cara menghitung Umur Siswa dengan menggunakan Rumus Excel

Postingan kali ini ditujukan berkenaan dengan pekerjaan guru kelas yaitu menghitung rekap umur murid. Sebenarnya penghitungan rekap umur murid sangat mudah untuk dikerjakan secara manual, tapi kadangkala kita membuat kita malas untuk menghitungnya.
Dengan menggunakan rumus excel satu sekolahpun dapat kita kerjakan dan selesaikan dengan mudah dalam waktu singkat. Hanya beberapa clik, dengan sekali membuat rumus, sekali copy dan sekali paste kesemua kolom yang diperlukan, nggak pakai mantra langsung bereeees.
Berikut ini adalah tutorial sederhana namun cukup dibutuhkan, yaitu mengenai rumus / formula menghitung usia / umur di aplikasi microsoft excel.

Pertama tentu saja buka aplikasi excel anda. kemudian kita tulis rumus untuk menunjukkan tanggal hari ini. Rumusnya adalah =TODAY() , ketik rumus tersebut di formula bar.

Anda bisa mengatur format tanggal apakah MMDDYYYY, atau DDMMYYYY, melalui klik kanan pada cell kemudian format cell lalu pilih date, ubah type dan locale sesuai keinginan Anda.

Kemudian Anda masukkan nama atau tanggal lahir data yg anda ingin hitung umurnya. 
 Gambar
 rumus =TODAY() saya tempatkan di cell F1

Kemudian tuliskan rumus berikut di cell D3 =YEAR(F1)-YEAR(C3) , lalu copy rumus ke cell dibawahnya.
 Gambar

ya kurang lebih seperti itu tutorial sederhana ini tentang menghitung umur menggunakan excel. semoga bermanfaat.
Demikian tutorial cara menghitung Umur Siswa dengan menggunakan Rumus Excel

http://jyzeet.wordpress.com/



Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini