap kebobolan.
b.       ............. menyediakan training aplikasi, managemen bisnis pulsa, mendapatkan SOP berstandart ISO 9001:2000.
c.        ............. tidak membatasi dengan pihak mana klien bekerja sama dalam penyediaan stokist.
d.       Training kerja langsung di Unit Usaha PT. My Pulsa Indonesia
e.       Mendukung pengembangan usaha klien dengan diskon sampai dengan 50% untuk membuka cabang baru.
E.      ............. Consulting For Management
Konsep ............. adalah sukses bersama klien sehingga ............. tidak sekedar menjual engine tetapi juga memberikan manajemen pengelolaan bisnis pulsa secara lengkap.
a.        Manajemen SDM dan Organisasi
-          Pembekalan SDM semua lini.
-          Penerapan Standart Operation Prosedure (SOP), Instruksi Kerja (IK), dan Form.
-          User Guide Operasional Engine.
b.       Manajemen Kontrol Data Transaksi
-          Entry Data Processing (EDP).
-          Data Transaksi.
c.        Pembuatan Laporan Keuangan
-          Laporan Harian (Ref. Laporan Harian PT………….).
-          Laporan Neraca R/L.


d.       Manajemen Purchasing
-          Analisa Stokist
e.       Referensi Supplier Nasional
Untuk pembekalan dibidang manajemen ini dibutuhkan waktu lebih panjang, karena harus disesuaikan dengan SDM dan budaya perusahaan
F.       ............. Engine Instalation Process
a.        Proses Instalasi
1.       Pre-Study
-          Penyesuaian fungsi engine dengan fungsi-fungsi yang diinginkan klien (tidak merubah dasar struktur database yang sudah baku).
-          Penyesuaian struktur jaringan dan hardware terpasang
-          Waktu satu bulan (atau sesuai tingkat kesulitan dari fungsi tambahan)
2.       Instalasi Engine
-          Instalasi OS PC-server (under linux) dan PC-Client (under windows)
-          Setting jaringan komputer
-          Instalasi engine di server
-          Instalasi aplikasi dan koneksi gateway dan aplikasi order
3.       Recovery
-          Pemantauan data transaksi
-          Pemantauan laporan transaksi
-          Pembenahan-pembenahan bila perlu
b.       Biaya Instalasi
1.       Free biaya Instalasi untuk wilayah jawa timur
2.       Jawa Tengah fifty-fifty
3.       Jawa Barat, Bali, dan luar Jawa-Bali  Full klien
4.      Biaya proses instalasi adalah akomodasi, transportasi dan administrasi (disesuaikan dengan domisili klien)
5.       Waktu Instalasi
6.       Instalasi OS, jaringan, engine, aplikasi dan koneksi gateway 1 hari
7.       Training pengenalan dan pengoperasionalan engine 2 hari
G.     ............. Total Support
Kami siap mensupport semua permasalah engine Anda
a.      Komplain Engine
Senin – Jumat :             09.00 -21.00 WIB
Sabtu:                             09.00 – 18.00 WIB
Minggu:                         09.00 – 16.00 WIB
b.      Administrasi 
Senin – Jumat:              08.00 – 16.00 WIB
Sabtu:                             08.00 – 13.00 WIB
c.       Emergency Call 24 hours

H.     Perhitungan RoI (Return of Investment)
a.    Target Pendapatan
No
Margin
(optional)
Bulan I
Bulan II
Bulan III
500 trx/hr
1000 trx/hr
3000 trx/hr
1
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
2
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
3
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

b.    Budget Pengeluaran (contoh)
No
Kebutuhan
 (per-Bulan)
Bulan I
Bulan II
Bulan III
1
Sewa tempat
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
2
Koneksi Internet
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
3
Listrik, PDAM dll
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
4
Royalti *)
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
5
Payroll
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

a. Koordinator 1 org
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

b. Operator 2 org
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

c. CS  1 org
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

d. Admin 1 org
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
6
Lain-lain
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

TOTAL
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Note            : Disesuaikan dengan lokasi usaha dan kebijakan Usaha


c.    Perhitungan Laba-Rugi
No
Margin
(optional)
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Laba-Rugi
Laba-Rugi
Laba-Rugi
1
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
2
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
3
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..
Rp …………..

I.           Fungsi Menu
a.       Menu cek transaksi
b.      Menu proses transaksi
c.       Menu data setting voucher
d.      Menu data pengguna
e.      Menu Laporan administrasi & keuangan

Informasi selengkapnya mengenai Paket Bisnis dari ............., baik manajemen maupun teknis akan dijelaskan secara detail ketika demo produk

J. Marketing Plan
a. Leveling Maksimal 5 Level
1.       Leveling maksimum sampai dengan agen level 5 .
2.       Besar nominaL bonus sama tiap levelnya dan berdasarkan seLisih harga jual voucher tiap leve  Sesuai dengan kebijakan.
3.       Diagram leveling agen sbb:



b. Member Get Member 3 level
  1. Besar nominaL bonus bisa diset sendiri tiap levelnya.
  2. Diagram  MGM 3 Level sbb:
K. Jenis Kerjasama
a.        Kerjasama dengan ............. bersifat kemitraan dengan tujuan keberhasilan klien adalah juga keberhasilan .............. Dengan perhitungan royalti sbb:
1.       Untuk jumlah transaksi sukses 1 (satu) sampai dengan Rp…………… (………………. rupiah) transaksi, besarnya biaya royalti Rp  ………….. (  ………………… rupiah) per transaksi sukses.
2.       Untuk jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) sampai dengan Rp…………… (Lima Ribu) transaksi, besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per transaksi sukses
3.       Untuk jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) sampai dengan Rp…………… (Tujuh Ribu Lima Ratus) transaksi, besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per transaksi sukses.
4.       Untuk jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) transaksi sampai dengan Rp……………, besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per transaksi sukses.
5.       Untuk jumlah transaksi sukses Rp………………… (………………… rupiah) transaksi ke atas, besarnya biaya royalti Rp…………… ( ………………… rupiah) pertransaksi sukses.

b.      Maintenance
Free maintenance dan Update

L. ............. Engine
Salah satu produk unggulan ............. adalah engine pulsa yang diberi brand My Pulsa Engine:
My – Engine
Sistem aplikasi My - Engine terdiri dari dua sub sistem di dalamnya yaitu aplikasi pengisian pulsa dan keuangan sederhana (Executive Information System-EIS). Sistem pengisian pulsa terdiri dari beberapa fungsi untuk proses pendaftaran agen, pembelian pulsa dan proses-proses transaksi yang ditujukan untuk melayani agen dalam membeli voucher. Sedangkan sistem keuangan sederhana adalah sistem yang mengolah transaksi-transaksi yang dilakukan, sehingga transaksi-transaksi yang terjadi dapat dipantau oleh pihak manajemen. My–Engine terdiri dari :
Fasilitas
Smart Engine
Power Engine
1
Instalasi dan sewa guna Engine
Rp…………….
Rp…………….
2
Suplier via h2h/ ym
Stok Pulsa
Stok Pulsa
Eratel
Eratel
Terminal Pulsa
Terminal Pulsa
Winpulsa
Winpulsa
Bebas
Bebas
3
Marketing Plan

  1. Leveling 5 level
  2. MGM 3 level

  1. Leveling 5 level
  2. MGM 3 Level

4
Aplikasi
Tidak ada
M-Kios
Dompet Pulsa
SEV
CDMA
Dll (Rengkap)
5
Maintenance
via remote dan  Panduan
via remote, Panduan, dan kunjungan
6
Web Reporting
Ada
Ada
6
SMS Gateway
Ada
Ada
7
Kapasitas trx/hr*
2000 - 2500
5000 - 6000
Note : *Kapasitas trx sesuai dengan kemampuan hardware

M. .............-Identity
Nama                                      : CV …………………….
SIUP                                        : NOMOR ………………..
NPWP                                     : ………………..
Alamat                                    : ……………………
                                                 Jl. ……………………..
Web                                       : www……………...com
Blog Buletin                           : http://.............-community.blogspot.com
Blog Hardware                      :http://hardware-..............blogspot.com
Email                                       : marketing_.............@yahoo.co.id
Telp/Fax                                 : …………..(fax/phone mode)
Contact Person                     : ………….
Handphone                           :

TERIMA KASIH







Sumber: www.i-mobilesystem.com/.../PROPOSAL%20PENAWARAN%20..............1.doc


Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

Blog Archive

pesan hari ini