Kata Mutiara dari Bruce Lee

Ini adalah kata mutiara dari Bruce Lee, kata bijaksana dari Bruce Lee.Meskipun usianya singkat tapi dia menorehkan sejarah pesona perjalanan hidupnya, tentang gigihnya semangat meraih cita-cita.
Dalam kata mutiara dari Bruce lee ini  terdapat  prinsip kehidupan yang dia anut, kunci meraih kesuksesan ala Bruce Lee, dan juga tentang berhubungan sosial  antar teman.



Jangan ingin menjadi sosok yang kamu tiru. Belajar kelebihannya. Tunjukkanlah dirimu. 
Berjuanglah sesuai dengan potensimu.


prinsip sukses bruce lee

(Bruce lee sendiri tidak dilahirkan dengan bakat dan kekuatan yang luar biasa. Ia adalah seornag lemah yang pada masa kecilnya suka sakit-sakitan. Maksimalkan kekuatan kita, kita boleh meniru semangat , keberanian , sikap mental dan perjuanganna. Tapi jangan sekali-kali berkeinginan menjadi orang itu.)

(Karana sadar punya  kelemahan, Bruce Lee terus belajar tanpa kenal lelah sepanjang hidupnya. Tak ada waktu yang disia-siakan kecuali ia gunaan untuk mengasah dan megnembangkan diri terutama di bidang seni beladiri kungfu dan di dunia film.)

Belajar adalah proses penemuan secara terus-menerus, 
sebuah proses tanpa akhir

Sumber kesuksesan ada dalam diri kita sendiri. Kemampuan kita mengeksplorasi potensi yang akan membawa kita pada seberapa tinggi harapan keberhasilan yang bakal diperoleh. Kita sendirilah yang bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan, kerjakan dan maksimalkan.


Kesederhanaan adalah kunci kecemerlangan (dalam hidup kesederhanaan itu tercermin dalam kecepatan kita merespons sesuatu. Tidak teknis, tetapi responsif. Begitu sederhana. Dan orang-orang cerdas, tidak berlebihan dalam bertindak, tidak membuang-buang  energi yang tak perlu, serta efisien dalam berperilaku. Dan dengan kesederhanaan itulah , kita akan mampu melalui berbagai tantangan, tahap demi tahapan.

spirit of success dari Bruce Lee

Tahu saja tidak cukup, anda harus mengaplikasinya. 
Ingin saja tidak cukup anda harus melakukannya


Ketika meraih prestasi tertentu, wajar bila kita bahagia merayakannya. Mungkin mengadakan pesta kecil yang sederhana sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.


Berbahagialah namun jangan  berpuas diri 

Namun jangan berpuas diri karena perasaan puas cenderung mendorong kita pada kondisi melemahkan. Sebab, saat kita merasa kehidupan sudah mencapai puncaknya dan tak ada tantangan baru yang harus diperjuangkan, ibarat serorang pendaki gunung yang tak punya lagi gunung yang didaki.

kesederhanaan adalah kunci kecemerlangan

Kosongkan cangkirmu agar bisa diisi


Efisien, langsung sederhana. Karena serangan harus tepat sasaran dalam waktu sesingkat mungkin dengan keuatan penuh. Tepat sasaran karena harus persis mengenai tiitk mematikan yang dituju. Simpel karena dialkukan dengan cara apa adanya, spontan dan sederhana. 

(Karena menurut Bruce Lee, setiap bagian tubuh kita bisa menjadi alat yang efektif untuk bertahan dan menyerang.)

Efisien, tepat sasaran dan sederhana adalah kunci memenangkan persaingan. Dengan itu pula kita bisa meminimalkan risiko dan mendapatkan hasil yang maksimal.
kata bijak dari bruce lee


Tugas besar kita bukanlah melihat sesuatu yang berkilau di kejauhan, tetapi melakukan sesuatu terhadap apa yang ada di tangan. 

 (Melihat keindahan rumput tetangga adalah fatamorgana. Saat kita mencoba meraihnya mengkin berhasil, namun sudah pasti akan ada banyak energi yang terbuang. Dan tak jarang, adanya potensi dan kesempatan di tangan , justru tak bisa maksimal.)

(Meniru habis-habaisan, terpukau dengan prestasi orang lain. Sikap membabi buta itu melupakan potensi yang sebenarnya. Mungkin potensi kita kecil tapi suatu saat menenmukan potensi diri dan terus berjuang akan menjadi sesuatu yang luar biasa.)



Kesalahan selalu dimaafkan jika seseorang punya keberanian untuk mengakuinya.  

(Namun banyak orang tengelam hanya karena kesalahan kecil saja. Sejauh berani mengakui kesalahan, bahwa manusia bisa melakukaan kesalahan dan gagal, lalu dengan jiwa besar berusaha bangkit , perbaiki diri, belajar lagi, perkuat mentalitas, agar bisa tegar dan mencoba kesempatan berikutnya.


(Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kelemahan. Sebab bisa jadi, akan muncul berbagai kesempatan yang bisa maksimalkan untuk mencapai sukses dan kebahagiaan.)

Begitu cepatnya gerakan Bruce Lee. Ia tidak berusaha untuk merendahkan orang lain, tetapi menerangkan saripati metodenya.

Jika esok hari kamu tak mau tergelincir, bicaralah kebenaran hari ini,

 Kebiasaan berkata dan berbuat jujur adalah karakter unggulan dalam diri. Tapi sepahit perbuatan jujur yang kita  lakukan, pasti adalah obat yang akan mampu mengoreksi dan mengevaluasidiri agar lebih baik di kemudian hari.


Jangan pernah memalingkan matamu dari lawan, bahkan saat kamu dalam poisisi menunduk

 (jangan lengah) selalu upgrade pengetahuan dan keterampilan. Sehingga apapun tantangan kita hadapi, kita bisa selalu bersiap diri.


Jadilah pemimpi yang dilandasi tindakan nyata. Perjalanan 1000 li dimulai dari 
satu langkah pertama.


Target tak selalu bisa dicapai, tetapi itu adalah hal sederhana yang penting untuk mengarahkan pada titik sasaran menuju kesuksesan.

spirit bruce lee

Jangan takut gagal. Karana kegagalan adalah vitamin bagi orang sukses. 
Jatuh ? Bangun lagi, gagal , bangkit lagi.

Karakter merupakan kualitas moral atau mental seseorang yang menunjukan identitasnya. Ia dibentuk oleh faktor lingkungan, kebiasaan dan kesiplinan diri.


Air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Fleksiber menghadapi berbagai ujian dan cobaan, tegas dan kuat mengahdapi tangangan, serta selalu mampu membawa kebaikan, bagi diri sendiri, semua mahluk hidup, dan lingkungan. Sehingga hidup akan lebih seimbang, 
berarti dan bahagia.


Jauh lebih penting, melakuan satu macam pekerjaan yang kita punyai dan sukai. Fokuskan tenaga dan pikiran di situ.

Saya tidak takut seseorang yang berlatih sepuluh ribu jenis tendangan tapi saya takut seseorang yang telah melatih satu macam tendangan  sebanyak seribu kali.


(Menggunakan waktu yang tepat adalah memanfaatkan sesuai dengan apa yang telah ditentukan sebelumnya. Menghamburkan waktu asdslah menyiakan tanpa rencana dan sembarangan.)

Memahami seseorang bisa dilakukan dengan mempelajari orang tersebut 
saat bersikap terhadap orang lain.

kata mutiara dari Bruce lee

Cepat marah akan membuat kebodohan anda cepat terlihat. 

Rasa marah menutup diri kita dari pendapat, nasihat atau masukan orang lain yang bisa jadi merupakan solusi yang kita cari.  Seorang pemarah sering kali tampak bodoh dan tak bisa menyelesaikan masalah yang terlihat sepele. Orang penyabar tak akan kehilangan akal sehatnya sehingga lebih mudah melakukan instopeksi diri demi kemajuan hidupnya.


(Marahlah yang terkendali, sehingga kita mampu mengendalikan nalar agar tidak bisa kehilangan akal sehat dan bisa memetik manfaat. Kita bisa marah (dengan terkendali) untuk memberi pelajaran pada seseorang atau sekelompok orang. Dan tentu saja ada waktu yang  tepat melakukannya agar kemarahan tersalurkan pada hal yang berbuah kebaikan.

Gunakan hanya apa yang berguna, dan ambillah dari mana saja yang ibsa anda temukan. Ambil apa yang berguna, tolak yang tak berguna, dan tambahkan apa akan menjadi ciri khasmu.


Air ini benda  yang paling lembut di dunia, dapat menyesuaikan dirinya pada setiap tempat. Meskipun tampaknya lemah, dia menyelusup sdalam-dalamnya ke dalam benda yang paling keras di dunia. Memukul air tidak terasa  sakit.  Mencoba menggenggam air, tetapi tidak tertangkap.
kata mutiara dari Bruce Lee


Jika kamu terlalu lama memikirkan sesuatu, kamu tak akan pernah mendapatkannya. Mari berani, berani berpikir sekaligus berani bertindak segera. Kesempatan datang bisa kita manfaatkan untuk mencapai sukses yang sebenarnya.

Jangan habiskan energi untuk khawatirkan atau pikiran-pikiran negatif. Karena sejatinya, semua masalah berawal biasanya dari pikiran negatif, maka buang semua itu. Khawatir, takut gagal itu wajar, tapi itu hanya menghabiskan energi untuk memikirkannya. Dan itu disebut penyakit miskin mental. Mari arahkan pikiran dan sikap positif keseharian atau memupuk kaya mental. Sehingga kita mampu menghadapi berbagai kondisi, seberat apapun, dengan optimisme, kerja keras dan perjuangan mati-matian, untuk meraih kemenangan seperti yang kita harapkan.

Setidaknya buat langkah nyata setiap hari menuju target anda. Dimulai dari perencanaan dan kemudian jangan lupa susul tindakan nyata mengejarnya, meskipun dimulai dengan langkah kecil.

Jadilah seperti cermin. Mengukur kekuatan diri sekaligus berkaca dari kekuatan lawan. 
Dari situlah , ia tahu apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan lawan.

Semakin banyak membantu orang lain. Seperti hukum alam, banyak memberi banyak menerima.

 Kamu harus menerima kenyataan bahwa tidak ada pertolongan, kecuali menolong diri sendiri.

Saya menciptakan kesempatan 

Kekalahan bukanlah kekalahan, kecuali diterima sebagai kenyataan di dalam
 pikiran anda sendiri.  

(Micahel Jordan  pernah gagal lebih dari 9000 kali memasukan bola selama kariernya. Namun kegagalan itu tak pernah mematikan semangatnya untuk berlatih memperbaiki kearutannya. Colonel Sandern pernah gagal 1000 kali saat menawarkan resep masakannya.)

kata mutiara dari Bruce Lee

Kungfu itu dasar kehidupan
1. Tidak menjadi tegang, tetapi  selalu siap.
2. Tidak berpikir, tetapi tidak diawang-awang
3. Tidak kaku, tetapi fleksibel
4. Bebas dari rasa cemas adanya keterbatasan
5. Menjalani hidup dengan tenang namun penuh kehati-hatian, serta selalu waspada, siap menghadapi apa pun kemungkinan yang akan datang.


Perkelahian yang bagus seperti sebuah permainan, tetapi dimainkan dengan serius. 

(Setinggi apapun ilmu beladiri kita, tapi kita menjalani perkelahian dalam kondisi tegang, maka ilmu dan keterampilan kurang bisa berkembang. Itulah pikiran yang rileks seperti anak yang bermian, akan mendatangkan kekuatan. Rileks, bergerak sebebasnya, spontan, namun waspada dan menguasai situasi.)

Santai namun waspanda. Selalu penuh senyum dan canda, namun tetap fokus pada tujuan. Kita akan jadi pribadi pribadi yang mampu memenangkan banyak pertarungan.


Sikap dan perilaku yang dipaksa dan diulang terus menerus sampai menjadi kebisaaan, sehingga sikap kaya mental itu menyatu dengan diri kita dan kemudian menjadi karakter kita.  Berubah dimulai dari dalam ke luar.  Sehingga segala tantangan dan rintangan akan bisa kita taklukan dengan penuh keyakinan.


kata bijaksana dari Bruce Lee

 kita punya target yang ingin dicapai. Begitu target telah dicapai, anggap itu pencapaian tertinggi yang telah kita raih. Nikamti dan syukuri. Lalu buat target yang lebih tinggi. Sesungnguhnya masih banyak puncak yang ibsa kita daki, kita sndirilah yang harus menentukan batasannya.  Selama masih diberi kesempatan hidup, kita masih bisa pancangkan target baru yang lebih tinggi dan selalu berusaha mencapainya.


    zona nyaman kerapkali memerangkap kita. Adanya fasilitan, kemudahan dan berbagai hal selalu mendukung langkah bisa memanjakan kita. Tapi dengan adanya hukum perubahan, semua kemungkinan terjadi pergeseran. Dan dikala kenyamanan serasa membuai, kita tidak akan siap, saat semua hilang dari gengaman, akibatnya semua berujung pada kenespataan. Karena itu dibutuhkan kesiapan diri, baik mental dan spiritual dalam menghadapi berbagai perubahan. Sebab  hukum perubahan pasti terjadi.

Maka sebelum kegelapan datang, mari siapkan cahaya-cahaya kehidupan untuk menerangi jalan menuju ke arah tujuan kita.  

Sehingga bagaimana gelapnya jalan yang dilalui, kita akan sanggup melewaitnya dengan tetap berfokus pada cahaya tumuan. Dengan begitu langkah  akan semakin mantap, tekad selalu bulat, sehignga kemenangan akan terus kita ukir dalam setiap perjalanan kehidupan

kata mutiara dari Bruce Lee

Jeet kune do merupakan seni beladiri yang mengutamakan kecepatan, ketepatan, efisiensi, fleksibilitas dan spontanitas. Semua gerakan yang tidak efisien dan efektif akan ditinggalkan.

Ketika terlibat pertarungan, setiap orang punya reaksi yang berbeda-beda. Tak ada cara yang sama untuk mengalahkan setiap lawan. Setiap lawan punya reaksi yang berbeda ketika menghadapi situasi yang sama.

Satu-satunya cara agar mampu bertahan dan memenangkan setiap petarungan adalah kita harus selalu siap dengan segala kemungkinana, baik menghadapi datangnya serangan maupun kapan waktu menyerangnya.

Orang bijak bisa belajar banyak dari pertanyaan konyol. Dibanding orang bodoh yang mampu belajar dari jawaban bijak.


Ilmu akan memberimu kekuatan, sedangkan karakter akan memberimu rasa hormat, 

(banyak kisah pejabat tinggi yang tentu memiliki kapasitas dan kredibilitas tinggi, terjerubus dalam kubangan materi. Sehingga kedukan tinggi, justru mendatangkan  caci maki, korupsi , polistisasi hingga rebutan kursi menandakan banyak orang berilmu tinggi tak punya harga diri.

 maka agar kesempatan tidak terbuang percuma, kita harus selalu menyiapkan diri sebaik mungkin. Kita waspadakan seluruh gerak pancaindera, agar saat kesempatan tiba, kita mampu bergerak, bertindak dan segera mengambil manfaatnya demi kebaikan bersama.
kata mutiara dari Bruce Lee

Jangan berdoa meminta agar hidup dimudahkan, 
berdoalah agar diberi kekuatan mengatasi kesulitan. 

Mari kita butuh doa dan mental baja untuk menghadapinya. Jangan berdoa agar hidup dimudahkan, berdoalah agar diberi kekuatan mengatasi kesulitan.


sumber dari buku : 40 spirit sukses seorang Bruce Lee
Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini