CONTOH PROPOSAL FESTIVAL TAMAN KOTA

Festival Taman Kota


Hari Bumi, ……………..









Air sumber kehidupan

















 



 






AIR SUMBER KEHIDUPAN





 
Air adalah bagian mendasar                                        kehidupan. Dengan air dan karbondioksida (CO2) dari udara,                                                        tumbuhan meramu karbohidrat yang merupakah sumber energi                                              dan penyusun tubuh utama berbagai makhluk hidup. Air juga                                                             berperan sebagai sarana
transportasi bahan-bahan makan                      dalam dunia kehidupan, baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Peranan yang kedua ini seakan tidak sepenting sumber makanan, tetapi sebenarnya sungguh mendasar bila kita memahami air lebih
dalam.


Begitu pentingnya air dalam kehidupan, dapat kita lihat dari kenyataan bahwa kita bisa hidup selama dua sampai tiga minggu tanpa makanan (yang sebenarnya sebagian dibuat dari air juga), namun hanya dapat hidup dua sampai tiga hari saja tanpa air. Para ilmuwan pun menyatakan bahwa kehidupan hanya ada di bumi dan tidak di planet lain karena di
bumi ada air!


Tujuh puluh persen bumi kita tersusun dari air, namun hanya satu persen dari air yang ada di bumi dapat dimanfaatkan oleh dunia kehidupan. Namun manusia telah membuat
sumber kehidupan mereka dalam bahaya yang semakin parah. Kita meracuni air permukaan seperti sungai, danau dan air tanah. Dengan teknologi modern, uap air di udara juga ikut diracuni sehingga terjadi hujan asam.  Sungai dibendung sehingga aliran air pada  kehidupan di bagian hilir menjadi hancur. Kita menggunduli tanah dan menutupnya dengan batuan dan aspal, sehingga terjadi kekeringan di musim kemarau dan banjir serta longsor di musim hujan. Dan ironi di atas semua itu, orang-orang yang memiliki akses yang tinggi terhadap air adalah juga mereka yang paling boros.

Kita semua punya peranan dalam merusak air dan bisa mengambil peranan untuk memperbaiki dan melestarikannya. Melalui Festival Taman Kota Hari Bumi 2003, kita semua diundang untuk belajar bersama tentang permasalahan air dan bersama mulai melakukan langkah kecil untuk memperbaiki air untuk bumi kita.


A.Pendahuluan






 
Bencana  air  sungguh  di  depan  mata  kita.  Bila sebelum

Hari  Bumi  2002  kita  dikejutkan  dengan  bencana  banjir dan  longsor maka  setelah  Hari  Bumi  kekeringan  terjadi  di mana-mana.  Di ……… hanya 50% penduduk  yang memperoleh air dari PDAM, sementarasumur bor PDAM telah berhenti berproduksi karenakurangnya air tanah. Akibatnya pelanggan PDAM sekarang hanya bergantung
pada sungai Cikapundung yang sudah sangat tercemar sehingga pengolahannya semakin mahal. Sementara itu mungkin ribuansumur bor terusmenguras air tanahkota ………., orang terus membuang sampah di sungai dan tumbuhanterus ditebang.

Selama ini masyarakatkita selalu menunggu pemerintah atau PDAM berbuat sesuatu untuk menyelamatkan air di bumi kota ………. Namun sekarang sudah terlalu lama kita menunggu. Sekaranglah saatnya setiappribadi mengambil peranmasing-masing.Setiap orang dipanggiluntuk melakukan sesuatu.Tidak ada waktu lagi untuk menunggu orang lain, apalagi menunggu pemerintah.

Itulah semangat dasar di balik perayaan Hari Bumi yang sudah berkembangsejak 22 April 1970. Pada hari itu, lebih dari 20 juta masyarakat di Amerika Serikatmelakukan berbagai bentuk aksi kesadaransecara bersamaan. Aksi ini dipelopori oleh Gaylord Nelson, seorang senator yang telah berjuang bertahun-tahun di parlemen namun tidak berhasil, dan kemudianmemutuskan untuk turun ke jalan berjuang bersama masyarakat biasa.

Sejak saat itu, Hari Bumi dirayakan secara rutin setiap tanggal 22 April. Momentum kesadaran tanggal 22 April 1970 sekarang telah berhasil menggerakkan ratusan juta orang. Hari Bumi telah menjadi jaringan aksi kesadaran tingkat internasional. Pada tanggal 22 April
2003 ini, Anda turut diundanguntuk menjadi bagiandari gelombang kesadaran baru umat manusia yang peduli dengan kehidupanyang lebih baik di bumi ini, serta masa depan anak cucu kita dan seluruh makhluk hidup.


5

B.                ........... dan Hari Bumi



 
Sejak  tahun  1998  ...........  telah  merayakan  Hari  Bumi  secara  rutin.  Tidak mudah untuk mempertahankan konsistensi pelaksanaannya. Keteguhan kami  tidaklain karena kesadaran akan pentingnya membangun momentum  kesadaranuntuk menyelamatkanbumi, khususnya kota ………. Dukungan dari berbagai anggota masyarakat sebagairelawan, donatur dan pendukung lainnyaturut meneguhkan kita. Tahun ini anda diundang untuk turut serta memperbesar momentum kesadaranini.

Sejak tahun 2001, kami me laksanakanperayaan Hari Bumi dalam bentuk Festival Taman Kota. Acara ini diharapkandapat membangkitkan kesadaran lingkungan dalam suasana yang menyenangkan, dengan fokus isu pelestarian lahan hijau di kota ……….

Kami terus berusaha konsisten bahwa pelaksanaanperayaan Hari Bumi haruslah berjalan dengan sebanyak mungkin dukungan lokal. Sebanyak mungkin tenaga, biaya dan sarana - prasarana harus  dapatdiangkat dari kota ………. sendiri. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungandari setiap pihak dan setiap  individu di kota ---- untuk mendukung acara ini dengan caranyamasing-masing.

Di dalam proposal ini Anda dapat menemukan bagaimana lembaga atau perusahaan Anda dapat turut berperandalam mendukung pelaksanaan perayaan Hari Bumi ini. Akhirnya,kami perlu kembali mengangkat bahwa tidak ada waktu lagi menunggu orang lain. Bumi memanggilkita masing-masing untuk turut ambil peranan.

C.                   Hari Bumi 2003 di Kota ……………

Pada   tahun   2003,   Jaringan   Hari   Bumi   Internasional,   yang   berpusat   di   Seattle   AS, mengangkat tema Water For Life. Tema ini dibuat seiringdengan pencanangan Tahun Internasional Untuk Air Tawar (International Year For Freshwater).

Kami sendiri sebagaipenyelenggara lokal mengangkat tema Air Sumber Kehidupan! Tema ini kami angkat karena kami ingin mengangkatpesan bahwa air tidak saja berguna bagi kita tetapi bahwa hidup kita memang sangat bergantungpada air.

Sejak  tahun  2001  kami  melaksanakan  perayaan  Hari  Bumi  dalam  bentuk  Festival  Taman
Kota. Hal ini bertujuan untuk mengaitkan kegiatan Hari Bumi dengan fokus kampanye kami
di kota ………. yaitu penyelamatan lahan hijau. Lahan Hijau adalah bagian yang sangat mendasar untuk  memperbaiki dan  menjaga kondisi bumi kota ………. dan upaya pelestariannya  sangat  sesuai  dengan  misi  ...........  yaitu:  “Mempersatukan kembalimanusia dengan alam, melalui gaya hidup organis berbasis sumberdaya lokal”.

Lahan hijau yang luas dan kualitaslingkungannya tinggi akan berperan besar dalam menjaga  kualitas  udara  dan  sebagai  daerah  resapan  air  kota.  Berbagai bentuk makhlu k hidup lain juga dapat hidup di sana.  Bukankahmerupakan sesuatu yang indah jika kita bisa


6 hidup berdampingan dengan makhluk lain di kota ……….yang indah, sejuk, aman, nyaman, sehat, dan lestari.

Lahan hijau di kota ………. sekarang terus-menerus terdesak. Pada tahun 2001-2002 cukup  banyak pohon dan lahan hijau yangtelah hilang untuk proyek pelebaranjalan maupun pembuatan jalanlayang. Ini dapatdilihat di Jalan………. atas, ……….,   Jalan  ………. dan taman-taman   kota di Jalan ………..

Kami mengajakanda bekerjasama memberikan sinyal-sinyal yang kuat kepada pemerintah dan anggota masyarakatbahwa lahan hijau kota ………. perlu dilestarikan dan ditingkatkan kualitasnya.


D.                         Nama dan tema Kegiatan

Nama kegiatan peringatan Hari Bumi 2003 ini adalah Festival Taman Kota Temayang diangkat dalamkegiatan ini adalah Air SumberKehidupan.


E.                          Tujuan

Tujuan kegiatan peringatanHari Bumi ini adalah:

a.     Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyelamatan Bumi ini secara umum maupun Bumi kota ………. pada khususnya.
b.    Menyebarkan informasi  tentang  pentingnya  air,  berbagai  ancaman  terhadap  air tawardan bagaimana menyelamatkannya.
c.     Melakukan aksi penyadaran tentang penyelamatan lahan hijau di kota ………..

d.    Meningkatkan pemanfaatan Taman  Kota,  yang  merupakan  salah  satu  lahan hijau milik publik yang penting, sebagai sarana aktivitas sosial dan pelestarian lingkungan.
e.    5 Mengumpulka dan bag pelaksanaan hari bumi dan kegiatan  penyelamatan lingkungan lain yang dilakukan ........... di kota ……….. (Lihat lampiran).


F.                       Lokasi dan peserta Kegiatan

Kegiatan  memperingati  Hari  Bumi  ini  akan  dipusatkan  di  Taman  ………..  Kegiatannya akan  melibatkan  siswa,  klub-klub  lingkungan,  LSM  kota  ……….,  relawan  Hari  Bumi, beberapa  petani  pelaku  pertanian  organik,  lembaga  pemerintahan  terkait  dan  masyarakat umum.



G.                      Waktu Pelaksanaan

Kegiatan puncak peringatanhari Bumi akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal ………………, mulai jam …………………..WIB.













Kegiatan




Festival Taman Kota merupakan paduan berbagai acara yang saling memperkuat satu sama

lain dan menyasar berbagai kelompok sasaran.




A. Pendidikan Lingkungan di Taman Kota

Sejak  tahun  1998  ...........  telah  mengadakan pelayanan                  pendidikan    lingkungasecara gratis  di  setiap  hari  bumi.  Tradisi ini tetap kami  lakukan  pada  Hari  Bumi  2003.  Semua pengunjung FestivalTaman Kota dipersilahkan untuk mendaftar dan mengikutikegiatan ini.

Kegiatan  pendidikan  lingkungan  kali  ini  akan berperan memperkuat tema Hari Bumi 2003.
Dengan  tema  “Menelusur  Perjalanan  Setetes  Air”,  peserta  akan  diajak  untuk  memahami siklus airdan berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi pada setiap tahapan siklus air tersebut.   Setelah                 memahami                 hal   tersebut,   kemudian   peserta   akan   diajak    untuk mendiskusikan apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah lingkungan air dalam kehidupankita sehar-hari.

Kegiatan pendidikan lingkungan ini menggunakan metoda pengalaman tangan pertama (first hand  experience),  dengan  menggunakan  berbagai  macam  permainan  yang  menarik  dan menyenangkan. Kegiatan diakhiridengan diskusi tentangperan yang dapat kita ambil dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti   tahun-tahun  sebelumnya, pelaksanaan kegiatan  ini juga bertujuan untuk mempromosikan programpendidikan lingkungan ............       Dengan            mengikuti secara langsung, masyarakat  dapat  melihat  lebih  jelas  manfaat kegiatan ini. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat diikuti oleh anak-anak, dewasa maupun keluarga.




B. Pameran dan Bazaar Produk Organis

Berbagai bentuk produk organis akan disajikankepada pengunjunguntumembukwawasamerekakan keberadaan  dan  keberagaman  produk  organis.  Yang disajikan  tidak  hanya  makanan  dari  pertanian  organis saja tetapi berbagaibentuk produk yang menunjukkan upaya untuk menghasilkan kebutuhan manusia dengan menggunakan bahan dan/atau mekanisme alam.

Sebagian atau seluruhproduk juga akan dijual dengan potongan harga khusus dalam rangka peringatan Hari Bumi.  Sebagian  dari  keuntungan  yang  diperoleh  dari penjualan  akan  ditabung  bagi  pelaksanaan  Hari  Bumi
tahun berikutnya.



C. Café Organis

Café organis menyediakan beberapa macam makanan hasil pertanianorganis (pertanian tanpa bahan kimia dan berusahasebanyak mungkin menggunakan mekanismealami). Makanan yang disediakan sebagian besar cukup murah sehingga sebagian besar   pengunjung  diharapkan  dapat membelinya. Informasi tentang makanan organis juga  akan  tersedia  di  café  ini.  Dan  pengunjung dapat belajar bahwa ada suatu hal penting yang berbeda dari makan di sini dari makan yang mereka peroleh sehari-hari. Perbedaan itu mungkin tidak dirasakan oleh lidah kita tapi tubuh kita dan  bumi  ini  akan  merasakannya.  Keuntungan yang diperoleh dari café ini akan digunakan sebagai modal untuk pelaksanaan Hari Bumi tahun depan.


D. Aksi Pelestarian Lahan Hijau

Ini adalah kegiatanyang baru dilakukan pada tahun ini. Kegiatan aksi ini diharapkan dapat memperkuat perayaan Hari Bumi sebagai sebuah aksi penyadaran. Aksi yang akan dilakukan tahun ini akan mengingatkan masyarakat tentang terjadinya  penebangan  pohon  yang  cukup  marak  pada tahun 2001-2002 dan himbauan agar tidak ada lagi pohon yang ditebangdi kota ……….. Pentingnya masyarakat diajak  berbicara  tentang  rencana  penebangan  pohon  juga  merupakan  pesan  yang  ingin disampaikan melaluikegiatan aksi ini. Kegiatan akan dilakukan dalam bentukpemasangan



pita  yang  bertuliskan  pesan -pesan  lingkungan  pada  pohon-pohon besar di  beberapa ruas jalan utama di kota ………..


E.  Aksi Klub Lingkungan

Salah  satu  produk  kegiatan  ...........  tahun  2001-2002  adalah  klub  lingkungan  yang  mulai tumbuh di beberapa SMP di kota ……….. Kegiatan dengan klub lingkungantelah berjalan sejak sebulan  sebelumn y dala bentu ser diskus tentangberbagai  tema  lingkungan,  diskusi  melalui  internet  dengan  siswa dari  Belanda  serta  pembuatan  poster  berdasarkan  hasil  diskusi. Terkait  dengan  tema  Hari  Bumi,  kami  juga  merencanakan  untuk mengadakan  kegiatan  khusus  berupa  uji  kualitas  air  di  beberapa tempat di kota ………..

Pada  Hari  Bumi  Klub-Klub  Lingkungan  akan  memamerkan  poster hasil  karya  mereka.  Mereka juga  akan  mengelola  stand  tentang Jejak Ekologis di mana para pengunjungFestival Taman Kota dapat mengukur dampak  merekaterhadap lingkungan. Selain itu mereka juga akan berpartisipasi pada aksi pelestarian lahan hijau.


F.  Pameran




 
Berbagai informasidisediakan dalam pameran ini sehingga pengunjungdapat mengetahui apa itu Hari Bumi, berbagai masalah lingkunganair serta prinsip hidup organis dan penerapannya dalam kegiatanini dan kehidupan kita sehari-hari. Tentu saja tersedia   informasi tentang ........... dengan kegiatan-kegiatannya.

Di dalam kegiatanpameran ini, kami juga mengajak para mitra baik dari kalangan LSM, institusi pemerintah maupun swasta untuk turut serta terlibat di dalam pameran.


G. Pertunjukan Kesenian

Kami juga akan mengadakanpertunjukan kesenian yang akan menampilkan   beberapa   seniman   lokal   kota………..   Acara   ini dimaksudkan untuk mengajak berbagai pihak terlibat di dalam kegiatan  serta  guna  meramaikan  acara  dengan  lebih  banyak menarik perhatianpengunjung untuk datang ke acara puncak peringatan Hari Bumi tersebut.







H. Kegiatan Lain

Kurang  lebih  dua  minggu  sebelum  kegiatan,  kami  akan  mengadakan  kegiatan  kampanye lewat  radio  dan  media  massa,  yang  tujuannya  adalah  memperluas  dampak,  agar  lebih banyak  orang  mendapatkan  informasi  tentang  hari  bumi  dan  mempromosikan  Festival Taman Kota.

........... mengundang berbagaipihak yang peduli untuk turut meramaikan Festival Taman Kota. Par mitr mengadaka kegiata sendiri-sendiri,   dan   ...........   memberikan   pelayanan manajemen.
















Bentuk Dukungan






A. Sponsor

Adalah lembaga/perorangan yangmemberikan bantuan pendanaan di atas Rp…………….. Ada  tiga  jenis  sponsor  yaitu:  sponsor  tunggal, sponsor utama dan sponsorbiasa.  Penjelasan lebih jauh tentang ini  dapat dilihat pada lembar penawaran sponsorship.



B. Pendukung

Pendukung adalah lembaga/perorangan yang bentuk bantuannya khusus atau dalam bentuk uang dengan nominal antara Rp…………….. sampai Rp…………………….. Kerjasama antara pemberi bantuan khusus dan tertuang dalam proposal dan perjanjiankhusus. Contoh bentuk bantuan khusus:

a.     Stasiun  radio  yang  memberi  ruang  untuk  penyiaran  ad  lips  (selama  dua  minggu, minimal tiga kali sehari) dan/atau talk showdengan durasi minimal setengah jam.
b.    Pihak-pihak yang memberikan sumbangan makanan bagi para relawanyang bekerja mempersiapkan acara Hari Bumi.
c.     Pihak-pihak atau perusahaan yang memberikan pinjaman kendaraan bagi persiapan

dan pelaksanaan hari bumi.

d.    Bentuk bantuan in kind lainnya.


Nama  atau  logo  pendukung  akan  dicantumkan  pada  poster  dan  baligo  pada bagian  bawah. Ukuran akan disesuaikan dengan desain poster dan baligo.Gambaran peletakan nama/logo dapat dilihat pada lampiran.



C.      Mitra

Mitra  adalah  lembaga/kelompok/perorangan  yang  ikut  serta  menjadi  penyelenggara  atau

mengadakan kegiatan yang terkaitdengan Festival Taman Kota. Contoh mitra adalah:


a.     Kelompok seniman yang mengadakan acara kesenian di lokasi kegiatanFESTIVAL TAMAN KOTA.

b.    Lembaga yang mengadakan pameran kegiatanlingkungan atau kegiatan lainnya di lokasikegiatan FESTIVAL TAMANKOTA.

Mitra dipersilahkan mengatur kegiatannya sendiri, ........... akan memberikan pelayanan pengelolaan kegiatan dasar seperti perijinan lokasi dan koordinasi penempatan kegiatan. Nama mitra akan dicantumkan di dalam baligo dan poster.

Selain itu, kamijuga mengumpulkan dana dengan menjualkupon-kupon kepada masyarakat. Hasilnya akan digunakan untuk mendanai programrutin ........... dan Hari Bumi tahun 2004.
























Organisasi








A. Tenaga Pelaksana
   


Rangkaian  acara    ini merupakan kegiatan yang  digagas oleh Yayasan Pengembangan             
Biosains dan Bioteknologi (...........).           Kegiatan melibatkan para relawan dari masyarakat       
dan            dikoordinir oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (...........).






B. Panitia

Panitia  Hari  Bumi  2003  terdiri  dari  staf  ........... dan  para  relawan.  Para  relawan  ini  adalah mereka yang bersedia mengambiltanggung jawab dan menyumbangkan waktu lebih besar daripada relawan biasa. Umumnya, mereka adalah yang telah beberapa kali menjadi relawan Hari Bumi.  Para  relawan  ini  mengisi  beberapa  posisi  asisten  koordinator.  Program  ini menanggungbiaya transport dan uang saku mereka.

C. Panitia:

a.       Koordinator Umum                             :      ----------
b.      Asisten koordinator umum                 :      ----------
c.       Koordinator Pendidikan Lingkungan      :      ----------
d.      Asisten                                                :      -----------------
e.       Koordinator Café Organis                     :      ----------
f.       Asisten                                                :      ---------



g.      Koordinator Aksi Klub Lingkungan         :   --------------
h.      Asisten                                                   :   -----------------
i.        Koordinator Relawan                              :   -------------
j.        Asisten                                                   :   ------------------
k.      Koordinator Promosi& fund raising        :   ------------------
l.        Asisten Fundraising                               :   ------------------
m.    Asisten Outreach                                   : ------------------
n.      Koordinator riset & materi kampanye   :   ------------
o.      Asisten                                                   :   ----------------
p.      Koordinator Pameran, Bazaar Produk Organis dan Aksi       : --------------
q.      Asisten Bazaar Produk                            :   ----------------
r.        Asisten Pameran dan Aksi                     :   ----------------

Alamat:

Yayasan Pengembangan Biosainsdan Bioteknologi (...........)
Tel.                     : -----------------
Fax                    : ---------------------

E-mail                : ----------------

Contact perso : -------------


D. Pendanaan

Dana yang dibutuhkan dari donatur adalah sebesar Rp ………………. Rincian anggaran dapat diperoleh dari ........... (hubungimelalui telepon atau email).



E.  No Rekening



---------------------------------------





----------- , ---------- 2003
Mengetahui,









-----------------                                                                    --------------------
Koordinator Umum                                                      Direktur Eksekutif ...........



Sumber:http://www.terranet.or.id/mitra/ypbb/dokumen/masukan1399.pdf
Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

Blog Archive

pesan hari ini