CARA VERVAL PESERTA DIDIK UNTUK MENDAPATKAN NISN PADA LEMBAGA PAUD

Buka laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id , login menggunakan email dan password Dapodik.
Pada tampilan menu verval PD
  1. Menu Referensi : menampilkan jumlah peserta didik yang masuk ke data referensi dan residu dalam bentuk diagram pie serta progress harian vervalpd yang dilakukan operator sekolah
  2. Menu Residu :menampilkan daftar peserta didik tingkat 7 atau 10 yang belum valid
  3. Menu Belum Memiliki NISN :menampilkan daftar peserta didik selain tingkat 7 atau 10 yang belum memiliki NISN
  4. Menu Edit Data :menampilkan fasilitas untuk pemintaan perubahan data NISN dan identitas

Kita akan diberikan grafik verval peserta didik, berapa persen antara data NISN yang sudah valid dan belum valid.

Pastikan siswa baru sudah diinput dalam aplikasi Dapodik dan sudah melakukan sinkronisasi. Siswa baru akan masuk ke dalam database verval pd kurang lebih 2x24 jam.

Klik  Residu untuk melihat data siswa baru.

Selanjutnya klik nama siswa satu persatu dan klik tombol Not Match.

 Akan muncul dialog konfirmasi, klik Ok. Lakukan sampai siswa yang terdapat pada residu habis.

Setelah Residu Kosong selanjutnya pilih menu "Konfirmasi Data". Di dalam Konfirmasi data terdapat nama-nama siswa baru tadi. Jika sekiranya tidak menemukan masalah centang semua nama siswa kemudian klik OK.

Terakhir pilih menu "Referensi" untuk mengecek apakah siswa baru sudah masuk dalam daftar kolektif siswa.



CATATAN

  1. Bagaimana langkah vervalnya apabila Siswa sama sekali belum Punya NISN, ya tinggal klik No Match. karena secara otomatis system memberikan pilihannya hanya No Match, pilihan matchnya tidak aktif.
  2. Terus Apabila Verval Siswa yang datanya berbeda dengan antara Dapodik dengan PDSP, silahkan cek data siswa di bagian atas (dapodik) dan bagian bawah (PDSP), pada bagian mana yang berbeda?kalo contoh dibawah ini yang berbeda penulisan nama. Rovi Adi Irawan (dapodik) dan Rofi Adi Irawan (PDSP), cara mengeksekusinya adalah centang nama Di bagian (PDSP) terus klik Pilihan No Match.
  3. Setelah proses diatas dilakukan Nama Rovi Adi Irawan akan hilang dari Residu dan pindah ke referensi.



CATATAN
  1. Kalau Datanya Sudah Betul tapi belum masuk Referensi padahal di Residu Antara Dapodik Dengan PDSP sudah pas maka pilihannya Match. 
  2. Dan bagaimakah kalau siswa belum masuk ke referensi padahal di dapodik ada, silahkan lihat di dapodik pastikan siswanya ada terus di sync lagi, supaya PDSP mengambil data terbaru anda. ingat Nama, tempat tanggal lahir mengacu pada akte.
  3. Setelah Proses Verval Peserta Didik di Residunya sudah 0% maka, lakukan generate prefil dengan berkordinasi dengan Operator Dinas Setempat untuk mengeneratekan prefill kita selanjutnya kita unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill, selanjutnya replace kan ke folder prefill_dapodik di drive c kompi/lepi kita. buka aplikasi dapodik. lihat NISN siswa yang sebelumnya belum punya NISNnya, apakah sudah masuk atau belum secara otomatis. atau dengan cara manual dengan copas Blok semua kolom di referensi terus copaskan ke excel, masukkan satu per satu NISNnya di aplikasi dapodik.

Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini