THE POWER OF SABAR (dasyatnya sabar)



sumber
Penulis :


Muhammad Sholikhin
Penerbit TIGA SERANGKAI


HIDUP LURUS DENGAN KESABARAN
Sabar adalah menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan, baik dalam menemukan sesuatu yang tidak diinginii maupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disenangi

BERDOA DAN BERUSAHA DULU
Sehingga pertolongan Allah datang, atau memperbanyak karya di dunia demi kemanfaatan dan kemashalatan sehingga pertolongan  dan kemenangan dari Allah akan  hadir

SABAR KETIKA SENDIRIAN
Barang siapa menjauhi para pecinta dunia karena ingin memperoleh rahmat Tuhannya maka Allah akan memenangkannya saat dalam ketakutan, dan Allah akan menjadi sahabatnya dikala sendirian, akan tercukupi keluarganya, serta membuatnya tangguh kuat ketika berada dalam kondisi tanpa teman atau kelompoknya (Biharul Anwar juz 8 hal 301)


ALLAH SANGAT MENGHARGAI seseorang yang mampu bersabar. Bahwa kebajikan dan kedudukan tertinggi diperoleh seseorang karena kesabarannya (Qs..)

SESEORANG baru dinyatakan MUTTAQIN jika memang sudah menjadi..ORANG YANG SABAR DALAM KEMELARATAN, PENDERITAAN, DAN PADA MASA PEPERANGAN.

Sesungguhnya Allah akan membeli dari orang mukmin , baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka

PENGHALANG  menuju kesabaran
  1. tergesa-gesa, manusia harus tenang dan sabar
  2. sikap marah dan emosional
  3. putus asa merupakan hambatan paling besar

YANG BERTENTANGAN dengan kesabaran adalah mengadu kepada sesama mahluk, bersikap emosional, dan suka mengeluh..

KESABARAN DALAM SEGALA KESULITAN YANG BERSIFAT UMUM
Segala kesulitan dan kesempitan hidup, hendaknya kita kembalikan kepada Allah, kita laksanakan kesabaran dengan menahan diri untuk mengerjakan sesuatu yang disukai Allah atau menghindarkan diri dari melakukan sesuatu yang dibenci oleh Nya. Kita tidak mengambil jalan pintas yang dilarang Allah, hanya demi segera hilangnya kesempitan dan kesulitan.

Sufi memprioritaskan kesabaran diatas segalanya. Tidak membenci bencana/cobaan dan tidak merasa senang atas tiadanya cobaan. Ketidak sabaran merupakan ketetapan hawa nafsu yang merupakan ambisi dalam pengumpulan dunia.

Para sufi mengemukakan bahwa kefakiran beserta jenis cobaan seperti sakit, terkena fitnah, kehinaan, kemiskinan, kesulitan kerja dsb dan kesabaran hanya akan menyatu pada diri seorang mukmin sehingga ia tetap mampu melakuan kebajikan di tengah cobaan yang ada (Al fath Ar Rabbaniy , hal 9 )

Merasa dihinakan, diejek sesama manusia, direndahkan dan sejenisnya termasuk ujian seorang muslim, yang menuntut kesabaran, yaitu kelonggaran hati serta sikap suka memberi maaf kepada sesama

SABAR, TAKWA RIDHO
SeMUA KONdisi dalam tinjauan lahiriah mungkin dianggap cacat, berat, dsb. Dalam  hati hamba yang sabar dan rida, memandang sisi baik dari semua yang menimpanya sehingga segala kondisi, ia selalu memuji Allah dan bersyukur kepada Allah

Nabi Saw bersabda “Demi Tuhan  yang jiwaku  berada dalam  genggaman  kekuasaan Nya. Tidaklah sekali-kali  Allah menetapkan sesuatu bagi orang mukmin, melainkan sesuatu yang lebih baik baginya (H R. Ahmad )

2 alasan hamba memuji Tuhan atas kesusahan yang menimpanya
1. Allah membuat sgala sesuatu sebaik-baiknya dan menuntaskan dengan serapi-rapinya.  Allah maha bijaksana, tidak sekali2 melakukannya, melainkan di dalamnya terkandung hikmah
2. Allah lebih mengetahui kemaslahatan kita yang jelas pilihan Allah buat kita lebih baik daripada pilihan kita buat diri kita sendiri.


Kiat meningkatakan kesabaran menuju ke arah ridho
  1. Tidak mengharap dan mengingat apa yang sudah ditentukan bagi dirinya karena hukuman yang paling berat adalah berusaha mendapatkan apa yang tidak ditakdirkan baginya

  1. dalam menyembah Nya janganlah menghendaki balasan Nya. Karena jika hal itu terjadi ibadahnya berarti tidak ikhlas

  1. orang yag ikhlas menyembah Allah karena Ketuhanna Nya dan karena memang hanya Dia yang memiliki hak untuk itu

  1. karena semua pemberian adalah karunia Nya. Maka sikap yang pantas adalah selalu beryukur kepada Nya bukan meminta imbalan atau balasan karena melakukan ibadah atau penyembahan

SEORANG MUJAHID IKHLAS dengan perjuangan di jlan Allah, denga sukarela, harus mengalami penderitaan, kelelahan , penuh dengan debu, mengantuk bahkan terluka.

MENEGUHKAN PENDIRIAN terhadap semua yang menimpa dirinya dari Allah

Allah maha penyanyang, Maha pengasih lagi maha baik kepadanya. Bertafakur. Bahwa yang dipilihkan Allah buatnya adalah yang terbaik dan yang paling utama. Apabila dia mengimami hal itu, tentulah dia kan sabar dan ridha.

TINGKATAN SABAR
Sabar dalam rejeki yang diberikan Allah
Sabar yang tertinggi adalah  sabar dan rida dengn  apa yang telah ditakdirkan dan ditetapkan oleh Allah SWT

Intinya adalah sikap mengubah segala bentuk penderitaan, kesengsaraan, dan kesusahan menjadi kegembiraan dan kenikmatan

“Dan hanya orang-orang yang bersabarlahyang disempurnakan pahalanya tanpa batas (Qs Az Zumar 39)

Menjauhi segala maksiat
Rida ketika datang ketentuan dan takdir
Bersyukur saat datang kenikmatan

            Bagi orang  mukmin, ditetapkan bahwa Allah tidak mengujinya dengna sesuatu demi kemaslahatan, baik dunia maupun akhirat, hingga dia rida dengan cobaan, sabar atasnya, dan tidak bersikap ragu kepda Tuhannya. Allah menyibukkan dengan berbagai cobaan.  Ujian mengandung kebaikan dan nikmat ..pemberian dan ketentraman di dunia dan akhirat.
            TIDAK PERNAH MUNCUL KELUHAN.

            Surga dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disukai dari semua arah. Apabila engkau tidak mengurangi hal2 yang tidak disukai itu , nicaya tidak dapat masuk surga..

            Dan janganlah kamu (merasa lemah dan jangan pula bersedih hati (Qs Ali imran 13 139)
Pahala iman dan amal soleh hanya diterima jika dilakukan dengan kesabaran.

Keuntungan SABAR antara lain :
-Anugrah khusus hanya diberikan kepada orang sabar
-sabar adalah sarana memohon pertolonga Allah
-di surga Allah dan malaikat memberikan salam khusus
-sikap sabar mengakibatkan ampunan Allah dan pahala besar
-Mereka yang bersabar adalah hamba pilihan Allah
-Sabar menjadi salah satu jalan tercepat meraih cinta Allah
Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini