PROPOSAL PERNAK PERNIK MUSLIM

CONTOH Proposal Penawaran Kerjasama

A. Pendahuluan

Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan e-commerce yang menggeluti usaha jasa penjualan produk-produk Islami secara online. Produk-produk yang insya Allah menjadi target penjualan kami adalah yang dibutuhkan atau diinginkan oleh umat Islam, serta dapat mendidik dan mengajak konsumen untuk dapat lebih mendalami dan memahami Islam dengan benar, dimana kehalalan dan ke-syar’i-annya merupakan prioritas yang diutamakan. Adapun yang kami lakukan adalah menyediakan portal yang mengenalkan produk-produk Anda pada konsumen sekaligus menjualkannya. Maka dari itu dibutuhkan jalinan kerjasama antara kami selaku pihak ………………. (Pihak Pertama), dengan Anda selaku  produsen  atau pihak yang  ingin  memasarkan  produk  di situs ………………….. (Pihak Kedua).


B. Tentang Perusahaan

Kami menyediakan dua jenis pasar  pada situs  yang sama. Yang pertama adalah ……………… (…..-SHOP), dan yang kedua adalah ……………… BazaaR (…..-BazaaR). Keduanya bisa dijumpai di situs kami, ……………… dengan perbedaan  yang  cukup  mencolok,  mulai  dari  konsep hingga  desainnya. Tujuan dari pembedaan ini adalah untuk  memudahkan  pengunjung yang ingin berbelanja. Sehingga, pengunjung yang ingin berbelanja berdasarkan kategori ataupun  merek/produsen  bisa  menemukan  tempat  yang  tepat,  apakah  itu  di  ….-SHOP atau …..-BazaaR.


…..-SHOP  dapat  dijumpai  pada  halaman  utama  ……………… dengan  desain berwarna dominan ungu. …..-SHOP membantu memasarkan produk-produk dari penjual/produsen dengan  mengelompokkan  produk  menurut  jenisnya.  Jalinan kerjasama yang terjadi di sini menggunakan sistem bagi hasil.

….-BazaaR memiliki lokasi sendiri di situs kami, yakni di halaman utama atau (homepage penjual). Pengunjung juga dapat mengakses ….-BazaaR dengan mengklik logo …..-BazaaR yang melayang  pada  sisi  kiri  halaman  utama  ……………… Produk-produk yang dijual di ….-BazaaR kami kelompokkan berdasar merek dagang atau nama produsennya untuk  membantu  memudahkan  pembeli  dalam  menemukan  pemasok yang  diinginkan. Adapun  jalinan  kerjasama  yang  terjadi  di  sini  menggunakan  sistem  sewa.  Demikian perbedaan  yang  insya  Allah  cukup  jelas  mengenai  …..-SHOP  dan  …..-BazaaR.  Untuk mengenal lebih jauh, insya Allah Anda bisa memeriksanya langsung di situs ……………….



C. PENAWARAN UNTUK ANDA

Apa yang  perusahaan ini  tawarkan?  Space dan jasa  penjualan.  Anda selaku  Pihak Kedua  memiliki  kesempatan  untuk  menjual  produk  Anda  di  situs  kami  dengan  memulai satu dari tiga penawaran kami. Antara lain:
a. Menjual  produk  di  ……-SHOP,  apabila  Anda  ingin  menjual  produk  Anda  di  situs ………………. dengan sistem bagi hasil.
b. Menjual produk di ….-BazaaR, apabila Anda ingin menjual produk dengan homepage khusus untuk Anda di situs www.bazaar. ………..com dengan sistem sewa.
c. Menjual poduk di …..-SHOP dan di ….-BazaaR dengan syarat dan ketentuan masing-masing seperti diatas.

D. KEUNTUNGAN BERMITRA DENGAN …………….COM


Berikut  ini adalah  keuntungan-keuntungan  insya  Allah  bisa  Anda  dapatkan  jika  bermitra dengan perusahaan ini:
a. Pangsa pasar yang luas, yakni meliputi wilayah Indonesia dan membuka kesempatan untuk menjaring pembeli dari pasar internasional (global market).
b. Akad jual beli yang jelas. Hal ini adalah karena setiap produk yang dijual memiliki detail produk yang rinci, disertai foto, harga, dan jaminan yang jelas.
c. Media yang murah untuk menampilkan produk Anda secara detail. Di www……….…com, Anda bisa dengan leluasa menampilkan foto setiap produk, dan  informasi detail lainnya tanpa harus khawatir dengan biaya iklan yang begitu besar.
d. Penawaran untuk ……-BazaaR. Gratis menjual produk selama setahun pertama atau  selama  belum  mencapai  limit  omzet  penjualan  (mana  yang  tercapai  lebih dulu).  Apabila  Anda  tidak  mau  melanjutkan,  kontrak  kerjasama  bisa  diakhiri  dan produk Anda tak lagi dijual di situs perusahaan ini. Bila Anda merasa puas dengan   pemasaran   produk   Anda   di   Perusahaan ini,   kontrak   dapat dilanjutkan ke jenjang berikutnya, sesuai pilihan.
e. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan  logo  perusahaan/toko  Anda,  beserta  produk-produk  khusus  dari perusahaan/toko  Anda  pula,  apabila  memilih  untuk  bermitra  dengan  kami  di  …..-BazaaR.
f. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan logo  perusahaan/toko  Anda, beserta  produk-produk  khusus  dari perusahaan/toko  Anda  pula,  apabila  memilih  untuk  bermitra  dengan  kami  di  …….- BazaaR.


g. Homepage Anda  ini  kemudian  bisa  dijadikan  sarana  untuk  menunjukkan  kepada konsumen  bahwa  produk  Anda  juga  dijual  di  internet,  hal  ini  insya  Allah  akan menambah  kesan  profesionalitas  dan  memperkuat  brand  image  perusahaan/toko Anda.
h. Anda bisa mencantumkan homepage Anda ini,  saat beriklan di tempat lain. Sehingga konsumen yang masih penasaran dengan produk Anda, ingin mengetahui  dengan  lebih  detail,  atau  ingin  mengetahui  produk  lain  yang  Anda miliki, dapat mengakses homepage Anda untuk  mendapatkan informasi yang mereka cari.
i. Sistem pendukung  via  e-mail maupun telepon,  untuk  membantu memudahkan Anda mengirim data produk, mengedit, memberi saran, komplain atau yang lainnya.

E. KELEBIHAN PERUSAHAAN


Adapun beberapa kelebihan perusahaan ini adalah:
a. Yang pertama di Indonesia! Hadir dengan konsep muslim market, yang berkomitmen untuk menyediakan semua produk islami dalam satu portal.
b. Konsep ini  bisa  lebih  menguntungkan,  karena  produk  Anda  akan  berada  pada suatu tempat dimana orang akan mencari kebutuhan muslim secara online.
c. Ibaratnya, Anda  mempunyai  sebuah  stan,  di  sebuah  mall  khusus  untuk  umat Islam. Di mall ini, semua pedagang menjual produk yang halal dan syar’i. Memiliki stan di tempat seperti ini sambil menjual di tempat sendiri insya Allah akan jauh lebih menguntungkan daripada hanya menjual produk di tempat Anda sendiri. Hal ini karena wilayah pasar yang dicakup bisa lebih luas.
d. Kami berkomitmen  untuk  terus  meningkatkan  kualitas  layanan,  serta  menambah jangkauan produk, sehingga pangsa pasar akan menjadi semakin luas.
e. Kami juga  berkomitmen  untuk  menjual  produk-produk  yang  halal  dan  sesuai syariat  Islam  dimana  tolak  ukurnya  adalah  Al-Quran  dan  As-Sunnah  menurut pemahaman  yang  benar.  Merupakan  suatu  kelebihan  apabila produk Anda bisa tampil di situs perusahaan ini.
f. Promosi situs secara konsisten dan berkesinambungan  baik  secara  online  (di internet)   maupun   secara   offline   (di   dunia   nyata)   akan   meningkatkan   jumlah pengunjung ke situs ini dari waktu ke waktu.
g. Metode promosi  situs  yang  cukup  unik  dan  beragam, sehingga  dapat meningkatkan  jumlah pengunjung situs setiap harinya. Oleh karena itu pengunjung yang melihat atau membeli produk Anda juga diharapkan bisa terus meningkat.




h. Dengan dukungan Anda, pelayanan konsumen yang ramah dan memuaskan dapat meningkatkan potensi konsumen untuk kembali membeli produk Anda. Hal ini juga akan mendukung terjadinya efek ‘buzz’, dimana konsumen akan bercerita tentang produk Anda kepada rekan-rekannya.
i. Tersedianya komunitas yang turut memudahkan Anda untuk mencari partner, relasi bisnis, ataupun agen untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.

F. Alur Kerja/ Work Flow Perusahaan

Pengunjung  dapat  dengan  mudah  berbelanja  di  situs  kami  dengan  menggunakan  fitur kereta belanja (Shopping Cart) yang ada. Selanjutnya, komunikasi dilakukan via e-mail/ SMS/telepon/faks.  Berikut  ini  flowchart  ringkas  dari  sistem  kerja  kami  apabila  Anda sepakat untuk bermitra dengan kami.







 







         





















 













Berikut ini uraian langkah yang perlu Anda lakukan selama proses kerja tersebut:

a. Setelah  barang  Anda  dipasang  di perusahaan ini,  tunggulah  kabar  dari  kami hingga ada informasi pemesanan barang.
b. Apabila ada informasi pemesanan barang, kami akan mengabarkannya pada Anda.

c. Siapkan  barang  dan  kirimkan  ke  alamat  pemesan  dalam  jangka  waktu  paling lambat 2 hari kerja (pastikan barang yang dikirim berada dalam kondisi yang baik, dan pemesan dapat menerimanya pula).
d. Jika tidak ada komplain dari pembeli, uang akan kami kirim pada Anda insya Allah paling lambat 3 hari kerja.

G. Syarat dan Ketentuan  bermitra dengan Perusahaan


a. Bukan perusahaan fiktif yang hanya mengharap menerima uang tanpa mengirimkan barang yang dipesan.
b. Berkomitmen untuk melakukan  usaha  dengan  niat  yang benar, sehingga  semoga Allah menjadikan semua yang kita lakukan dalam bisnis ini bernilai pahala.
c. Beritikad  baik  dalam  bersama-sama  memenuhi  tanggung  jawab  dan  kewajiban masing-masing pihak, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.
d. Barang yang  hendak  dijual  haruslah  halal  dan  syar’i.  www. ……………….com mempunyai  tim  penyeleksi  produk  yang  akan  menentukan  dapat  diterima  atau tidaknya produk Anda.
e. Sanggup   mengirimkan   barang   pesanan   paling   lambat   dua   hari   kerja   sejak diterimanya  informasi  pemesanan  dari  pihak  www. ……………….com.
f. Anda harus mengirimkan informasi apabila  produk tidak  ready  stock, serta kapan produk tersebut dapat di kirim ke alamat customer, paling lambat satu hari kerja dari diterimanya informasi pemesanan.
g. Mudah dihubungi via e-mail/telepon/HP/SMS/faks (sesuai perjanjian).
h. Memiliki sistem pengiriman barang yang jelas.
i. Memiliki   rekening   di   bank   yang   terjangkau   di   wilayah   Surabaya.   Disarankan memiliki rekening BCA atau BSM.

j. Bersedia menerima penukaran barang atau mengembalikan uang apabila pembeli menerima barang dalam  kondisi  yang  tidak  sesuai  dengan deskripsi  produk  yang ditampilkan.
k. Apabila   terjadi   perubahan   yang   sangat   penting   mengenai   usaha   Anda   yang sekiranya  dapat  mempengaruhi  kinerja  www………………..com  (misal:  rencana  gulung tikar  atau  tak  lagi  memproduksi  barang  yang  dijual  di  perusahaan ini),  mohon untuk   segera   menginformasikan   rencana   tersebut   pada   kami   paling   lambat seminggu sebelum pelaksanaan.
l. Berusaha  memberikan  layanan  yang  terbaik  (misal:  tepat  waktu,  kualitas  produk yang sesuai, dll) karena www. …………………..com ini milik bersama, sehingga Anda mempunyai  peranan  yang  cukup  besar  dalam  kemajuan  perusahaan ini  yang kemudian akan berimplikasi pada kemajuan usaha Anda pula.
m. Bagi  yang  hendak  memasang  produknya  di  dua  tempat,  ….-SHOP  dan  …..-BazaaR,  sekaligus,  maka  harga  barang  yang  dijual  di  …...-BazaaR  tidak  boleh berbeda dengan yang dijual di …..-SHOP.


H. Langkah-Langkah untuk Menjadi Mitra Perusahaan


a. Mengadakan  tawar-menawar   mengenai   persentase   bagi   hasil   kepada   pihak perusahaan ini hingga mencapai kesepakatan.
b. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.

c. Kirimkan foto produk yang ingin Anda jual di ……-SHOP beserta detailnya ke alamat gudang-shop@ …………...com.
d. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.



Berikut ini rincian detail produk yang perlu dikirim ke gudang-shop@ ………………..com:

a. Jenis buku/Al-Quran: judul, foto sampul, penulis, penerbit, volume/jilid/edisi, cetakan ke, jumlah  halaman,  ukuran  (lebar  x  panjang), berat, harga, kategori, deskripsi.
b. Jenis  busana  dan  pelengkap  busana :  nama  busana,  foto,  detail  ukuran.

c. Bahan, motif, warna, merek, berat, harga, kategori, deskripsi.


d. Jenis  makanan  dan  minuman :  nama  makanan/minuman,  foto,  nomor.

e. Sertifikat  halal  LPPOM-MUI  (bila  ada),  merek,  berat,  harga,  kategori,  cara penyimpanan, deskripsi.
f. Jenis  CD,  VCD  dan  kaset:  judul,  foto  sampul,  materi, narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
g. Khusus   untuk   software,   data   yang   diperlukan   adalah:   judul,   foto sampul,  beberapa  screenshot  ketika  program  sedang  dijalankan (maksimum 4), OS, minimum   requirements, penyusun/programmer, penerbit, berat, harga, deskripsi.
h. Jenis obat, parfum dan kosmetik: nama produk, foto, wangi (parfum wajib diisi),  volume/  isi,  komposisi,  nomor  sertifikat  halal  LPPOM-MUI  (bila  ada), merek, berat, harga, kategori, deskripsi.
i. Jenis  merchandise:  nama  produk,  foto,  dimensi,  materi  (terbuat  dari), merek/nama  penerbit/  produsen,  power  supply  (khusus  elektronik),  berat, harga, kategori, deskripsi.
j. Jenis  jasa:  judul  jasa  yang  ditawarkan,  deskripsi  (tentang  jasa  yang ditawarkan beserta rincian harga dan deskripsi paket-paketnya bila ada).

Keterangan:
a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah   mengenali dan menemukan produk Anda melalui   mesin   pencari. Contoh: jilbab  Minang  jumbo  merek  ………,  atau  Kitab  ……… Exclusive Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan  foto  produk  jelas  dan  tidak  memuat  gambar  wajah/kepala  makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak  untuk  mengeditnya   sebelum   foto  tersebut  dimuat   di  situs.   Ukuran maksimal  lebar  foto  adalah  300  pixel,  dan  tinggi  maksimum  adalah  260  pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa memberitahukannya pada kami untuk kami optimize.
c. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.

d. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan  kacang  Arab),  maka berat yang dicantumkan adalah berat minimum yang  bersedia  Anda  jual  dan  Anda  kirim  ke  pemesan.  Adapun  harganya mengikuti berat. Contoh: berat ……..kg, harga Rp….. (perkg)

e. Bila merek/nama  penerbit  sama  dengan  nama  dagang  Anda,  maka  boleh dikosongkan.  Adapun  untuk  produk  yang  tidak  ada  atau  tidak  diketahui  merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).
f. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.
g. Jika detail  produk Anda telah kami setujui, produk Anda akan tampil di …...-SHOP, dan masa kerjasama dimulai pada hari pertama kali dimuatnya produk-produk Anda tersebut. Apabila Anda kesulitan mengirim data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.

I. Langkah-langkah untuk Menjadi Mitra PM-BazaaR


a. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.

b. Tunggu hingga pihak kami mengirimkan kode untuk mengakses halaman administrasi Anda. Masa kerjasama dimulai dari hari penyerahterimaan kode akses.
c. Login ke halaman administrasi dengan alamat www. …………...com.

d. Upload/submit foto produk beserta detailnya.

e. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.



Berikut ini rincian detail produk yang perlu di upload/submit:

a. Jenis  buku/Al-Quran:  judul,  foto  sampul,  penulis,  penerbit,  cetakan  ke/edisi,  jumlah  halaman,  ukuran  (lebar  x  panjang),  berat,  harga,  kategori, deskripsi.
b. Jenis  busana  dan  pelengkap  busana:  nama  busana,  foto,  detail  ukuran, bahan, motif dan warna, merk, berat, harga, deskripsi.
c. Jenis  makanan  dan  minuman:  nama  makanan/  minuman,  nomor  sertifikat halal   LPPOM-MUI   (bila   ada),   merek,   berat,   harga,   cara   penyimpanan, deskripsi
d. Jenis CD, VCD dan kaset: judul, foto sampul, materi,  narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
Khusus untuk software, data yang diperlukan adalah: judul, foto sampul, beberapa  screenshot  ketika  program  sedang  dijalankan  (maksimum  4), OS, minimum requirements, penyusun/ programmer,   penerbit,   berat, harga, deskripsi.
e. Jenis  obat, parfum  dan kosmetik:  nama produk, foto,  wangi  (parfum  wajib diisi),  volume/isi,  komposisi,  nomor  sertifikat  halal  LPPOM-MUI  (bila  ada), merek, berat, harga, deskripsi.
f. Jenis merchandise: nama produk, foto, dimensi, materi (terbuat dari), merek/nama  penerbit/  produsen,  power  supply  (khusus  elektronik),  berat,  harga, deskripsi.
g. Jenis  jasa:  judul  jasa  yang  ditawarkan,  nama-nama  paket  (bila  ada), deskripsi, dan harganya.

Keterangan:

a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah   mengenali   dan   menemukan   produk   Anda   melalui   mesin   pencari. Contoh:  Jilbab  Minang  Jumbo  merek  ……..,  atau  Kitab  …… Exclusive  Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan  foto  produk  jelas  dan  tidak  memuat  gambar  wajah/kepala  makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak  untuk  mengeditnya   sebelum   foto  tersebut  dimuat   di  situs.   Ukuran maksimal  lebar  foto  adalah  300  pixel,  dan  tinggi  maksimum  adalah  260  pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa mengirim foto produk/file Anda ke e-mail kami: gudang-bazaar@ ……………...com

a. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.

b. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram. Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan  kacang  Arab),  maka  berat  yang  dicantumkan  adalah  berat  minimal yang  bersedia  Anda  jual  dan  Anda  kirim  ke  pemesan.  Adapun  harganya mengikuti berat. Contoh: berat …….kg, harga Rp………..(per kg)
c. Bila  merek/nama  penerbit  sama  dengan  nama  dagang  Anda,  maka  boleh dikosongkan.  Adapun  untuk  produk  yang  tidak  ada  atau  tidak  diketahui  merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).

d. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.

e. Produk Anda akan tampil di …..-BazaaR. Jika Anda kesulitan mengirimkan data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.

J. Penutup


Demikian  surat  penawaran  ini  dibuat  untuk  tujuan  transparansi  sekaligus  penawaran kepada  Anda  untuk  bermitra  dengan  kami. Kami sertakan  formulir  surat  perjanjian kerjasama  …..-SHOP  dan  ……-BazaaR.  Anda  dapat  mengisi  salah  satu  atau  keduanya (menurut pilihan Anda). Kemudian, kirimkan formulir surat perjanjian yang sudah Anda isi tersebut ke alamat di bawah ini. Terimakasih.




Perusahaan ini
Alamat :
Tel: ------------------------

Fax: -----------------------

Lampiran I: Batasan Bagi Penjual di PM-BazaaR


Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada Bab ‘Keuntungan Bermitra dengan Perusahaan”, mitra yang memilih untuk menyewa tempat di …..-BazaaR bisa menjual  produknya  secara  gratis  selama  satu  tahun  pertama.  Namun  ketentuan  ini tidak  lagi  berlaku  sejak  omset  penjualan  Anda  dalam  satu  bulan  di  PM-BazaaR  telah melewati batas maksimal (limit) dengan rincian sebagai berikut.
a. Jenis busana dan pelengkap busana, limitnya adalah Rp………./bulan.

b. Jenis buku, CD, VCD dan kaset, limitnya adalah Rp………./bulan.

c. Jenis  merchandise (souvenir,  perabot,  pernik  Islami,  poster,  dll),  limitnya  adalah Rp……….,-/bulan.

d. Jenis kosmetik, obat dan perlengkapannya, limitnya adalah Rp………./bulan.

e. Jenis lainnya, limitnya adalah Rp………./bulan.

Selanjutnya,  Anda  bisa  melanjutkan  penjualan  di  …..-BazaaR  dengan  membayar  uang sewa pada kami, atau tidak lagi menjual produk Anda di …..-BazaaR, atau berpindah dari …..-BazaaR ke …..-SHOP. Berikut ini rincian lebih lanjut untuk biaya sewa setelah masa promosi berakhir:

Masa Sewa Masa Tenggang/ Grace Biaya Sewa
Harian - Rp …………..
1 bulan 3 hari Rp …………..
6 bulan 20 hari Rp …………..
1 tahun 30 hari Rp …………..
3 tahun 30 hari Rp …………..


Keterangan:

Harga bisa naik sewaktu-waktu. Namun perubahan harga tidak berlaku jika penyewa sudah melakukan perpanjangan sebelum harga dinaikkan. Manfaatkan peluang ini. Untuk sementara belum ada pembatasan besar total file yang di upload.



Lampiran II: Sistem Bagi Hasil untuk Penjual di PM-SHOP


Penjual  di  …..-SHOP  tidak  perlu  membayar  biaya  sewa.  Kami  menerapkan  sistem  bagi hasil untuk setiap transaksi di …..-SHOP dengan persentase bagi hasil yang bisa dinego. Anda  diharapkan  untuk  bersedia  memberikan  transparansi  mengenai  rincian  dari  harga produk yang Anda berikan agar tercapai win-win solution dalam penentuan persentase.



Surat Perjanjian Kerjasama

(Perusahaan ini One Stop e-Muslim Shop)


Pada hari ini   tanggal   , dibuat perjanjian kerjasama pemasaran  di  ……………….com  One  Stop  e-Muslim  Shop  dengan  sistem  bagi  hasil antara:


1. Nama : --------------------
Alamat : -------------------------------------
Telepon/HP : -----------------------------------
E-mail : ------------------------------

No. KTP : ---------------------------------
No Rekening : (Tunggu pemberitahuan selanjutnya)

Status : Pemilik usaha bidang e-commerce, perusahaan ini disebut sebagai Pihak Pertama (I)


2. Nama :  
Alamat :  
Telepon :   HP :  
E-mail :
No. KTP :  
No. Rekening   : Bank : KCP :
Atas nama :    Informasi pemesanan dikirim via :   Cara mengirim barang : Melalui TIKI
Kirim sendiri *) untuk pemesanan di wilayah :



Melalui jasa pengiriman lainnya :  






*) Tanpa ongkos kirim

Hal. 15


Status : Pemilik merk dagang yang setuju

untuk  menjual  produknya  di  wwwww……………..com  One  Stop  e-Muslim

Shop dengan jenis produk :  





Disebut sebagai Pihak Kedua (II)



Kedua  pihak  sepakat  melakukan  kegiatan  kerjasama  penjualan  produk  Pihak  Kedua  di www…………...com  One  Stop  e-Muslim  Shop  milik  Pihak  Pertama  dengan  sistem  bagi hasil. Yaitu,   % dari omzet penjualan adalah menjadi hak Pihak Pertama sesuai kesepakatan.


Bentuk kerjasama kedua pihak adalah sebagai berikut:

A. Tugas dan tanggung jawab Pihak Pertama:

a. Meng-upload dan mengedit data produk yang dikirim oleh penjual untuk kemudian dimuat di …..-SHOP.
b. Menjadi perantara jual beli antara pembeli di perusahaan ini dengan Pihak Kedua.

c. Menyampaikan informasi pada Pihak Kedua apabila ada pemesanan, berikut nama, alamat tujuan, serta kode pemesanan.
d. Turut mengawasi, menyeleksi dan mengedit informasi Pihak Kedua beserta produknya  agar  akurat  dan  tetap  dalam  bingkai  yang  sesuai  dengan  Al- Quran dan As-Sunnah.
e. Turut menjaga kelancaran dan keamanan jalannya situs www. ……………..com
f. Turut menjaga tingginya nilai customer satisfaction (kepuasan pembeli) agar senang  dan  kembali  berbelanja  di  www. ………………..com.  Demikian  pula keutamaan menjaga nilai kepuasan layanan pada Pihak Kedua.
g. Menjaga amanah uang yang dikirim oleh pembeli untuk diserahkan kepada Pihak  Kedua  setelah  barang  diterima  oleh  pembeli  dalam  keadaan  baik dalam  jangka  waktu  insya  Allah paling lambat tiga (3) hari kerja dari hari
diterimanya  barang  oleh pembeli  dengan dikurangi  persentase bagi  hasil yang telah disepakati.

h. Mengembalikan   seluruh   uang   kepada   pembeli   yang   meminta   uangnya kembali  (tanpa  dikurangi  biaya  apapun)  karena  membatalkan  pembelian dengan alasan:
1. Barang yang diterima tidak sesuai dengan informasi yang ditampilkan di situs,
2. Barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat.

i. Mengabarkan pada Pihak Kedua jika ada pembeli yang mengembalikan barangnya untuk ditukar atau uangnya dikembalikan karena terjadinya salah satu kasus di atas, untuk ditindaklanjuti oleh Pihak Kedua.
j. Mengabarkan pada Pihak  Kedua melalui  halaman administrasi apabila ada update fitur dan layanan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh Pihak Kedua.

B. Tugas dan tanggung jawab Pihak Kedua:

a.  Pihak Kedua mengirimkan foto yang jelas dan informasi yang detail mengenai barang yang dijual via e-mail ke gudang@ Perusahaan ini.com atau via pos.
b.  Segera menginformasikan detail produk (terutama harga, ukuran, dan point- point krusial lainnya) apabila terjadi perubahan.
c.   Menunggu informasi pemesanan dari Pihak Pertama sembari ikut mempromosikan www. ……………...com
d. Jika dikehendaki, dapat mencantumkan alamat situs www. Perusahaan ini.com pada kartu nama dan berbagai media promosi Pihak Kedua.
e.  Barang  yang  dijual  harus  ready  stock  atau  Pihak  Kedua  harus  sanggup menyediakan barang pesanan sejumlah yang dipesan, dalam jangka waktu kurang  dari  dua  (2)  hari  kerja  sejak  diterimanya  informasi  pemesanan  dari Pihak Pertama.
f. Apabila  Pihak  Kedua  tidak  sanggup  menyediakan  barang  dalam  jangka waktu tersebut, misalnya karena jumlah barang yang dipesan terlalu banyak, maka  harap  melaporkan  pada  Pihak  Pertama  serta  memberikan  kepastian tanggal pengiriman yang dapat dipenuhi.


g. Mengirimkan  barang  ke  alamat  pembeli  dalam  jangka  waktu  paling  lambat dua   hari   kerja   sejak   diterimanya   informasi   pemesanan,   atau   menurut kepastian tanggal yang bisa dipenuhi apabila terjadi suatu hal sebagaimana yang dideskripsikan pada point (g) di atas.
h. Segera  meng-SMS  informasi  pengiriman  kepada  Pihak  Pertama  dengan format:
#
dagang>#kode pemesan#perkiraan tanggal terima oleh pembeli#jasa pengirim#nomor resi (bila ada)Contoh: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#sendiri

Atau: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#Fulan Agency#84910293

Lalu menunggu pengiriman uang dari Pihak Pertama apabila tidak ada penolakan dari pembeli.
i. Bersedia  menerima  pengembalian  barang  yang  ditolak  oleh  pemesan  dan mengirimkan  gantinya  apabila  pembeli  minta  barangnya  ditukar.  Segala ongkos  kirim  ditanggung  oleh Pihak  Kedua,  termasuk  ongkos  kirim  barang dari pembeli kepada Pihak Kedua (ditransfer ke Pihak Pertama untuk dikirim kembali ke pembeli). Agar  hal ini tidak terjadi, Pihak Kedua direkomendasikan dengan sangat untuk mengirimkan informasi produk yang sedetail-detailnya serta foto yang sejelas-jelasnya melalui halaman administrasi.
j. Turut  menyumbang  saran  dan  kritik  membangun  kepada  Pihak  Pertama mengenai situs www. Perusahaan ini.com, dan menjaga performanya.
k.   Mendukung  layanan  Pihak  Pertama  dengan  mematuhi  syarat,  ketentuan, serta  perjanjian  sebagai  Pihak  Kedua,  serta  meningkatkan  layanan  selaku Pihak Kedua.

C. Jangka waktu perjanjian:

a. Lamanya masa perjanjian pemasaran produk di www………….com One Stop e-Muslim Shop adalah satu (1) tahun.
b. Perjanjian  dapat  diperpanjang  dengan  melakukan  konfirmasi  selama  masa tenggang  satu  bulan.  Apabila  masa  tenggang  telah  lewat  dan  Pihak  Kedua belum juga melakukan konfirmasi, maka data Pihak Kedua beserta barangnya akan dihapusdari database Perusahaan ini. Adapun untuk
mengadakannya   lagi,   maka   diperlukan   perjanjian   ulang   dan   data   harus dimasukkan ulang seperti menjadi mitra baru Pihak Pertama.

c. Perjanjian  kerjasama   dapat   pula   berubah,   maupun   diputus   sewaktu-waktu menurut  kesepakatan  kedua  belah  pihak  atau  jika  Pihak  Kedua  melakukan pelanggaran  berulang-ulang  berupa  tindakan  yang  merugikan  Pihak  Pertama demikian pula sebaliknya.
D. Lain-lain

a. Seiring adanya peningkatan kualitas layanan dan tampilan situs Perusahaan ini,  segala  metode  penjualan  beserta  isi  situs  dapat berubah sewaktu-waktu tanpa melibatkan  perubahan  esensi  dari  perjanjian antara  kedua  belah  pihak.  Apabila  Pihak  Kedua  merasa  dirugikan,  (misal: foto  produk  Anda  ikut  terhapus  ketika  terjadi  perombakan  desain  situs), maka harap memberitahukan Pihak Pertama untuk segera diperbaiki.
b. Dalam   penjualan,   hendaknya   barang   yang   dijual   disesuaikan   dengan permintaan pasar. Apabila arus permintaan produk milik Pihak Kedua sangat deras, maka Pihak Kedua dimohon kesadarannya untuk segera menambah kuantitas   stok   yang   ada   agar   tidak   sampai   terjadi   kehabisan   barang, sehingga  kegiatan  jual  beli  di  Perusahaan ini  dapat  terus  berjalan tanpa ada hambatan, dan pengunjung pun tidak dikecewakan. Lebih bagus lagi bila Pihak Kedua menambah variasi produknya yang juga diminati oleh pasar untuk lebih menarik banyak konsumen.
c. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mempromosikan situs e-commerce lain yang sejenis dengan Perusahaan ini di situs Perusahaan ini dengan alasan apapun. Contoh: “Produk kami juga tersedia di www..............com dan www. ..............com”.
d. Pihak  kedua  tidak  diperkenankan  menggunakan  program-program, bahasa pemrograman,   atau mengirim  virus/ bug   dengan   jalan   apapun   yang mengakibatkan rusak/kacaunya sebagian atau seluruh situs Perusahaan ini.   Pastikan   komputer   yang   dipakai   Pihak   Kedua bebas dari virus dan gangguan berbahaya lainnya sebelum mengirim e-mail ke webmaster Perusahaan ini.  Disarankan untuk meng-install program antivirus yang bagus, terpercaya, dan selalu di-update.


Demikian surat perjanjian kerjasama penjualan produk di perusahaan ini One Stop e-Muslim Shop ini telah disepakati dan ditandatangani bersama dan dapat dipakai sebagai bukti  tertulis.  Apabila  terjadi  penyimpangan  salah  satu  pihak  sehingga  merugikan  pihak lain dapat diselesaikan secara musyawarah atau diproses secara hukum yang berlaku.


  ,  



Pihak Pertama Pihak Kedua

Pemilik Usaha Bidang E-Commerce Penyedia Barang dan Pemilik Perusahaan ini








------------------------





Saksi I Saksi II


























Hal. 20


Surat Perjanjian Kerjasama

(Perusahaan ini.com BazaaR)


Pada hari ini     tanggal   , dibuat perjanjian kerjasama pemasaran di Perusahaan ini.com BazaaR dengan sistem sewa antara:


1. Nama : -----------------------
Alamat : ------------------------
Telepon/HP : ------------------------
E-mail : ---------------------------

No. KTP : -------------------------------------
No Rekening : (Tunggu pemberitahuan selanjutnya)

Status : Pemilik usaha bidang e-commerce, Perusahaan ini

Disebut sebagai Pihak Pertama (I)


2. Nama :  
Alamat :  
Telepon :   HP :  
E-mail :
No. KTP :  
No. Rekening   : Bank : KCP :
Atas nama :    Informasi pemesanan dikirim via :   Cara mengirim barang : Melalui TIKI
Kirim sendiri *) untuk pemesanan di wilayah :



Melalui jasa pengiriman lainnya :  









*) Tanpa ongkos kirim

Hal. 21


Status : Pemilik merk dagang yang setuju

untuk menjual produknya di Perusahaan ini BazaaR dengan jenis produk :




Disebut sebagai Pihak Kedua (II)



Kedua  pihak  sepakat  melakukan  kegiatan  kerjasama  penjualan  produk  Pihak  Kedua  di PernikMuslim.com BazaaR milik Pihak Pertama dengan sistem sewa.  Yaitu, gratis sewa selama satu (1) tahun pertama atau selama omset per bulan belum melebihi limit (hingga salah  satunya  tercapai  lebih  dulu).  Selanjutnya  dapat  dilanjutkan  ke  jenjang  penawaran berikutnya sebagaimana yang tertera di Lampiran I.


Bentuk kerjasama kedua pihak adalah sebagai berikut:

A. Tugas dan tanggung jawab Pihak Pertama:

a.  Menyerahkan  kode  akses  ke  halaman  administrasi  pada  Pihak  Kedua  segera setelah penandatanganan surat ini.
b. Menjadi perantara jual beli antara pembeli di bazaar. Perusahaan ini.com dengan Pihak Kedua.

c.   Menyampaikan  informasi  pada  Pihak  Kedua  apabila  ada  pemesanan,  berikut nama, alamat tujuan, serta kode pemesanan.
d.  Turut  mengawasi,  menyeleksi  dan  mengedit  informasi  Pihak  Kedua  beserta produknya  agar akurat dan tetap dalam bingkai  yang  sesuai  dengan Al-Quran dan As-Sunnah.
e. Menyediakan space untuk homepage khusus milik Pihak Kedua dengan alamat..com.

f. Turut menjaga kelancaran dan keamanan jalannya situs www. bazaar …………..com.
g.  Turut  menjaga  tingginya  nilai  customer  satisfaction  (kepuasan  pembeli)  agar senang  dan  kembali  berbelanja  di  bazaar. Perusahaan ini..com.  Demikian  pula keutamaan menjaga nilai kepuasan layanan pada Pihak Kedua.


h.  Menjaga  amanah  uang  yang  dikirim  oleh  pembeli  untuk  diserahkan  kepada Pihak Kedua setelah barang diterima oleh pembeli dalam keadaan baik dalam jangka waktu insya Allah paling lambat tiga (3) hari kerja dari  hari diterimanya barang  oleh  pembeli tanpa  dikurangi  sepeserpun  sebagaimana  perjanjian yang telah disepakati.
i. Mengembalikan seluruh uang kepada pembeli yang meminta uangnya kembali (tanpa dikurangi biaya apapun) karena membatalkan pembelian dengan alasan:

1. Barang  yang  diterima  tidak  sesuai  dengan  informasi  yang  ditampilkan  di situs,
2. Barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat.

j. Mengabarkan pada Pihak Kedua jika ada pembeli yang hendak mengembalikan barangnya  untuk  ditukar  atau  uangnya  dikembalikan  karena  terjadinya  salah satu kasus di atas, untuk ditindaklanjuti oleh Pihak Kedua.
k.   Mengabarkan  pada  Pihak  Kedua  melalui  halaman  administrasi  apabila  ada update fitur dan layanan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh Pihak Kedua.
B. Tugas dan tanggung jawab Pihak Kedua:

a.  Turut  menjaga  username  dan  password  yang  didapat  agar  tidak  jatuh  ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Pihak Pertama tidak bertanggung jawab apabila terjadi kekacauan penjualan produk Pihak Kedua yang diakibatkan oleh kelalaian Pihak Kedua itu sendiri. Adapun untuk memperbaikinya, Pihak  Pertama  berkewajiban  untuk  ikut   membantu dengan segenap kemampuan.
b.  Melalui  halaman  administrasi,  Pihak  Kedua  mengirimkan  foto  yang  jelas  dan informasi yang detail mengenai barang yang dijual.
c.   Segera  mengupdate  detail  produk  (terutama  harga,  ukuran,  dan  point-point krusial lainnya) apabila terjadi perubahan.
d.  Menunggu informasi pemesanan dari Pihak Pertama sambil ikut mempromosikan www.. ……………..com.
e.  Jika dikehendaki, dapat mencantumkan alamat situs anda, yaitu
www.. …………...com   pada   kartu   nama   dan   berbagai   media promosi Pihak Kedua.


f. Barang   yang   dijual   harus   ready   stock   atau   Pihak   Kedua   harus   sanggup

menyediakan  barang  pesanan  sejumlah  yang  dipesan,  dalam  jangka  waktu kurang dari dua (2) hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari Pihak Pertama.
g. Apabila Pihak Kedua tidak  sanggup menyediakan barang dalam jangka waktu tersebut,  misalnya  karena  jumlah  barang  yang  dipesan  terlalu  banyak,  maka harap  melaporkan  pada  Pihak  Pertama  serta  memberikan  kepastian  tanggal pengiriman yang dapat dipenuhi.
h.  Mengirimkan barang ke alamat pembeli dalam jangka waktu paling lambat dua hari  kerja  sejak  diterimanya  informasi  pemesanan,  atau  menurut  kepastian tanggal   yang   bisa   dipenuhi   apabila   terjadi   suatu   hal   sebagaimana   yang dideskripsikan pada point (g) di atas.
i. Segera meng-SMS informasi pengiriman kepada Pihak Pertama dengan format:

#
dagang>#kode pemesan#perkiraan tanggal terima oleh pembeli#jasa pengirim#nomor resi (bila ada)Contoh: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#sendiri

Atau: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#Fulan Agency#84910293

Lalu menunggu pengiriman uang dari Pihak Pertama apabila tidak ada penolakan dari pembeli.
j. Bersedia  menerima  pengembalian  barang  yang  ditolak  oleh  pemesan  dan mengirimkan gantinya apabila pembeli minta barangnya ditukar. Segala ongkos kirim ditanggung oleh Pihak Kedua, termasuk ongkos kirim barang dari pembeli kepada  Pihak  Kedua  (ditransfer  ke  Pihak  Pertama  untuk  dikirim  kembali  ke pembeli).  Agar  hal  ini  tidak  terjadi,  Pihak  Kedua  direkomendasikan  dengan sangat  untuk  mengirimkan  informasi  produk  yang  sedetail-detailnya  serta  foto yang sejelas-jelasnya melalui halaman administrasi.
k.   Turut   menyumbang   saran   dan   kritik   membangun   kepada   Pihak   Pertama mengenai situs bazaar. Perusahaan ini..com, dan menjaga performanya.
l. Mendukung layanan Pihak Pertama dengan mematuhi syarat, ketentuan, serta perjanjian  sebagai  Pihak  Kedua,  serta  meningkatkan  layanan  selaku  Pihak Kedua.



C. Jangka Waktu Perjanjian

a. Lamanya  masa  perjanjian  pemasaran  produk  di  Perusahaan ini. BazaaR adalah   satu   (1)   tahun   dari   sejak   diterimanya   kode   akses   ke   halaman administrasi oleh Pihak Kedua.

b. Perjanjian dapat diperpanjang, atau diperbaharui dengan melakukan konfirmasi dan  pemilihan  paket  perpanjangan  (Lampiran  I)  selama  masa  tenggang yang  telah  ditentukan.  Apabila  masa  tenggang  telah  lewat  dan  Pihak  Kedua belum juga melakukan konfirmasi, maka data Pihak Kedua beserta barangnya akan dihapus dari database www.bazaar. ………...com. Adapun untuk mengadakannya   lagi,   maka   diperlukan   perjanjian   ulang   dan   data   harus dimasukkan ulang seperti menjadi mitra baru Pihak Pertama. Penawaran gratis satu tahun pun tak lagi berlaku.
c. Perjanjian  kerjasama   dapat   pula   berubah,   maupun   diputus   sewaktu-waktu menurut  kesepakatan  kedua  belah  pihak  atau  jika  Pihak  Kedua  melakukan pelanggaran  berulang-ulang  berupa  tindakan  yang  merugikan  Pihak  Pertama demikian pula sebaliknya.
D. Lain-lain:

a.  Seiring adanya peningkatan kualitas layanan dan tampilan situs bazaar.…………..com,  segala  metode  penjualan  beserta  isi  situs  dapat berubah  sewaktu-waktu  tanpa  melibatkan  perubahan  esensi  dari  perjanjian antara kedua belah pihak. Apabila Pihak Kedua merasa dirugikan, (misal: foto produk Anda ikut terhapus ketika terjadi perombakan desain situs), maka harap melaporkan hal tersebut pada Pihak Pertama untuk segera diperbaiki.
b.  Dalam penjualan,  hendaknya barang yang dijual disesuaikan dengan permintaan  pasar.  Apabila  arus  permintaan  produk  yang  dijual  oleh  Pihak Kedua sangat deras, maka Pihak Kedua dimohon kesadarannya  untuk segera menambah kuantitas stok yang ada agar tidak sampai terjadi kehabisan barang, sehingga  kegiatan  jual  beli  di  www.bazaar ……....com  dapat  terus  berjalan tanpa ada hambatan, dan pengunjung pun tidak dikecewakan. Lebih bagus lagi bila  Pihak  Kedua  menambah  variasi  produknya  yang  juga  diminati  oleh  pasar untuk lebih menarik banyak konsumen.
c. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mempromosikan situs e-commerce lain yang  mempunyai  jenis  yang  sama  dengan  www.………………..com  dan/atau
www. bazaar. ……………....com di situs www. ……………....com maupun di homepage yang menjadi hak milik Pihak Kedua di www. . ………….com  dengan  alasan apapun.  Contoh: “Produk kami juga tersedia di www.........com dan www..........com”.
d.  Pihak   kedua   tidak   diperkenankan   menggunakan   program-program,   bahasa pemrograman, atau mengirim virus/bug dengan jalan apapun yang mengakibatkan rusak/kacaunya sebagian atau seluruh  situs Perusahaan ini. Pastikan  komputer  yang  dipakai  Pihak  Kedua  bebas dari virus dan gangguan berbahaya lainnya baik sebelum mengakses halaman administrasi  maupun  mengirim  e-mail ke  webmaster Perusahaan ini. Disarankan untuk  meng-install  program  antivirus  yang  bagus,  terpercaya,  dan selalu di-update.


Demikian surat perjanjian kerjasama penjualan produk di www............com One Stop e-Muslim Shop ini telah disepakati dan ditandatangani bersama dan dapat dipakai sebagai bukti  tertulis.  Apabila  terjadi  penyimpangan  salah  satu  pihak  sehingga  merugikan  pihak lain dapat diselesaikan secara musyawarah atau diproses secara hukum yang berlaku.


  ,  

Pihak Pertama Pihak Kedua

Pemilik Usaha Bidang …………….. Penyedia Barang dan Pemilik






----------------------------



Saksi I Saksi II








Sumber: www. pernikmuslim.com

Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini