Cerebral Palsy

Dapat dikatakan bahwa fase kehamilan seorang ibu sangat menentukan kualitas yang dilahirkannya karena pada fase itu, janin terkofigurasi. Banyak “dosa asal” bayi yang didapatnya sejak dan kandungan, seperti hydroCePalus pneumonia dan penyakit satu ini, Cerebral Palsy. Saat ini, data mencatat bahwa jumlah anak Indonesia yang menderita Cerebral Palsy lebih dan seribu anak per satu juta kelahiran. Jumlah itu teruS berkembang dari tahun ke tahun, menimbulkan kengerian dan kegetiran bagi setiap orang tua.


Cerebral Palsy (CP) adalah gangguan kontrol terhadap fungsi motorik karena kerusakan yang terjadi pada otak yang sedang berkembang. Bisa terjadi saat masih dalam kandungan (75%), saat proses kelahiran (5%) atau setelah dilahirkan (15%). Karena sebagian besar CP diperoleh saat dalam kandungan, banyak anggapan bahwa penyakit ni merupakan penyakit tururan. Padahal, penyakit ni bukan penyakit keturunan.
Penyebab CP sampai saat ini belum diketahui, diduga terjadi karena bayl lahir prematur  sehingga bagian otak belum berkembang sempurna, bayi yang lahir tidak langsung menangis sehingga otak kekurangan oksigen, atau karena adanya cacat tulang belakang dan pendarahan di otak. CP merupakan penyakit yang didaPat. Artinya, pada awalnya, otak  berfungsi normal kemudian mendapat serangan atau gangguan entah itu berupa virus atau bakteri yang menyebabkan radang otak atau penyakit lain.
Pengelompokkan
Secara umum CP dikelompokkan dalam empat tipe. yaltu spastic, athetoid, hypotOfliC. dan tipe kombinasi. Pada tipe spastic atau kaku-kakU, pendenta bisa terlalu lemah atau terlalu kaku. Tipe spastic adalah tipe yang paling sering muncul, sekitar 65°/o penderita CP masuk dalam tipe ini.
Athetoid ditandai oleh ketidakmampuan penderita mengontrol gerak ototnya, biasanya mereka punya gerakan atau posisi tubuh yang aneh. kombinasinya adalah perpaduan antara spastic dan athetoid.
Sedangkan hypotoflic biasa diderita anak-anak dengan gejala otot-ototnya menjadi sangat lemah sehingga seluruh tubuh selalu terkulai. Biasanya berkembang jadi spastic atau athetoid. CP juga bisa berkombmnasi dengan gangguan epilepsi gangguan mental, menurunnya kemampuan belajar, penglihatan. Pendengaran. Maupun bicara.

(Sumber : Harmony desember 2010)
Katagori : kesehatan, anak,
Tag : kesehatan, anak, cerebal palsy

Artikel Terkait

kata bijak

pesan hari ini