Selamat tinggal kesedihan (2)



Setelah membaca buku ini…saya berpikir…buku ini sangat mencerahkan buat yang sedang sakit, yang sedang sedih dan sedang ditimpa kesulitan hidup DAN PENDERITAAN, bahkan kemiskinan….saya mengatakan ini adalah kabar gembira buat orang yang sedang sedih
Rangkuman dari tulisan yang terdapat dalam buku selamat tinggal kesedihan..(karya mahmud al-mishri)

SUNGGUH TELAH MENJADI TABIAT KEHIDUPAN BAHWA IA TAK PERNAH SEPI DARI KESEDIHAN, KEKHAWATIRAN DAN KESULITAN. DIA JUGA MENGETAHUI BAHWA ISTIRAHAT YANG SEJATI HANYALAH DI SURGA
KESEDIHAN DAN PENDERITAAN YANG MENIMPA MANUSIA DI DALAM KEHIDUPAN DUNIA MERUPAKAN TABIAT KEHIDUPAN. KARENA DUNIA ADALAH TEMPAT BERBAGAI MACAM MUSIBAH, PENYAKIT, PENDERITAAN, DAN KESUSAHAN. DI SINILAH LETAK PERBEDAAN SURGA DENGAN DUNIA KARENA DI DALAMNYA TIADA KESEDIHAN DAN KEKHAWATIRAN
ALLAH BERFIRMAN …KATAKANLAH SESUNGGUHNYA SEGALA URUSAN ADA DI TANGAN ALLAH..(ALLAH MAHA MAMPU UNTUK MENGGANTI SEMUA KESEDIHANMU DENGAN KEGEMBIRAAN , KEFAKIRANMU DENGAN KEKAYAAN, KELEMAHANMU DENGAN KEKUATAN DAN KEHINAANMU DENGAN KEMULIAAN.
RASULULLAH BERSABDA, AMAL SESEORANG DARI KALIAN TIDAK DAPAT MEMASUKKKANNYA KE DALAM SURGA DAN TIDAK DAPAT MELINDUNGINYA DARI NERAKA, TIDAK PULA AKU, KECUALI DENGAN RAHMAT ALLAH..
AMAL SHALIH MERUPAKAN SEBAB TERPENTING UNTUK MENCAPAI KEHIDUPAN YANG BAIK. IA JUGA MERUPAKAN SEBAB TERPENTING UNTUK MENGHILANGKAN KESEDIHAN DAN PENDERITAAN.
TAKWA ADALAH SEBAB TERBESAR YANG DAPAT MENGUSIR KESEDIHAN, MEMPERBANYAK REZEKI DAN MEMASUKKAN SESEORANG KE DALAM SURGA.
TAKWA YAITU KAU MENJALANKAN KETAATAN KEPADA ALLAH DENGAN PETUNJUK DARI-NYA DAN MENGHARAP PAHALA DARI-NYA. JUGA MENINGGALKAN KEMAKSIATAN KEPADA ALLAH DENGAN PETUNJUK DARI-NYA DAN TAKUT AKAN SIKSA-NYA
AL IMAM ASY SYAFI’I BERKATA “AKU TIDAK MELIHAT KEBAHAGIAAN KARENA MENGUMPULKAN HARTA TAPI KETAKWAAN ITULAH KEBAHAGIAAN SEJATI”
KETAHUILAH BAHWA DENGAN DZIKRULLAH HATI MENJADI TENANG. JENIS DZIKIR YANG PALING AGUNG ADALAH DZIKIR YANG DIUCAPKAN MENJELANG KEMATIAN, YAITU UCAPAN LA ILAHA ILLALAH. KARENA BARANGSIAPA MATI DAN AKHIR KALAMNYA ADALAH LA ILAHA ILLALLAH MAKA DIA MASUK SURGA..
DOA –DOA PENGUSIR KESEDIHAN DAN PENDERITAAN…HAL 38
BERDOALAH KALIAN DENGAN DOA INI. DOA YANG TELAH DIAJARKAN RASULULLAH..HAL 42
DOAKAN SAUDARAMU SUPAYA  DOAMU DIKABULKAN..RASULULLAH BESABDA, DOA SEORANG MUSLIM LAINNYA DARI KEJAUHAN ADALAH MUSTAJAB, DI SISI KEPALANYA ADA MALAIKAT YANG MENGURUS HAL ITU. SETIAP DIA MENDOAKAN KEBAIKAN BAGI SAUDARANYA MAKA MALAIKAT ITU BERKATA, AMIN, SEMOGA UNTUKMU JUGA SEPERTI ITU..
JENIS KESEDIHAN YANG PALING BANYAK DIDERITA MANUSIA ADALAH BERBAGAI MACAM PENYAKIT DAN STES YANG MENYERANG KESEHATAN DAN ANAK MUDA
-MENGETAHUI BAHWA ALLAH MENCINTAIMU, BERKHAYALLAH BAHWA ALLAH SWT TELAH MENGUJIMU DAN BERKATA KEPADAMU SESUNGGUHNYA BALASAN DARI UJIAN INI ADALAH SURGA, TIDAK DIRAGUKAN LAGI BAHWA MANISNYA BALASAN AKAN MEMBUAT LUPA RASA SAKIT YANG SEDANG DIALAMI.
MENGANGGAP RINGAN UJIAN (YAITU DENGAN MEMUJI ALLAH KAERNA UJIAN TERSEBUT HANYAMENIMPA DI DUNIA, BUKAN DI AKHIRAT, JUGA MEMUJI-NYA KARENA DIA TIDAK MENIMPAKAN UJIAN YANG LEBIH BERAT DARI ITU) MENDENGAR KISAH-KISAH ORANG YANG MENDAPAT UJIAN DAPAT MERINGANKAN UJIAN YANG SEDANG DIALAMI
ALANGKAH BESAR PAHALA ORANG YANG SAKIT NAMUN MENGHARAP PAHALA. RASULULLAH BERSABDA BAHWA ALLAH BERFIRMAN APABILA AKU MENGUJI SEORANG HAMBA DARI HAMBA-KU YANG BERIMAN, KEMUDIAN DIA MEMUJI-KU DAN SABAR ATAS UJIAN YANG AKU TIMPAKAN KEPADANYA, MAKA SESUNGGUHNYA DIA BANGUN DARI TEMPAT TIDURNYA SEBAGAIMANA HARI DIA DILAHIRKAN OLEH IBUNYA, BERSIH DARI SEGALA DOSA. (ALLAH JUGA BERFIRMAN, JIKA HAMBA-KU SAKIT,KEMUDIAN DIA TIDAK MENGELUHKAN-KU KEPADA ORANG YANG MENGUNJUNGINYA, MAKA AKU LEPASKAN DIA DARI TAWANAN-KU KEMUDIAN AKU GANTI DAGINGNYA DENGAN DAGING YANG LEBIH BAIK DAN DARAHNYA DENGAN DARAH YANG LEBIH BAIK. SETELAH ITU DIA BISA MELANJUTKAN AMALNYA)
LEBIH BAIK DARIPADA SEORANG PEMBANTU.  OBAT AMPUH BAGI ORANG YANG TIDAK MAMPU MENYELESAIKAN BEBAN RUMAH TANGGA ATAU TIDAK MAMPU MENYELESAIKAN BEBAN PEKERJAAN LAINNYA.RASULULLAH BERSABDA MAUKAH KAMU BERDUA KUBERI TAHU SESUATUYANG LEBIH BAIK DARI YANG KALIAN MINTA, APABILA KALIAN TIDUR MAKA BACALAH TAKBIR 34 KALI, TAHMID 33 KALI TASBIH 33 KALI, KARENA SESUNGGUHNYA HAL ITU LEBIH BAIK BAGI KALIAN DARIPADA SEORANG PEMBANTU
ALLAH AKAN MENGGANTI MUSIBAH YANG MENIMPAMU DENGAN KEBAIKAN, BILA KAU SABAR. SAUDARAKU TERCINTA, JANGAN BIARKAN PANDANGANMU TERTUNDUK LESU KETIKA MUSIBAH MENIMPAMU. TETAPI TATAPLAH KE DEPAN DAN HENDAKLAH KAMU RIDHA TERHADAP QADHA ALLAH TERHADAPMU. KETAHUILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN BAHWA ALLAH TA’ALA AKAN MENGGANTI APA YANG DIAMBIL DARIMU DENGAN KEBAIKAN.
MENDEDIKASIKAN DIRI UNTUK BERIBADAH KEPADA ALLAH. TEPISLAH KESEDIHAN DARI HATIMU DENGAN MELAKSANAKAN PERINTAH-PERINTAH ALLAH. IMAM IBNUL QAYYIM BERKATA, KOSONGKANLAH HATIMU DARI KESEDIHAN DENGAN MENGERJAKAN PERINTAH-PERINTAH-NYA DAN JANGAN KAU SIBUKKAN HATIMU DENGAN APA-APA YANG SEBENARNYA TELAH DIJAMINKAN UNTUKMU. KETAHUILAH REJEKI DAN AJAL ADALAHSEPASANG PERKARA YANG TELAH DIJAMINKAN. SELAMA AJAL MASIH TERSISA PASTILAH REJEKI AKAN DIBERIKAN. APABILA DIA MENAHAN ATASMU (DENGAN HIKMAH-NYA) DARI SUATU JALAN REJEKI, DIA AKAN MEMBUKAKAN UNTUKMU (DENGAN RAHMAT-NYA) JALAN YANG LEBIH BERMANFAAT DARINYA.
DEMIKIANLAH TIDAKLAH ALLAH MENCEGAH REZEKI DARI HAMBA-NYA YANG BERIMAN DI DUNIA, MELAINKAN DIA AKAN MEMBERIKAN KEPADANYA SESUATU YANG LEBIH UTAMA DAN LEBIH MANFAAT DARINYA.  SEDANGKAN MANUSIA KARENA KEBODOHANNYA TERHADAP KEMASLAHATAN DIRINYA, JUGA TERHADAP KEMULIAAN KEBIJAKSANAAN DAN KELEMBUTAN RABBNYA TIDAK MENGETAHUI PERBEDAAN ANTARA APA YANG DIHALANGI DARINYA, DAN APA YANG DISIMPAN DAN DIPELIHARA UNTUKNYA..
KARENA TIDAKLAH ALLAH MENGHALANGINYA DARI SUATU REZEKI, MELAINKAN DIA AKAN MEMBERIKAN GANTI UNTUKNYA. TIDAKLAH DIA MENGUJINYA MELAINKAN UNTUK MENGAMPUNI DAN MENYUCIKANNYA. TIDAKLAH DIA MEMATIKANNYA MELAINKAN UNTUK MENGHIDUPKAN KEMBALI. DAN TIDAKLAH DIA MENGELUARKANNYA KE ALAM DUNIA, MELAINKAN SUPAYA MENGAMBIL BEKAL UNTUK MENGHADAP-NYA.
HATI YANG ISTIQOMAH ADALAH HATI YANG SENANTIASA LURUS DALAM KETAATAN KEPADA ALLAH BAIK BERUPA KEYAKINAN, PERKATAAN DAN PERBUATAN. DENGAN HATI ISTIQOMAH, MAKA MALAIKAT AKAN TURUN UNTUK MEMBERIKAN KETEGUHAN DAN KEAMANAN SERTA KETENANGAN DARI KETAKUTAN TERHADAP ADZAB KUBUR.  HATI YANG ISTIQOMAH AKAN MEMBUAT AMAL DITERIMA DAN MENGHAPUS DOSA.

RASULULLAH BERSABDA, BARANGSIAPA MEMPERBANYAK ISTIGHFAR (DALAM RIWAYAT LAIN: BARANG SIAPA MELAZIMI ISTIGHFAR), ALLAH AKAN MENGGANTIKAN KESEDIHANNYA DENGAN KEBAHAGIAAN, MENGUBAH KESEMPITANNYA DENGAN KEMUDAHAN, DAN MEMBERINYA REZEKI DARI ARAH YANG TIDAK DISANGKA-SANGKANYA
IMAM AR-RAGHIB AL-ASHFAHANI MENERANGKAN , DALAM ISTILAH SYARA , TAUBAT ADALAH MENINGGALKAN DOSA KARENA KEBURUKANNYA, MENYESALI DOSA YANG TELAH DILAKUKAN, BERKEINGINAN KUAT UNTUK TIDAK MENGULANGINYA, DAN BERUSAHA MELAKUKAN APA YANG BISA DIULANGI.
ALLAH BERFIRMAN, DAN PERINTAHKAN KEPADA KELUARGAMU MENDIRIKAN SHALAT DAN BERSABARLAH KAMU DALAM MENGERJAKANNYA. KAMI TIDAK MEMINTA REZEKI KEPADAMU, KAMILAH YANG MEMBERI REZEKI KEPADAMU. DAN AKIBAT (YANG BAIK) ITU ADALAH BAGI ORANG YANG BERTAKWA (THAHA 20 : 132)
ANDA MEMPUNYAI DUA MATA, DUA TELINGA, DUA TANGAN, DUA KAKI DAN SATU LIDAH.  ANDA JUGA MEMILIKI IMAN, ALQURAN DAN RASA AMAN. TAPI DIMANA LETAK SYUKUR KALIAN, WAHAI MANUSIA ??

Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini