Kemampuan membaca anak anak didahului dengan proses kemampuan mendengar secara benar dan tepat. Semua anak pada umumnya belajar mendengar melalui stimulasi suara suara dari lingkungan dan kehidupan sehari harinya. Beberapa latihan untuk mengoptimalkan keterampilan mendengar bagi anak anak-anak diantaranya
1. Meminta anak menutup
mata dengan tangan(boleh juga anak diminta untuk menghadap ke tembok), lalu
minta kepadanya menebak apa yang sedang dilakukan oleh teman-teman atau oran
dewasa di dekatnya, bertepuk tanga, bersiul, menutup pintu, membuka laci meja,
menjatuhkan piring plastic, membuka lembaran surat kabar, atau kegiatan lainnya
2. Membawa anak ke taman
bermain dekat rumah atau sekolah, lalu menyuurh mereka duduk santai sambil
menutup mata tanpa bergerak dan bersuara mintalah ia diam selama beberpa saat
untuk mendnearkan suara-suara di sekitarnya. Setelah itu, berdiskusilah dengan
meereka, selama mereka dalam keadaan hening, suara suar apa saja yang
tertangkap oleh telinanya, contohnya desau angin, teriakan anak kecil, cicit
burung, bayi mengangis dan lain lain.
3. Tanpa sepengetahuan
anak, anda dapat mengisi wadah bekas tempat parfum, sabun atau tabung bekas rol
film, masing masing dengan kerikil, jepit kertas, biji bekel, cankang, kerang
darah, tutup botol atau benda kecil lainnya. Bahan bahan yang sama dengan jumlah
yang sama pun bias anda isikan ke dalam 2 atau 3 wadah berbeda. Intinya anak
anak harus mengocok wadah wadah tersbut, lalu membandinkan wadah mana yang
menghasilkan bunyi yang sama. Di samping itu, mereka diharapkan dapat mengingat
urutan bunyi dan mencari sumber bunyi dengan benar dengan urutan yang sesuai.
Sebagai
orang tua banyak diantara ktia menginginkan anak untuk bias membaca sedini
mungkin, memang hal tersebut bukanlah keinginan yang secara absolut salah.
Namun, pada kenyataannya banyak anak merasa tersiksa dengan ambisi orang tua
dalm hal membaca. Saya sendiri sering menemukan kejadian bahwa beberapa murid
kecil saya ternyata malas membaca. Kadang kala mereka bias membaca
karena meghafal.
Membuat
anak mau membaca membutuhkan kerja sama antara guru di sekolah dengan orang tua
di rumah. Betul bahwa tingkat keterlibatan yang diharapkan dari orang tua
antara satu sekolah dengna sekolah yang lain berbeda beda. Namun demikian,
sangatlah penting bagi orang tua untuk mendapatkan informasi yang jelas dari
guru atau sekolah serta harapannya dari program membaca anak tersebut.
Anak
dapat membaca sendiri dengan cepat apabila kita sebagai orang tua juga turut
mendukungnya. Dukungan tersebut dapat berupa memberi anak waktu untuk menikmati
jam membacarnya serta ruang untuk membaca buku buku yang disukainya meskipun,
menurut anda buku tersebut mudah atau sering ia baca.
Alat
bantu ajar
Buku,
gambar kalender, huruf magnetic, kartu , sequencing pictures, surat kabar atau
Koran, syair
Pendukung
alat bantu ajar
Gunting,
karton manila, kertas cover , kertas gambar, kertas hvs, klip kertas, krayon,
lem, plastic, spidol, spidol board marker, white board.
Syair
Meskipun
dalam bentuk sederhana, milikilah syair dan sajak, lalu berlatihlah emnciptakan
irama, sebaai guru anak usia dini, kita sering temukan bahwa anak yang
kesulitan menemukan kata yang sama bunyinya pada suku akhir seubah
kata, justru adalah anak yang menalami kesulitan membaca. Namun demikian, irama
apakah itu irama syair atau irama sebuah lagu, selalu membantu anak
untuk mengingat kata kata
Contoh
syair
Buka
tangan, tutup tangan
Buka
tangan tutup tangan
Tepukkan
tangan
Buka
tangan, tuutp tangan
Letakkan
di pangkuan
Buka
tangan tutup tangan
Buka
tangan tutup tangan
Terbankan
jari jarimu
Lalu
seperti burung
Jatuhkan
dari angkasa
BUKU
Buku
merupakan salah satu benda yang sangat isitmewa. Sebuah buku, meskipun adlaah
benda mati, mampu menciptakan ikatan emosional antara orang yang sama sama
menyukai buku. Ikatan emosional ini dapat terbentuk, misalnya bila seorang
nenek pengemar buku dongeng putri duyung membacakannya dengna penuh penghayatan
kepada cucunya yang juga menyukai buku yang sama. Sebuah buku dengan
urutan cerita yang jelas, memiliki awal, pertenahan dan akhir kisah dan
dilengkapi gambar yang memberi keterangan jelas tentang arti kata kata di
bawahnya sanatlah berguna bai anak.
SEQUENCING
PICTURES
Dalam
bahasa Indonesia, sequenting pictures diterjemahkan sebagai rangkaian gambar
atau kartu yang dapat menghasilkan suatu cerita utuh. Ukurannya
bermacam macam ada yang berukuran 6x10 cm sampai sebesar kertas folio gambar.
Selain itu kartu kartu tersebut tidak memmuat satu pun kata atau kalimat. Alat
bantu ajar jenis ini sangat berguna bagi anak anak yang mulai membaca.
Sumber
pintar meMakai alat bantu ajar Helyantini soetopo