PROPOSAL KERJASAMA
PESERTA ……. BOOK FAIR 2009
A. Nama Kegiatan
Ilmu ….. Book Fair 2009. Guyub Rukun Nyambut Ramadan 1431 H.
B. Pelaksanaan
19 Agustus 2009-25 Agustus 2009.
C. Tempat Pelaksanaan
Komplek Balai Rakyat ................... (utara alun-alun ...................).
D. Penyelenggara
Ilmu Event Organizer bekerjasama dengan ………….. media, lembaga-lembaga sosial dan dakwah di ...................
E. Kategori
Buku : buku-buku Islam, buku seni, buku anak-anak, peta, travel guard, science and technology.
Teknologi : CD, VCD, DVD, kaset, komputer, HP, dan sebagainya.
Lain-lain : majalah, stationary, konveksi, Tibbun Nabawi, dan sebagainya.
F. Fair Management
Ilmu Event Organizer
Office : ……….
Tlp. …………..
CP :
Email : ………….. Media
Office : ……
CP :
Email :
G. Pembukaan
Tanggal 19 Agustus 2009, dengan melaksanakan pawai menyambut ramadan bersama lembaga dakwah dan pendidikan sekabupaten ................... serta ormas-ormas Islam yang lain.
H. Pendaftaran
Pembukaan pendaftaran mulai tanggal 1 Juli 2009 sampai dengan 1 Agustus 2009, dengan mengisi form kerjasama yang dilampirkan.
I. Kesertaan
Bentuk-bentuk kesertaan yang kami tawarkan meliputi:
a. Sewa stan,
b. Penitipan produk,
c. Lain-lain sesuai dengan kesepakatan bersama.
a. Harga Sewa Stan
1. Stan makanan : Rp……………..
2. Stan tipe I : Rp……………..
Stan tipe II : Rp……………..
Stan tipe III : Rp……………..
Stan tipe IV : Rp……………..
Stan tipe V : Rp……………..
Peserta dapat menyewa lebih dari 1 stan dengan harga tetap tiap stannya.
b. Penitipan Barang
Bagi penerbit yang bermaksud menitipkan ptoduk, maka penyerahan produk maksimal 20 Juli 2009. Adapun besaran produk yang diberikan antara 20%-80%.
J. Pembayaran
Jangka waktu pembayaran biaya sewa stan adalah sama dengan pengembalian form pendaftaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui
Bank :
Cabang :
Atas nama :
K. Pembatalan
Peserta yang telah mendaftar dan melunasi administrasi kemudian melakukan pembatalan dengan alasan apapun panitia hanya akan mengembalikan setengah dari uang yang telah dibayarkan.
L. Fasilitas
a. Ruang stan 33 meter
b. Fasilitas-fasilitas stan, antara lain :
1. Alas stan berupa karpet,
2. Listrik, maksimal 80 watt,
3. Kebersihan dan keamanan,
4. 1 set meja dan kursi.
M. Publikasi
................... Book Fair dipublikasikan melalui media masa spanduk, poster, brosur, media elektronik.
N. Akomodasi dan Pengangkutan
Akomodasi dan pengangkutan barang ditanggung oleh peserta.
O. Acara dan Festival
Bentuk acara berupa seminar, acara–acara Islam, meliputi pelatihan, bedah buku, festival/lomba-lomba, buka bersama dan lain-lain.
P. Lain–lain
Segala hal yang belum tertuang dalam proposal ini akan disampaikan kemudian.
Q. Penutup
Demikian surat penawaran kerjasama ini kami buat demi tercapainya kerjasam yang sinergi antara panitia dan pihak pengusaha, atas kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.
PROPOSAL SPONSORSHIP
A. PENGANTAR
Kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan, krisis dimensional yang tanpa ujung terjadi dimana-mana. Selalu ada persoalan setelah satu persoalan terselesaikan. Bahkan terkadang satu persoalan bersimpul dengan persoalan yang lain sehingga terkesan tidak berkesudahan. Islam mampu memberi jalan keluar bagi persoalan yang sedang dihadapi bangsa bukannya memberikan kekerasan: “Sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi (QS. Al-A’raaf: 96). Ini pun belum cukup, harus mensyaratkan ilmu dan iman: ”Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat (QS. Al-Mujadilah:11). Ilmu hanya bisa didapat dengan membaca dan menulis. Bacalah (QS. Al-Alaq:3-4) dan Rabb-mu Maha Pemurah. Yang mengajar manusia dengan pena, dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis (QS. Al-Qamar:53).
Nah, buku-pameran buku, penulisan buku, pembacaan buku, menemukan relevansinya di sini. Oleh karenanya pameran buku Islam patut dilaksanakan untuk menggemakan kebangkitan menuju kemuliaan mengingat janji Allah di atas.
B. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan : Ilmu ................... Book Fair 2009.
Tema : Guyub Rukun Bangkit Bersama Meraih Kemuliaan Ramadan.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah:
a. Wahana mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
b. Memasyarakatkan buku dan ikut berperan serta dalam menumbuhkan budaya membaca.
c. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan membaca untuk kehidupan yang lebih baik.
d. Meningkatkan kreatifitas masyarakat dengan berbagai festival yang diselenggarakan.
D. PELAKSANAAN
Acara ini dilaksanakan pada:
Waktu : 19 Agustus 2009-25 Agustus 2009
Tempat :
E. PENYELENGGARA
Ilmu Event Organizer “The light of Ummah” bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial, dakwah, dan ………….. Media.
F. PESERTA
Pameran ini akan diikuti oleh:
a. Penerbit buku, distributor, dan toko buku Islam.
b. Distributor/agen kaset/VCD Islam.
c. Lembaga sosial da’wah sekabupaten ....................
d. Stationary/merchandise Islam.
e. Produsen/distributor obat herbal.
G. PENGUNJUNG
Berdasarkan perhitungan pada event sejenis dan juga jaringan lembaga sosial dan dakwah yang tergabung, ................... Book Fair 2009 menargetkan 500 pengunjung per hari atau total 3.500 pengunjung selama pameran. Adapun pengunjung berasal dari kota ................... dan kabupaten terdekat, meliputi:
a. Para pendidik, profesional, pelajar, dan mahasiswa,
b. Pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat,
c. Alim ulama, santriwan dan santriwati,
d. Masyarakat umum.
H. PROGRAM ACARA UNGGULAN
a. Pembukaan Pawai Sambut Ramadan bersama.
1. Lembaga pendidikan Islam sekecamatan Kota ....................
2. Lembaga sosial dan dakwah.
3. Remaja masjid.
4. Taman Pendidikan Al-Qur’an.
b. Festival/lomba.
1. Membuat buletin.
2. Membuat mading.
3. Desain logo dan materi kaos.
4. Desain video animasi.
5. Lomba mewarna, bersyair dan menyanyi (PADU, TK, dan SD).
c. Pelatihan memasak kue brownies.
d. Bedah buku.
e. Penutup tablig akbar bersama ustadz .........dari ...................
f. Pelatihan MURI bersama ustadz ……
g. Nonton bareng film Islami.
I. PROGRAM PROMOSI DAN PUBLIKASI
Untuk menunjang pelaksanaan pameran, panitia penyelenggara melakukan publikasi dan promosi acara melalui berbagai media yang meliputi:
a. Media cetak
1. Josh Pariwara.
2. Radar ....................
b. Media elektronik
1. Radio Josh.
2. Radio Perkasa FM.
3. dan media elektronik yang lainnya.
c. Jaringan lembaga sosial dan dakwah.
d. Out door
1. Baliho : lembar
2. Spanduk rentang : lembar
3. Vertical banner : lembar
4. Pamflet : lembar
5. Leaflet : eksemplar
6. Stiker : lembar
7. Umbul-umbul : lembar
J. SPONSORSHIP
Panitia penyelenggara menawarkan paket kerjasama kepada perusahaan dalam event tersebut dalam bentuk sponsorship. Adapun bentuk sponsorship yang kami tawarkan adalah:
a. SPONSOR UTAMA
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan 70% dari total anggaran.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
1. Stand display produk serta pemasangan atribut perusahaan.
2. Nama dan logo perusahaan tercantum pada sebagian besar media publikasi meliputi brosur, pamflet, tanda panitia, spanduk, dan baliho back drop, MC announcement, (ukuran lebih besar dan mencolok).
b. SPONSOR MENENGAH
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan 30% dari total anggaran.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
Nama dan logo perusahaan akan dicantumkan pada brosur, pamflet, baliho, spanduk, back drop, tanda panitia dengan ukuran yang disesuaikan.
C. SPONSOR UMUM
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan senilai paket iklan atau pos anggaran yang telah dicantumkan dalam daftar anggaran, misal spanduk, souvenir, piala, dan sebagainya.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
1. Nama dan logo usaha bebas dan tercantum dalam produk/pos anggaran yang dimaksud.
2. Nama dan logo perusahaan tercantum dalam baliho dan back drop.
K. LAIN-LAIN
Segala hal yang belum tercantum di proposal ini kami lampirkan di halaman selanjutnya.
L. FAIR MANAGEMENT
Ilmu Event Organizer
Office: …..
Tlp. CP :
Email : ………….. Media
Office :
Tlp. CP :
Email :
M. PENUTUP
Akhirnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan mendukung suksesnya acara ................... Book Fair 2009 ini. Semoga acara ini tidak hanya menjadi pembelajaran dan kegiatan yang bermanfaat dan menguntungkan, tetapi juga sebagai perluasan relasi dalam interaksi sosial.
..................., 15 Mei 2009
Panitia ................... Book Fair 2009
Ketua Panitia Sekretaris
Lampiran I
KETENTUAN SPONSORSHIP
A. KETENTUAN UMUM
1. Proposal masuk untuk dipertimbangkan.
2. Jawaban diterima selambat-lambatnya satu bulan kemudian. Apabila perusahaan berkenan menjadi sponsor, jawaban diberikan dengan mengisi formulir yang terlampir dan langsung terdaftar sebagai sponsor.
3. Segala bentuk pelanggaran akan diselesaikan secara kekeluargaan.
4. Hal teknis lainnya disampaikan kemudian.
B. SYARAT PEMBAYARAN
1. Pembayaran I adalah minimal 50% dari biaya yang disepakati, pada saat kontrak ditandatangani.
2. Pembayaran II sebesar 50% selambatnya diberikan 20 hari sebelum acara dimulai.
3. Apabila pada tanggal tersebut pembayaran kedua belum dipenuhi pihak sponsor, maka panitia berhak memasang iklan sponsor ke dalam ukuran, jumlah dan jenis iklan yang ditentukan panitia penyelenggara ................... Book Fair senilai dengan pembayaran pertama.
4. Pelaksanaan pembayaran adalah tunai atau dapat berupa barang.
C. FORCE MAJEUR
Dalam keadaan Force Majeur yang disebabkan antara lain huru-hara, bencana alam, pemogokan serta hal-hal lain di luar kemampuan panitia, sehingga mempengaruhi dan mengakibatkan tertundanya pelaksanaan pameran, maka semua pihak tidak berhak atas ganti rugi.
PAKET SPONSORSHIP
No. Paket Iklan Ukuran/Tempat Tarif (Rp) Keterangan
1 Kaos panitia
3 40 potong Lengan kanan dan kiri Menyediakan 2 sponsor
2 Spanduk biasa 10 buah
0,90 m 6 m Spanduk utama 80cm100 cm
Spanduk pendukung
40 cm400cm 1 sponsor utama
4 sponsor pendukung
3 Spanduk selamat datang 2 buah
0,90 m 6 m Bebas 1 sponsor
4 Baliho 3 buah
3 5 m ¼ bagian untuk sponsor Semua sponsor
5 Pamflet
2.000 lembar, Rp…………/rim ¼ bagian untuk sponsor Sponsor tertentu
6 Stiker
1.000 lembar @ Rp………… Bebas
Sponsor tertentu
7 Souvenir dan piagam
a. Paket belanja (kupon belanja)
b. Piala 3 buah 10 event @ Rp…………
Bebas
Bebas
Sponsor tertentu
8 Tas belanja
1.000 buah Rp………… Sponsor tertentu
9 Kaos door prize
500 Rp………… Lengan dan punggung Sponsor tertentu
ANGGARAN BIAYA
I. ADMINISTRASI
1. Pengadaan dan penggandaan proposal : Rp………………..
2. Undangan (fotocopy dan amplop) : Rp………………..
3. Transportasi dan komunikasi : Rp. .
Rp……………
II. BIDANG PERLENGKAPAN
A. STAGE DAN PERLENGKAPAN
Gedung : Rp………………..
Diesel : Rp………………..
Sound system : Rp………………..
Karpet : Rp………………..
Meja dan kursi lengkap (100…………..) : Rp………………..
Panggung : Rp………………..
Sewa rak : Rp………………..
B. SERAGAM PANITIA
…………..40 orang3 : Rp………………..
C. CO CARD PANITIA
…………..40 orang : Rp………………..
D. PIALA/TROPI
310 event………….. : Rp………………..
E. SOUVENIR/TAS
1.000………….. : Rp………………..
F. DOOR PRIZE
1. Televisi : Rp………………..
2. Compo (2 Rp………………..) : Rp………………..
3. Flashdisk/MP3 player (10 Rp………………..) : Rp………………..
4. Buku-buku : Rp………………..
5. Kaos (Rp……………….. 200) : Rp………………..
G. TRANSPORTASI
Biaya transportasi : Rp. .
Rp…………….
III. BIDANG PUBLIKASI
a. Pamflet 4 rim Rp……………….. : Rp………………..
b. Spanduk 5 lembar (16) Rp……………….. : Rp………………..
c. Reklame/baliho 10 lembar (34) Rp……………….. : Rp………………..
d. Iklan radio : Rp………………..
e. Video shooting : Rp………………..
f. Transportasi + operasional : Rp. .
Rp……………..
IV. BIDANG ACARA
1. Pawai Ramadan
a. Poster : Rp………………..
b. Undangan : Rp………………..
c. Konsumsi panitia + koordinator LP 100 Rp……… : Rp………………..
d. Perijinan : Rp………………..
e. P2K : Rp………………..
f. Medis (Puskesmas) : Rp………………..
g. Pengawalan (Polres) : Rp………………..
h. Transportasi dan koordinasi : Rp. i
Rp………………
2. Lomba Mewarna, Syair, Menyanyi TK-SD
a. Sound system : Rp………………..
b. Fee dewan juri : Rp………………..
c. Konsumsi : Rp………………..
d. Sertifikat 1.000 lembar ………….. : Rp………………..
e. Hadiah : Rp………………..
f. Brosur : Rp………………..
g. Undangan : Rp………………..
h. Transportasi : Rp. i
Rp………………..
3. Pelatihan Memasak Kue Brownies
a. Fee pemateri + transport : Rp………………..
b. Peralatan + bahan : Rp………………..
c. Transport : Rp………………..
d. Brosur : Rp. i
Rp………………..
4. Bedah buku
a. Fee pemateri + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Back drop : Rp………………..
d. Brosur : Rp………………..
e. Door prize : Rp………………..
f. Administrasi : Rp………………..
g. Dokumentasi : Rp………………..
h. Keamanan : Rp. i
Rp………………..
5. MURI + Pelatihan Dai Ramadan
a. Fee pemateri + transport MURI : Rp………………..
b. Fee pemateri + pelatihan dai ramadan : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. LCD : Rp………………..
f. Dokumentasi : Rp. i
Rp………………..
6. Lomba Desain Logo, Kaos, dan Video Animasi
a. Sterofoam 2 lembar : Rp………………..
b. CD blank : Rp………………..
c. Kertas HVS 3 rim : Rp………………..
d. Juri : Rp………………..
e. Tinta : Rp………………..
f. Sewa proyektor : Rp………………..
g. Transportasi : Rp………………..
h. Undangan + administrasi + brosur : Rp………………..
i. Hadiah : Rp. i
Rp………………..
7. Pelatihan Tsaqifa
a. Fee pembicara + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp………………..
8. Pelatihan AHE
a. Fee pembicara + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp……………
9. Buka Bersama “Baitul Mall & Anak Dhu’afa”
a. Konsumsi 200 orang Rp……………….. : Rp………………..
b. Bingkisan Ramadan 200 paket Rp……………….. : Rp………………..
c. Administrasi : Rp………………..
d. Pemateri : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp……………
10. Pelatihan Menggambar dan Mewarna Guru TK/SD/Umum Bersama Titik Terang Surabaya
a. Fee pemateri + transport (5 pemateri Rp…………) : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. White board + board marker : Rp………………..
d. Kertas manila 50 lembar Rp……………….. : Rp………………..
e. Kertas HVS 2 rim : Rp………………..
f. Dokumentasi : Rp………………..
g. Transportasi : Rp. i
Rp……………...
Total Anggaran Rp……………
SUSUNAN PANITIA
- Ketua umum dan koordinator event : -------------
- Ketua pelaksana : --------------
- Sekretaris : --------------
Sumber: d.yimg.com/kq/.../proposal+kerjasama+...................+book+fair+2009.doc
PESERTA ……. BOOK FAIR 2009
A. Nama Kegiatan
Ilmu ….. Book Fair 2009. Guyub Rukun Nyambut Ramadan 1431 H.
B. Pelaksanaan
19 Agustus 2009-25 Agustus 2009.
C. Tempat Pelaksanaan
Komplek Balai Rakyat ................... (utara alun-alun ...................).
D. Penyelenggara
Ilmu Event Organizer bekerjasama dengan ………….. media, lembaga-lembaga sosial dan dakwah di ...................
E. Kategori
Buku : buku-buku Islam, buku seni, buku anak-anak, peta, travel guard, science and technology.
Teknologi : CD, VCD, DVD, kaset, komputer, HP, dan sebagainya.
Lain-lain : majalah, stationary, konveksi, Tibbun Nabawi, dan sebagainya.
F. Fair Management
Ilmu Event Organizer
Office : ……….
Tlp. …………..
CP :
Email : ………….. Media
Office : ……
CP :
Email :
G. Pembukaan
Tanggal 19 Agustus 2009, dengan melaksanakan pawai menyambut ramadan bersama lembaga dakwah dan pendidikan sekabupaten ................... serta ormas-ormas Islam yang lain.
H. Pendaftaran
Pembukaan pendaftaran mulai tanggal 1 Juli 2009 sampai dengan 1 Agustus 2009, dengan mengisi form kerjasama yang dilampirkan.
I. Kesertaan
Bentuk-bentuk kesertaan yang kami tawarkan meliputi:
a. Sewa stan,
b. Penitipan produk,
c. Lain-lain sesuai dengan kesepakatan bersama.
a. Harga Sewa Stan
1. Stan makanan : Rp……………..
2. Stan tipe I : Rp……………..
Stan tipe II : Rp……………..
Stan tipe III : Rp……………..
Stan tipe IV : Rp……………..
Stan tipe V : Rp……………..
Peserta dapat menyewa lebih dari 1 stan dengan harga tetap tiap stannya.
b. Penitipan Barang
Bagi penerbit yang bermaksud menitipkan ptoduk, maka penyerahan produk maksimal 20 Juli 2009. Adapun besaran produk yang diberikan antara 20%-80%.
J. Pembayaran
Jangka waktu pembayaran biaya sewa stan adalah sama dengan pengembalian form pendaftaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui
Bank :
Cabang :
Atas nama :
K. Pembatalan
Peserta yang telah mendaftar dan melunasi administrasi kemudian melakukan pembatalan dengan alasan apapun panitia hanya akan mengembalikan setengah dari uang yang telah dibayarkan.
L. Fasilitas
a. Ruang stan 33 meter
b. Fasilitas-fasilitas stan, antara lain :
1. Alas stan berupa karpet,
2. Listrik, maksimal 80 watt,
3. Kebersihan dan keamanan,
4. 1 set meja dan kursi.
M. Publikasi
................... Book Fair dipublikasikan melalui media masa spanduk, poster, brosur, media elektronik.
N. Akomodasi dan Pengangkutan
Akomodasi dan pengangkutan barang ditanggung oleh peserta.
O. Acara dan Festival
Bentuk acara berupa seminar, acara–acara Islam, meliputi pelatihan, bedah buku, festival/lomba-lomba, buka bersama dan lain-lain.
P. Lain–lain
Segala hal yang belum tertuang dalam proposal ini akan disampaikan kemudian.
Q. Penutup
Demikian surat penawaran kerjasama ini kami buat demi tercapainya kerjasam yang sinergi antara panitia dan pihak pengusaha, atas kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.
PROPOSAL SPONSORSHIP
A. PENGANTAR
Kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan, krisis dimensional yang tanpa ujung terjadi dimana-mana. Selalu ada persoalan setelah satu persoalan terselesaikan. Bahkan terkadang satu persoalan bersimpul dengan persoalan yang lain sehingga terkesan tidak berkesudahan. Islam mampu memberi jalan keluar bagi persoalan yang sedang dihadapi bangsa bukannya memberikan kekerasan: “Sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi (QS. Al-A’raaf: 96). Ini pun belum cukup, harus mensyaratkan ilmu dan iman: ”Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat (QS. Al-Mujadilah:11). Ilmu hanya bisa didapat dengan membaca dan menulis. Bacalah (QS. Al-Alaq:3-4) dan Rabb-mu Maha Pemurah. Yang mengajar manusia dengan pena, dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis (QS. Al-Qamar:53).
Nah, buku-pameran buku, penulisan buku, pembacaan buku, menemukan relevansinya di sini. Oleh karenanya pameran buku Islam patut dilaksanakan untuk menggemakan kebangkitan menuju kemuliaan mengingat janji Allah di atas.
B. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan : Ilmu ................... Book Fair 2009.
Tema : Guyub Rukun Bangkit Bersama Meraih Kemuliaan Ramadan.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah:
a. Wahana mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
b. Memasyarakatkan buku dan ikut berperan serta dalam menumbuhkan budaya membaca.
c. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan membaca untuk kehidupan yang lebih baik.
d. Meningkatkan kreatifitas masyarakat dengan berbagai festival yang diselenggarakan.
D. PELAKSANAAN
Acara ini dilaksanakan pada:
Waktu : 19 Agustus 2009-25 Agustus 2009
Tempat :
E. PENYELENGGARA
Ilmu Event Organizer “The light of Ummah” bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial, dakwah, dan ………….. Media.
F. PESERTA
Pameran ini akan diikuti oleh:
a. Penerbit buku, distributor, dan toko buku Islam.
b. Distributor/agen kaset/VCD Islam.
c. Lembaga sosial da’wah sekabupaten ....................
d. Stationary/merchandise Islam.
e. Produsen/distributor obat herbal.
G. PENGUNJUNG
Berdasarkan perhitungan pada event sejenis dan juga jaringan lembaga sosial dan dakwah yang tergabung, ................... Book Fair 2009 menargetkan 500 pengunjung per hari atau total 3.500 pengunjung selama pameran. Adapun pengunjung berasal dari kota ................... dan kabupaten terdekat, meliputi:
a. Para pendidik, profesional, pelajar, dan mahasiswa,
b. Pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat,
c. Alim ulama, santriwan dan santriwati,
d. Masyarakat umum.
H. PROGRAM ACARA UNGGULAN
a. Pembukaan Pawai Sambut Ramadan bersama.
1. Lembaga pendidikan Islam sekecamatan Kota ....................
2. Lembaga sosial dan dakwah.
3. Remaja masjid.
4. Taman Pendidikan Al-Qur’an.
b. Festival/lomba.
1. Membuat buletin.
2. Membuat mading.
3. Desain logo dan materi kaos.
4. Desain video animasi.
5. Lomba mewarna, bersyair dan menyanyi (PADU, TK, dan SD).
c. Pelatihan memasak kue brownies.
d. Bedah buku.
e. Penutup tablig akbar bersama ustadz .........dari ...................
f. Pelatihan MURI bersama ustadz ……
g. Nonton bareng film Islami.
I. PROGRAM PROMOSI DAN PUBLIKASI
Untuk menunjang pelaksanaan pameran, panitia penyelenggara melakukan publikasi dan promosi acara melalui berbagai media yang meliputi:
a. Media cetak
1. Josh Pariwara.
2. Radar ....................
b. Media elektronik
1. Radio Josh.
2. Radio Perkasa FM.
3. dan media elektronik yang lainnya.
c. Jaringan lembaga sosial dan dakwah.
d. Out door
1. Baliho : lembar
2. Spanduk rentang : lembar
3. Vertical banner : lembar
4. Pamflet : lembar
5. Leaflet : eksemplar
6. Stiker : lembar
7. Umbul-umbul : lembar
J. SPONSORSHIP
Panitia penyelenggara menawarkan paket kerjasama kepada perusahaan dalam event tersebut dalam bentuk sponsorship. Adapun bentuk sponsorship yang kami tawarkan adalah:
a. SPONSOR UTAMA
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan 70% dari total anggaran.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
1. Stand display produk serta pemasangan atribut perusahaan.
2. Nama dan logo perusahaan tercantum pada sebagian besar media publikasi meliputi brosur, pamflet, tanda panitia, spanduk, dan baliho back drop, MC announcement, (ukuran lebih besar dan mencolok).
b. SPONSOR MENENGAH
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan 30% dari total anggaran.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
Nama dan logo perusahaan akan dicantumkan pada brosur, pamflet, baliho, spanduk, back drop, tanda panitia dengan ukuran yang disesuaikan.
C. SPONSOR UMUM
Merupakan partisipan perusahaan dalam acara ini dengan memberikan pembiayaan senilai paket iklan atau pos anggaran yang telah dicantumkan dalam daftar anggaran, misal spanduk, souvenir, piala, dan sebagainya.
Benefit yang diberikan panitia adalah:
1. Nama dan logo usaha bebas dan tercantum dalam produk/pos anggaran yang dimaksud.
2. Nama dan logo perusahaan tercantum dalam baliho dan back drop.
K. LAIN-LAIN
Segala hal yang belum tercantum di proposal ini kami lampirkan di halaman selanjutnya.
L. FAIR MANAGEMENT
Ilmu Event Organizer
Office: …..
Tlp. CP :
Email : ………….. Media
Office :
Tlp. CP :
Email :
M. PENUTUP
Akhirnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan mendukung suksesnya acara ................... Book Fair 2009 ini. Semoga acara ini tidak hanya menjadi pembelajaran dan kegiatan yang bermanfaat dan menguntungkan, tetapi juga sebagai perluasan relasi dalam interaksi sosial.
..................., 15 Mei 2009
Panitia ................... Book Fair 2009
Ketua Panitia Sekretaris
Lampiran I
KETENTUAN SPONSORSHIP
A. KETENTUAN UMUM
1. Proposal masuk untuk dipertimbangkan.
2. Jawaban diterima selambat-lambatnya satu bulan kemudian. Apabila perusahaan berkenan menjadi sponsor, jawaban diberikan dengan mengisi formulir yang terlampir dan langsung terdaftar sebagai sponsor.
3. Segala bentuk pelanggaran akan diselesaikan secara kekeluargaan.
4. Hal teknis lainnya disampaikan kemudian.
B. SYARAT PEMBAYARAN
1. Pembayaran I adalah minimal 50% dari biaya yang disepakati, pada saat kontrak ditandatangani.
2. Pembayaran II sebesar 50% selambatnya diberikan 20 hari sebelum acara dimulai.
3. Apabila pada tanggal tersebut pembayaran kedua belum dipenuhi pihak sponsor, maka panitia berhak memasang iklan sponsor ke dalam ukuran, jumlah dan jenis iklan yang ditentukan panitia penyelenggara ................... Book Fair senilai dengan pembayaran pertama.
4. Pelaksanaan pembayaran adalah tunai atau dapat berupa barang.
C. FORCE MAJEUR
Dalam keadaan Force Majeur yang disebabkan antara lain huru-hara, bencana alam, pemogokan serta hal-hal lain di luar kemampuan panitia, sehingga mempengaruhi dan mengakibatkan tertundanya pelaksanaan pameran, maka semua pihak tidak berhak atas ganti rugi.
PAKET SPONSORSHIP
No. Paket Iklan Ukuran/Tempat Tarif (Rp) Keterangan
1 Kaos panitia
3 40 potong Lengan kanan dan kiri Menyediakan 2 sponsor
2 Spanduk biasa 10 buah
0,90 m 6 m Spanduk utama 80cm100 cm
Spanduk pendukung
40 cm400cm 1 sponsor utama
4 sponsor pendukung
3 Spanduk selamat datang 2 buah
0,90 m 6 m Bebas 1 sponsor
4 Baliho 3 buah
3 5 m ¼ bagian untuk sponsor Semua sponsor
5 Pamflet
2.000 lembar, Rp…………/rim ¼ bagian untuk sponsor Sponsor tertentu
6 Stiker
1.000 lembar @ Rp………… Bebas
Sponsor tertentu
7 Souvenir dan piagam
a. Paket belanja (kupon belanja)
b. Piala 3 buah 10 event @ Rp…………
Bebas
Bebas
Sponsor tertentu
8 Tas belanja
1.000 buah Rp………… Sponsor tertentu
9 Kaos door prize
500 Rp………… Lengan dan punggung Sponsor tertentu
ANGGARAN BIAYA
I. ADMINISTRASI
1. Pengadaan dan penggandaan proposal : Rp………………..
2. Undangan (fotocopy dan amplop) : Rp………………..
3. Transportasi dan komunikasi : Rp. .
Rp……………
II. BIDANG PERLENGKAPAN
A. STAGE DAN PERLENGKAPAN
Gedung : Rp………………..
Diesel : Rp………………..
Sound system : Rp………………..
Karpet : Rp………………..
Meja dan kursi lengkap (100…………..) : Rp………………..
Panggung : Rp………………..
Sewa rak : Rp………………..
B. SERAGAM PANITIA
…………..40 orang3 : Rp………………..
C. CO CARD PANITIA
…………..40 orang : Rp………………..
D. PIALA/TROPI
310 event………….. : Rp………………..
E. SOUVENIR/TAS
1.000………….. : Rp………………..
F. DOOR PRIZE
1. Televisi : Rp………………..
2. Compo (2 Rp………………..) : Rp………………..
3. Flashdisk/MP3 player (10 Rp………………..) : Rp………………..
4. Buku-buku : Rp………………..
5. Kaos (Rp……………….. 200) : Rp………………..
G. TRANSPORTASI
Biaya transportasi : Rp. .
Rp…………….
III. BIDANG PUBLIKASI
a. Pamflet 4 rim Rp……………….. : Rp………………..
b. Spanduk 5 lembar (16) Rp……………….. : Rp………………..
c. Reklame/baliho 10 lembar (34) Rp……………….. : Rp………………..
d. Iklan radio : Rp………………..
e. Video shooting : Rp………………..
f. Transportasi + operasional : Rp. .
Rp……………..
IV. BIDANG ACARA
1. Pawai Ramadan
a. Poster : Rp………………..
b. Undangan : Rp………………..
c. Konsumsi panitia + koordinator LP 100 Rp……… : Rp………………..
d. Perijinan : Rp………………..
e. P2K : Rp………………..
f. Medis (Puskesmas) : Rp………………..
g. Pengawalan (Polres) : Rp………………..
h. Transportasi dan koordinasi : Rp. i
Rp………………
2. Lomba Mewarna, Syair, Menyanyi TK-SD
a. Sound system : Rp………………..
b. Fee dewan juri : Rp………………..
c. Konsumsi : Rp………………..
d. Sertifikat 1.000 lembar ………….. : Rp………………..
e. Hadiah : Rp………………..
f. Brosur : Rp………………..
g. Undangan : Rp………………..
h. Transportasi : Rp. i
Rp………………..
3. Pelatihan Memasak Kue Brownies
a. Fee pemateri + transport : Rp………………..
b. Peralatan + bahan : Rp………………..
c. Transport : Rp………………..
d. Brosur : Rp. i
Rp………………..
4. Bedah buku
a. Fee pemateri + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Back drop : Rp………………..
d. Brosur : Rp………………..
e. Door prize : Rp………………..
f. Administrasi : Rp………………..
g. Dokumentasi : Rp………………..
h. Keamanan : Rp. i
Rp………………..
5. MURI + Pelatihan Dai Ramadan
a. Fee pemateri + transport MURI : Rp………………..
b. Fee pemateri + pelatihan dai ramadan : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. LCD : Rp………………..
f. Dokumentasi : Rp. i
Rp………………..
6. Lomba Desain Logo, Kaos, dan Video Animasi
a. Sterofoam 2 lembar : Rp………………..
b. CD blank : Rp………………..
c. Kertas HVS 3 rim : Rp………………..
d. Juri : Rp………………..
e. Tinta : Rp………………..
f. Sewa proyektor : Rp………………..
g. Transportasi : Rp………………..
h. Undangan + administrasi + brosur : Rp………………..
i. Hadiah : Rp. i
Rp………………..
7. Pelatihan Tsaqifa
a. Fee pembicara + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp………………..
8. Pelatihan AHE
a. Fee pembicara + transport : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. Brosur : Rp………………..
d. Undangan : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp……………
9. Buka Bersama “Baitul Mall & Anak Dhu’afa”
a. Konsumsi 200 orang Rp……………….. : Rp………………..
b. Bingkisan Ramadan 200 paket Rp……………….. : Rp………………..
c. Administrasi : Rp………………..
d. Pemateri : Rp………………..
e. Dokumentasi : Rp. i
Rp……………
10. Pelatihan Menggambar dan Mewarna Guru TK/SD/Umum Bersama Titik Terang Surabaya
a. Fee pemateri + transport (5 pemateri Rp…………) : Rp………………..
b. Sewa LCD : Rp………………..
c. White board + board marker : Rp………………..
d. Kertas manila 50 lembar Rp……………….. : Rp………………..
e. Kertas HVS 2 rim : Rp………………..
f. Dokumentasi : Rp………………..
g. Transportasi : Rp. i
Rp……………...
Total Anggaran Rp……………
SUSUNAN PANITIA
- Ketua umum dan koordinator event : -------------
- Ketua pelaksana : --------------
- Sekretaris : --------------
Sumber: d.yimg.com/kq/.../proposal+kerjasama+...................+book+fair+2009.doc
Artikel Terkait