10 cara MEMBANGUN MENTAL PANTANG MENYERAH

Di  Millenium ketiga ini persaingan di berbagai bidang akan semakin ketat. Bila anda tidak ingin kalah, anda perlu memiliki mental pantang menyerah. Atasilah semua hambatan yang ada di dalam dan hadapilah semua rintangan di depan anda. Ini adalah sepuluh kiat yang sangat berguna bagi anda, untuk membangun mental pantang menyerah, dan bersumber dari kartu pintar Viki Victory.


1.       Kalau anda merasa punya kecenderungan mudah menyerah, maka langkah pertama yang paling penting adalah mengakui kelemahan itu. Dengan menyadarinya anda akan lebih siap untuk memperbaikinya.

2.       Motivasilah diri anda untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Perhatikanlah atlet yang berprestasi gemilang, artis yang berbakat cemerlang atau karyawan yagn karirnya terus menanjak. Mereka umumnya memperjuangkan apa yang ingin diraihnya dengan daya dan upaya yang optimal. Sebaliknya, orang-orang yang mudah menyerah, mudah frustasi dan mudah putus asa adalah orang-orang yang gagal

3.       Berpikirlah bahwa anda bisa dan akan berhasil meraih apa yang anda inginkan. Keyakinan ini akan membuat anda lebih efektif dibandingkan bila anda terlalu mengantisipasi kemungkinan buruk. Menurut para ahli , orang yang optimis mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil dibandingkan dengan orang yang pesimis. Mengapa ?   Karena keyakinan yang positif akan mempengaruhi mental dan fisik secara signifikan untuk mendapatkan apa yang diyakininya.


4.       Arahkan mata anda pada tujuan, bukan pada hambatan. Bila anda memandang pada tujuan, maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya, bila anda terfokus pada hambatan, anda akan mudah kehabisan daya juang.

5.       Beranilah mengambil resiko. Hadapi dan alamilah pengalaman dan petualangan baru. Keberanian yang benar bukan seperti orang yang terjun bebas ke jurang, tapi seperti orang yang menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yang memadai. Kalau anda tidak berani mengambil resiko, tentu saja anda berada di tempat yang aman, namun anda tidak akan berkembang.

6.       Hadapilah semua tantangan dengan keberanian. Anggapilah tantangan sebagai ‘Sparring partner’ yang akan membuat anda semakin kuat, bukan sebagai raksasa yang menelan anda. Semakin banyak tantangan, semakin berani menghadapinya, maka semakin terbentuk karakter yang kuat.

7.       Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa anda tidak akan berhasil bila pada usaha pertama anda mengalami kegagalan. Belajarlah dari kegagalan agar usaha anda berikutnya lebih bermutu. Dan kalau anda mengalami kegagalan lagi pastikan itu kegagalan yang lebih bermutu dari kegagalan sebelumnya sehingga usaha anda selanjutnya akan lebih bermutu lagi.

8.       Teruslah berusaha. Tidak ada yang lebih kuat untuk mendobrak rintangan-rintangan selain kegigihan. Ingatlah filosofi air yang bisa melubangi batu dengan tetesan yang terus menerus.

9.       Imbangi kegigihan anda dengan pemikiran yang kreatif. Bila perjalanan anda terhalang oleh batu cadas. Anda tidak perlu membenturkan kepala anda membuktikan bahwa anda pantang menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaimana cara mengatasinya. Carilah jalur alternative.

10.   Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi anda. Belajarlah dari kesalahan dan kegagalan orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri. Dengan cara itu anda menghemat banyak sekali waktu dan energi anda yang sangat berharga.


477 kata
Artikel Terkait

kata bijak

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

TAS, SEPATU, BAJU, DISTRO BANDUNG

alt/text gambar

pesan hari ini