10 Cara menjadi bahagia

Banyak orang ingin bahagia tapi tidak tahu caranya. Mereka menempuh jalan yang salah untuk menjadi bahagia. Kebahagiaan tidak jatuh dari langit atau dihadiahkan seperti lotere. Kebahagiaan harus diciptakan, diperjuangkan, seperti kata mutiara berikut : Kebahagiaan adalah seni merangkai buket dari bunga-bunga yang ada di dekat kita. Ada yang menganggap kebahagiaan itu adalah uang dan kesuksesan. Tapi jangan khawatir meski anda bukan seorang yang kaya, berpendidikan tinggi, anda punya hak dan bisa bahagia. Ini dia 10 cara dan Solusi Menjadi Bahagia

cara dan kunci  hidup bahagia



1.       Jagalah Kesehatan
Kamu mungkin pernah mendengar orang yang harus membayar mahal untuk kesehatannya. Dia harus mencuci darah untuk bertahan hidup. Dan kamu akan bersyukur sekali kamu mendapatkan darah gratis. Ada air yang melimpah ruah di sumur dan juga udara untuk kita hirup serta panca indra yang lengkap. Dan tahukah kamu tidak semua orang  memiliki kenikmatan yang kita miliki. Apa gunaya kita memiliki harta berlimpah dan berkecukupan kalau untuk makan saja lidah kita terasa pahit. Maka tepat sekali kata mutiara berikut ini. Perhatikanlah kesehatanmu, dan kalau kamu memilikinya pujilah Tuhan dan nilailah itu sejajar dengan suara hati yang baik, karena kesehatan adalah berkah kedua yang bisa didapatkan oleh kita manusia, suatu berkah yang tak bisa dibeli dengan uang


2.       Cintailah Dirimu
Kita harus mencintai diri. Kita tidak akan bahagia kalau tidak menerima kedaaan kita. Boleh saja kita melihat orang lain nampak hebat, seperti aktor, penyanyi bersuara emas, juara olahraga internasional. Tapi kalau kita tidak bisa seperti mereka, buat apa berkhayal menjadi seperti mereka. Temukan keunikan dirimu. Meski seorang penyandang  cacat pun saya yakin dianugrahi Tuhan kelebihan dan keunikan.  Lihatlah Patricia Saerang, seorang penyandang cacat wanita yang keterampilan melukisnya luar biasa. Karena tangannya tak sempurna dia melukis dengan kaki dan mulutnya. Beberapa lukisannya direproduksi dan dijual sebagai kartu natal yang diedarkan tidak saja di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Jadi temukan keunikan dirimu . Meski berupa keterampilah yang sederhana. Tapa apa-apa, yang penting menjadi diri sendiri dan be your self !
3.       Cintailah Sesamamu
Saya kira tak ada orang yang betah  mengisolasi diri.  Setiap orang ingin memiliki Teman, karena itu merupakan kebutuhan mendasar manusia.  Kita butuh berkomunikasi untuk berbagi ide, pengalaman, pendapat dan perasaan. Janganlah seperti Robinson Crusoe, tokoh rekaan karya Daniel Defoe. Dia terdampar di pulau tak berpenghuni. Secara biologis bisa tetap hidup sehat dengan makan buah-buahan segar tetapi secara psikologi hidupnya tak sehat, dia tidak punya teman yang bisa diajak  bicara. Dia memang memiliki burung kakak tua, tapi apa yang bisa diharapkan dari seekor burung ?  jadi Kita harus mencitai sesama karena kita membutuhkan teman.
4.       Hiduplah Di Masa Kini
Jangan suka menunda-nunda menikmati hidup. Banyak orang ingin menikmati hidup tapi menunggu besok kalau sukses, kalau berumah tangga, kalau uangku sudah banyak. Dan tidak ada yang menjamin masa depan itu seperti apa, apakah kita akan sukses, sehat atau tidak.  Maka nikmati hidup itu   dengan mensyukuri waktu dan  apa yang anda miliki di masa kini. Untuk menikmati  keindahan  tidak perlu membutuhkan biaya banyak. Tak harus  pergi  ke luar negeri untuk dapat menikmati keindahan alam. Keindahan alam murni menapak kita di sekitar kita, tiap hari. Tinggal kita mau membuka mata dan hati kita. Bagaimana cara menikmati keindahan alam dan di jamin bahagia, silahkan klik artikel CARA BAHAGIA DENGAN MURAH DAN CEPAT DENGAN MENIKMATIKEINDAHAN ALAM

5.       Berpikirlah Secara Proporsional
Ingatlah filsafat roda pedati. Hidup tidak di atas atau dibawah terus. Jadi kalau kita mengalami kesusahan atau kesedihan tidak boleh larut  apalagi sampai mengalami depresi berat dengan  melakukan tindakan agresi. Seperti membunuh orang atau pun menghukum diri dan membunuh diri. Yakinlah, tak mungkin kesusahan dan kesedihan akan tetap sebagai kesusahan atau kesedihan. Kebergantiaan pasti akan datang, sebab akan datang penghiburan, akan  ada  kebahagiaan yang bisa diharapkan. Dalam keadaan sedih kita harus berani mengatakan “It’s not the end of the world !”  dunia belum kiamat !  kesedihan tidak akan langgeng. Kehidupan itu berisi saat yang menggembirakan selalu ada keadaan yang bisa dibandingkan dengan keadaan yang lebih buruk, bahkan dalam bahaya dan penderitaan pun bandul jam selalu berayun.

6.       Punyalah Sikap Memaafkan

Tidak ada manusia sempurna. Setiap manusia mempunyai peluang untuk berbuat kesalahan. Kalau kita seorang pendendam kita tak mungkin hidup tenteram. Waktu kita akan kita habiskan untuk memikirkan balasan apa yang akan kita lontarkan kepada orang yang berbuat salah kepada kita. Mana mungkin hidup tentaram dan bahagia dengan hidup seperti  itu. Meksipun kita kaya atau sehat tapi hati akan resah. Bukankah itu merugikan diri kita sendiri.   Mungkin kita menganggap diri sempurna seolah kita sendiri tidak pernah berbuat salah. Sesakit apapun hati kita, cobalah untuk memaafkan. Cobalah berbelas kasih pada orang itu.  Tak ada cinta tanpa kedamaian, tak ada kedamaian tanpa sikap memaafkan. Meskipun sulit, kalau kita rela memaafkan musuh kita, dengan tulus ikhlas, tidak hanya di bibir saja, betapa mulianya.

7.       Hadapilah Tiap Problem

Dalam hidup tiap manusia pasti punya problem, entah besar atau kecil. Janganlah menumpuk atau melarikan diri dari problem. Problem yang tak terselesaikan akan mengganjal di hati dan membuat kita tidak bahagia.  Problem harus dihadapi, jangan berpura-pura problem tidak ada dan merlarikan diri darinya. Apalagi melupakan dari masalah dengan narkoba ataupun berbuat gila-gilaan yang justru menghancurkan hidup kita. Kita bisa meminta bantuan kepada teman atau ahli untuk memecahkan masalah kita.  Kita jangan kalah oleh problem hidup kita. Anggaplah problem itu ujian dan bonus yang akan  mengangkat derajat kita. Tetap semangat dan selalu berdoa, dan yakinlah setiap masalah pasti diberikan tuhan kunci untuk menyelesaikannya, dan kita harus berusaha mencari kunci itu..

8.       Punyailah Banyak Minat
Mulailah memiliki minat, baik bidang seni, tehnologi, olahraga, sastra, film, music, seni lukis, psikologi, ilmu pengetahuan, religi , filsafat dan lain sebagainya. Lalu nikmatilah minat itu dengan memiliki komunitas, aktif di forum yang membahas minat tersebut.  Di saat-saat senggang kamu bisa menggeluti minat tersebut, dan kamu akan merasa bahagia. Saya kira di zaman tehnologi sekarang ini peluang untuk sharing terhadap minat yang digeluti sangat mudah aksesnya. Tak perlu pergi jauh, kamu bisa  membuka internet, masuk ke dalam grub, bermilis atau page yang sesuai minat kamu.

9.       Kerjakan Sesuatu Sebagai Hobi
Mungkin hobi kamu cuma mengoleksi kerang.  Tak mengapa, asalkan itu membuatmu bahagia, tidak merugiakan orang lain dan dirimu. Banyak hobi yang bisa kamu geluti, misal menulis, mengumpulkan mata uang kuno, koleksi cindera mata dari berbagai daerah, benda antik, gambar lukisan, atau seperti zaman ketika kecil mengoleksi  batu yang berbentuk lucu atau unik. Bisa juga di bidang seni merangkai bunga, melipat kertas, mengumpulkan komik dan banyak sebagainya. Pilihlah hobi kamu, dan be yours self dan siapa tahu yang semula hanya sekedar hobi dapat mendatangkan income buat kamu.


10.   Sematkanlah Selalu Harapan
Malu, marah, kecewa,  putus asa sejenak itu hal yang lumrah dalam kehidupan kita dan sangat manusiawi. Tapi tidak boleh berlarut-larut dan mengotori jiwa kita sehingga kita tidak bahagia. Ingat bahwa dalam bahaya dan penderitaan pun bandul jam itu tetap berayun. Itu berarti kita selalu boleh berharap, sesuatu yang baik akan datang. Kalau kita membaca kisah orang sukses seperti Steven Job, Bruce Lee, dan  lain-lain adalah orang yang punya harapan, biarpun setitik. Mereka berharap bisa lepas dari bahaya atau kesusahan. Lalu berusaha keras  untuk menerobos bahaya itu. Jadi sebelum ada kerja keras biasanya ada harapan yang menyala. Kesimpulannya adalah mansuia tidak boleh hopeless, tanpa harapan. Salah satu yang menentukan harkat kita sebagai manusia adalah harapan di dada kita.

Sahabat, demikianlah artikel bagaimana cara Menjadi Bahagia. Dan ada 10 Cara menjadi bahagia yaitu : Jagalah Kesehatan, Cintailah dirimu, Cintailah sesamamu, hiduplah di masa kini, berpikirlah secara proporsional, punyalah sikap memaafkan, hadapilah tiap problem, punyailah banyak minat , kerjakan sesuatu  sebagai hobi dan sematkanlah selalu harapan.



Semoga artikel di atas bermanfaat dan membuat sahabat bahagia. Dan apabila sahabat ingin berbagi  artikel di atas, silahkan  menuliskan sumber aslinya. Terimakasih.
Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini