Menurut Miller (1977) sebelum mengajarkan membaca
pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu
dikuasai oleh anak terlebih dahulu agar anak berhasil dalam membaca. Adapun tanda-tanda
kesiapan membaca adalah sebagai berikut :
1) apakah anak sudah dapat memahami bahasa lisan
2) apakah anak sudah dapat mengujarkan kata-kata
dengan jelas.
3) apakah anak sudah dapat mengingat kata-kata
4) apakah anak sudah dapat mengujarkan bunyi huruf
5) apakah anak sudah menunjukan minat membaca
6) apakah anak sudah dapat membedakan dengan baik
Tanda-tanda kesiapan membaca dapat disimpulkan sebagai berikut
1) Anak
sudah memahami bahasa lisan. Maksudnya apakah anak itu sudah memahami tentang kalimat-kalimat
sederhana dalam komunikasi
2) Anak
dapat mengujarkan kata-kata dengan jelas, artinya dalam percakapan anak ditanya
tentang nama beberapa obyek bisa menjawab
3) Anak
dapat mengingat kata-kata, artinya anak mampu mengingat kata-kata yang
diujarkan atau ditanyakan
4) Anak
sudah dapat mengujarkan bunyi huruf, kemampuan ini anak dapat menirukan dan
mengujarkan bunyi huruf-huruf
5) Anak
menunjukkan minat membaca, hal ini dapat dilihat dari keinginan anak memegang
buku, membaca bacaan, meniru membaca, serta mencorat-coret kertas.
6) Anak
sudah mampu membedakan dengan baik tentang suara (bunyi) dan objek-objek.
Kemapuan mendengarkan dan penglhatan,
perilaku anak dalam membeda-bedakan berbagai suara dan bunyi di sekitarnya.
Dari tanda-tanda kesiapan membaca tersebut dapat disimpulkan bahwa anak Taman Kanak-Kanak dikatakan sudah mempunyai minat membaca apabila sudah memahami bahasa lisan, dapat mendengarkan kata-kata, mengingat apa yang pernah diucapkan, dapat mengujarkan bunyi huruf serta anak dapat membedakan bunyi suara.
Artikel Terkait