CONTOH Proposal Penawaran Kerjasama
A. Pendahuluan
Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan e-commerce yang menggeluti usaha jasa penjualan produk-produk Islami secara online. Produk-produk yang insya Allah menjadi target penjualan kami adalah yang dibutuhkan atau diinginkan oleh umat Islam, serta dapat mendidik dan mengajak konsumen untuk dapat lebih mendalami dan memahami Islam dengan benar, dimana kehalalan dan ke-syar’i-annya merupakan prioritas yang diutamakan. Adapun yang kami lakukan adalah menyediakan portal yang mengenalkan produk-produk Anda pada konsumen sekaligus menjualkannya. Maka dari itu dibutuhkan jalinan kerjasama antara kami selaku pihak ………………. (Pihak Pertama), dengan Anda selaku produsen atau pihak yang ingin memasarkan produk di situs ………………….. (Pihak Kedua).
B. Tentang Perusahaan
Kami menyediakan dua jenis pasar pada situs yang sama. Yang pertama adalah ……………… (…..-SHOP), dan yang kedua adalah ……………… BazaaR (…..-BazaaR). Keduanya bisa dijumpai di situs kami, ……………… dengan perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari konsep hingga desainnya. Tujuan dari pembedaan ini adalah untuk memudahkan pengunjung yang ingin berbelanja. Sehingga, pengunjung yang ingin berbelanja berdasarkan kategori ataupun merek/produsen bisa menemukan tempat yang tepat, apakah itu di ….-SHOP atau …..-BazaaR.
…..-SHOP dapat dijumpai pada halaman utama ……………… dengan desain berwarna dominan ungu. …..-SHOP membantu memasarkan produk-produk dari penjual/produsen dengan mengelompokkan produk menurut jenisnya. Jalinan kerjasama yang terjadi di sini menggunakan sistem bagi hasil.
….-BazaaR memiliki lokasi sendiri di situs kami, yakni di halaman utama atau (homepage penjual). Pengunjung juga dapat mengakses ….-BazaaR dengan mengklik logo …..-BazaaR yang melayang pada sisi kiri halaman utama ……………… Produk-produk yang dijual di ….-BazaaR kami kelompokkan berdasar merek dagang atau nama produsennya untuk membantu memudahkan pembeli dalam menemukan pemasok yang diinginkan. Adapun jalinan kerjasama yang terjadi di sini menggunakan sistem sewa. Demikian perbedaan yang insya Allah cukup jelas mengenai …..-SHOP dan …..-BazaaR. Untuk mengenal lebih jauh, insya Allah Anda bisa memeriksanya langsung di situs ……………….
C. PENAWARAN UNTUK ANDA
Apa yang perusahaan ini tawarkan? Space dan jasa penjualan. Anda selaku Pihak Kedua memiliki kesempatan untuk menjual produk Anda di situs kami dengan memulai satu dari tiga penawaran kami. Antara lain:
a. Menjual produk di ……-SHOP, apabila Anda ingin menjual produk Anda di situs ………………. dengan sistem bagi hasil.
b. Menjual produk di ….-BazaaR, apabila Anda ingin menjual produk dengan homepage khusus untuk Anda di situs www.bazaar. ………..com dengan sistem sewa.
c. Menjual poduk di …..-SHOP dan di ….-BazaaR dengan syarat dan ketentuan masing-masing seperti diatas.
D. KEUNTUNGAN BERMITRA DENGAN …………….COM
Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan insya Allah bisa Anda dapatkan jika bermitra dengan perusahaan ini:
a. Pangsa pasar yang luas, yakni meliputi wilayah Indonesia dan membuka kesempatan untuk menjaring pembeli dari pasar internasional (global market).
b. Akad jual beli yang jelas. Hal ini adalah karena setiap produk yang dijual memiliki detail produk yang rinci, disertai foto, harga, dan jaminan yang jelas.
c. Media yang murah untuk menampilkan produk Anda secara detail. Di www……….…com, Anda bisa dengan leluasa menampilkan foto setiap produk, dan informasi detail lainnya tanpa harus khawatir dengan biaya iklan yang begitu besar.
d. Penawaran untuk ……-BazaaR. Gratis menjual produk selama setahun pertama atau selama belum mencapai limit omzet penjualan (mana yang tercapai lebih dulu). Apabila Anda tidak mau melanjutkan, kontrak kerjasama bisa diakhiri dan produk Anda tak lagi dijual di situs perusahaan ini. Bila Anda merasa puas dengan pemasaran produk Anda di Perusahaan ini, kontrak dapat dilanjutkan ke jenjang berikutnya, sesuai pilihan.
e. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan logo perusahaan/toko Anda, beserta produk-produk khusus dari perusahaan/toko Anda pula, apabila memilih untuk bermitra dengan kami di …..-BazaaR.
f. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan logo perusahaan/toko Anda, beserta produk-produk khusus dari perusahaan/toko Anda pula, apabila memilih untuk bermitra dengan kami di …….- BazaaR.
g. Homepage Anda ini kemudian bisa dijadikan sarana untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk Anda juga dijual di internet, hal ini insya Allah akan menambah kesan profesionalitas dan memperkuat brand image perusahaan/toko Anda.
h. Anda bisa mencantumkan homepage Anda ini, saat beriklan di tempat lain. Sehingga konsumen yang masih penasaran dengan produk Anda, ingin mengetahui dengan lebih detail, atau ingin mengetahui produk lain yang Anda miliki, dapat mengakses homepage Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.
i. Sistem pendukung via e-mail maupun telepon, untuk membantu memudahkan Anda mengirim data produk, mengedit, memberi saran, komplain atau yang lainnya.
E. KELEBIHAN PERUSAHAAN
Adapun beberapa kelebihan perusahaan ini adalah:
a. Yang pertama di Indonesia! Hadir dengan konsep muslim market, yang berkomitmen untuk menyediakan semua produk islami dalam satu portal.
b. Konsep ini bisa lebih menguntungkan, karena produk Anda akan berada pada suatu tempat dimana orang akan mencari kebutuhan muslim secara online.
c. Ibaratnya, Anda mempunyai sebuah stan, di sebuah mall khusus untuk umat Islam. Di mall ini, semua pedagang menjual produk yang halal dan syar’i. Memiliki stan di tempat seperti ini sambil menjual di tempat sendiri insya Allah akan jauh lebih menguntungkan daripada hanya menjual produk di tempat Anda sendiri. Hal ini karena wilayah pasar yang dicakup bisa lebih luas.
d. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, serta menambah jangkauan produk, sehingga pangsa pasar akan menjadi semakin luas.
e. Kami juga berkomitmen untuk menjual produk-produk yang halal dan sesuai syariat Islam dimana tolak ukurnya adalah Al-Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman yang benar. Merupakan suatu kelebihan apabila produk Anda bisa tampil di situs perusahaan ini.
f. Promosi situs secara konsisten dan berkesinambungan baik secara online (di internet) maupun secara offline (di dunia nyata) akan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs ini dari waktu ke waktu.
g. Metode promosi situs yang cukup unik dan beragam, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung situs setiap harinya. Oleh karena itu pengunjung yang melihat atau membeli produk Anda juga diharapkan bisa terus meningkat.
h. Dengan dukungan Anda, pelayanan konsumen yang ramah dan memuaskan dapat meningkatkan potensi konsumen untuk kembali membeli produk Anda. Hal ini juga akan mendukung terjadinya efek ‘buzz’, dimana konsumen akan bercerita tentang produk Anda kepada rekan-rekannya.
i. Tersedianya komunitas yang turut memudahkan Anda untuk mencari partner, relasi bisnis, ataupun agen untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.
F. Alur Kerja/ Work Flow Perusahaan
Pengunjung dapat dengan mudah berbelanja di situs kami dengan menggunakan fitur kereta belanja (Shopping Cart) yang ada. Selanjutnya, komunikasi dilakukan via e-mail/ SMS/telepon/faks. Berikut ini flowchart ringkas dari sistem kerja kami apabila Anda sepakat untuk bermitra dengan kami.
Berikut ini uraian langkah yang perlu Anda lakukan selama proses kerja tersebut:
a. Setelah barang Anda dipasang di perusahaan ini, tunggulah kabar dari kami hingga ada informasi pemesanan barang.
b. Apabila ada informasi pemesanan barang, kami akan mengabarkannya pada Anda.
c. Siapkan barang dan kirimkan ke alamat pemesan dalam jangka waktu paling lambat 2 hari kerja (pastikan barang yang dikirim berada dalam kondisi yang baik, dan pemesan dapat menerimanya pula).
d. Jika tidak ada komplain dari pembeli, uang akan kami kirim pada Anda insya Allah paling lambat 3 hari kerja.
G. Syarat dan Ketentuan bermitra dengan Perusahaan
a. Bukan perusahaan fiktif yang hanya mengharap menerima uang tanpa mengirimkan barang yang dipesan.
b. Berkomitmen untuk melakukan usaha dengan niat yang benar, sehingga semoga Allah menjadikan semua yang kita lakukan dalam bisnis ini bernilai pahala.
c. Beritikad baik dalam bersama-sama memenuhi tanggung jawab dan kewajiban masing-masing pihak, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.
d. Barang yang hendak dijual haruslah halal dan syar’i. www. ……………….com mempunyai tim penyeleksi produk yang akan menentukan dapat diterima atau tidaknya produk Anda.
e. Sanggup mengirimkan barang pesanan paling lambat dua hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari pihak www. ……………….com.
f. Anda harus mengirimkan informasi apabila produk tidak ready stock, serta kapan produk tersebut dapat di kirim ke alamat customer, paling lambat satu hari kerja dari diterimanya informasi pemesanan.
g. Mudah dihubungi via e-mail/telepon/HP/SMS/faks (sesuai perjanjian).
h. Memiliki sistem pengiriman barang yang jelas.
i. Memiliki rekening di bank yang terjangkau di wilayah Surabaya. Disarankan memiliki rekening BCA atau BSM.
j. Bersedia menerima penukaran barang atau mengembalikan uang apabila pembeli menerima barang dalam kondisi yang tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan.
k. Apabila terjadi perubahan yang sangat penting mengenai usaha Anda yang sekiranya dapat mempengaruhi kinerja www………………..com (misal: rencana gulung tikar atau tak lagi memproduksi barang yang dijual di perusahaan ini), mohon untuk segera menginformasikan rencana tersebut pada kami paling lambat seminggu sebelum pelaksanaan.
l. Berusaha memberikan layanan yang terbaik (misal: tepat waktu, kualitas produk yang sesuai, dll) karena www. …………………..com ini milik bersama, sehingga Anda mempunyai peranan yang cukup besar dalam kemajuan perusahaan ini yang kemudian akan berimplikasi pada kemajuan usaha Anda pula.
m. Bagi yang hendak memasang produknya di dua tempat, ….-SHOP dan …..-BazaaR, sekaligus, maka harga barang yang dijual di …...-BazaaR tidak boleh berbeda dengan yang dijual di …..-SHOP.
H. Langkah-Langkah untuk Menjadi Mitra Perusahaan
a. Mengadakan tawar-menawar mengenai persentase bagi hasil kepada pihak perusahaan ini hingga mencapai kesepakatan.
b. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.
c. Kirimkan foto produk yang ingin Anda jual di ……-SHOP beserta detailnya ke alamat gudang-shop@ …………...com.
d. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.
Berikut ini rincian detail produk yang perlu dikirim ke gudang-shop@ ………………..com:
a. Jenis buku/Al-Quran: judul, foto sampul, penulis, penerbit, volume/jilid/edisi, cetakan ke, jumlah halaman, ukuran (lebar x panjang), berat, harga, kategori, deskripsi.
b. Jenis busana dan pelengkap busana : nama busana, foto, detail ukuran.
c. Bahan, motif, warna, merek, berat, harga, kategori, deskripsi.
d. Jenis makanan dan minuman : nama makanan/minuman, foto, nomor.
e. Sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, kategori, cara penyimpanan, deskripsi.
f. Jenis CD, VCD dan kaset: judul, foto sampul, materi, narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
g. Khusus untuk software, data yang diperlukan adalah: judul, foto sampul, beberapa screenshot ketika program sedang dijalankan (maksimum 4), OS, minimum requirements, penyusun/programmer, penerbit, berat, harga, deskripsi.
h. Jenis obat, parfum dan kosmetik: nama produk, foto, wangi (parfum wajib diisi), volume/ isi, komposisi, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, kategori, deskripsi.
i. Jenis merchandise: nama produk, foto, dimensi, materi (terbuat dari), merek/nama penerbit/ produsen, power supply (khusus elektronik), berat, harga, kategori, deskripsi.
j. Jenis jasa: judul jasa yang ditawarkan, deskripsi (tentang jasa yang ditawarkan beserta rincian harga dan deskripsi paket-paketnya bila ada).
Keterangan:
a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah mengenali dan menemukan produk Anda melalui mesin pencari. Contoh: jilbab Minang jumbo merek ………, atau Kitab ……… Exclusive Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan foto produk jelas dan tidak memuat gambar wajah/kepala makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak untuk mengeditnya sebelum foto tersebut dimuat di situs. Ukuran maksimal lebar foto adalah 300 pixel, dan tinggi maksimum adalah 260 pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa memberitahukannya pada kami untuk kami optimize.
c. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.
d. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan kacang Arab), maka berat yang dicantumkan adalah berat minimum yang bersedia Anda jual dan Anda kirim ke pemesan. Adapun harganya mengikuti berat. Contoh: berat ……..kg, harga Rp….. (perkg)
e. Bila merek/nama penerbit sama dengan nama dagang Anda, maka boleh dikosongkan. Adapun untuk produk yang tidak ada atau tidak diketahui merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).
f. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.
g. Jika detail produk Anda telah kami setujui, produk Anda akan tampil di …...-SHOP, dan masa kerjasama dimulai pada hari pertama kali dimuatnya produk-produk Anda tersebut. Apabila Anda kesulitan mengirim data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.
I. Langkah-langkah untuk Menjadi Mitra PM-BazaaR
a. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.
b. Tunggu hingga pihak kami mengirimkan kode untuk mengakses halaman administrasi Anda. Masa kerjasama dimulai dari hari penyerahterimaan kode akses.
c. Login ke halaman administrasi dengan alamat www. …………...com.
d. Upload/submit foto produk beserta detailnya.
e. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.
Berikut ini rincian detail produk yang perlu di upload/submit:
a. Jenis buku/Al-Quran: judul, foto sampul, penulis, penerbit, cetakan ke/edisi, jumlah halaman, ukuran (lebar x panjang), berat, harga, kategori, deskripsi.
b. Jenis busana dan pelengkap busana: nama busana, foto, detail ukuran, bahan, motif dan warna, merk, berat, harga, deskripsi.
c. Jenis makanan dan minuman: nama makanan/ minuman, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, cara penyimpanan, deskripsi
d. Jenis CD, VCD dan kaset: judul, foto sampul, materi, narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
Khusus untuk software, data yang diperlukan adalah: judul, foto sampul, beberapa screenshot ketika program sedang dijalankan (maksimum 4), OS, minimum requirements, penyusun/ programmer, penerbit, berat, harga, deskripsi.
e. Jenis obat, parfum dan kosmetik: nama produk, foto, wangi (parfum wajib diisi), volume/isi, komposisi, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, deskripsi.
f. Jenis merchandise: nama produk, foto, dimensi, materi (terbuat dari), merek/nama penerbit/ produsen, power supply (khusus elektronik), berat, harga, deskripsi.
g. Jenis jasa: judul jasa yang ditawarkan, nama-nama paket (bila ada), deskripsi, dan harganya.
Keterangan:
a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah mengenali dan menemukan produk Anda melalui mesin pencari. Contoh: Jilbab Minang Jumbo merek …….., atau Kitab …… Exclusive Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan foto produk jelas dan tidak memuat gambar wajah/kepala makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak untuk mengeditnya sebelum foto tersebut dimuat di situs. Ukuran maksimal lebar foto adalah 300 pixel, dan tinggi maksimum adalah 260 pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa mengirim foto produk/file Anda ke e-mail kami: gudang-bazaar@ ……………...com
a. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.
b. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram. Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan kacang Arab), maka berat yang dicantumkan adalah berat minimal yang bersedia Anda jual dan Anda kirim ke pemesan. Adapun harganya mengikuti berat. Contoh: berat …….kg, harga Rp………..(per kg)
c. Bila merek/nama penerbit sama dengan nama dagang Anda, maka boleh dikosongkan. Adapun untuk produk yang tidak ada atau tidak diketahui merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).
d. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.
e. Produk Anda akan tampil di …..-BazaaR. Jika Anda kesulitan mengirimkan data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.
J. Penutup
Demikian surat penawaran ini dibuat untuk tujuan transparansi sekaligus penawaran kepada Anda untuk bermitra dengan kami. Kami sertakan formulir surat perjanjian kerjasama …..-SHOP dan ……-BazaaR. Anda dapat mengisi salah satu atau keduanya (menurut pilihan Anda). Kemudian, kirimkan formulir surat perjanjian yang sudah Anda isi tersebut ke alamat di bawah ini. Terimakasih.
Perusahaan ini
Alamat :
Tel: ------------------------
Fax: -----------------------
Lampiran I: Batasan Bagi Penjual di PM-BazaaR
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada Bab ‘Keuntungan Bermitra dengan Perusahaan”, mitra yang memilih untuk menyewa tempat di …..-BazaaR bisa menjual produknya secara gratis selama satu tahun pertama. Namun ketentuan ini tidak lagi berlaku sejak omset penjualan Anda dalam satu bulan di PM-BazaaR telah melewati batas maksimal (limit) dengan rincian sebagai berikut.
a. Jenis busana dan pelengkap busana, limitnya adalah Rp………./bulan.
b. Jenis buku, CD, VCD dan kaset, limitnya adalah Rp………./bulan.
c. Jenis merchandise (souvenir, perabot, pernik Islami, poster, dll), limitnya adalah Rp……….,-/bulan.
d. Jenis kosmetik, obat dan perlengkapannya, limitnya adalah Rp………./bulan.
e. Jenis lainnya, limitnya adalah Rp………./bulan.
Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan penjualan di …..-BazaaR dengan membayar uang sewa pada kami, atau tidak lagi menjual produk Anda di …..-BazaaR, atau berpindah dari …..-BazaaR ke …..-SHOP. Berikut ini rincian lebih lanjut untuk biaya sewa setelah masa promosi berakhir:
Masa Sewa Masa Tenggang/ Grace Biaya Sewa
Harian - Rp …………..
1 bulan 3 hari Rp …………..
6 bulan 20 hari Rp …………..
1 tahun 30 hari Rp …………..
3 tahun 30 hari Rp …………..
Keterangan:
Harga bisa naik sewaktu-waktu. Namun perubahan harga tidak berlaku jika penyewa sudah melakukan perpanjangan sebelum harga dinaikkan. Manfaatkan peluang ini. Untuk sementara belum ada pembatasan besar total file yang di upload.
Lampiran II: Sistem Bagi Hasil untuk Penjual di PM-SHOP
Penjual di …..-SHOP tidak perlu membayar biaya sewa. Kami menerapkan sistem bagi hasil untuk setiap transaksi di …..-SHOP dengan persentase bagi hasil yang bisa dinego. Anda diharapkan untuk bersedia memberikan transparansi mengenai rincian dari harga produk yang Anda berikan agar tercapai win-win solution dalam penentuan persentase.
Surat Perjanjian Kerjasama
(Perusahaan ini One Stop e-Muslim Shop)
Pada hari ini tanggal , dibuat perjanjian kerjasama pemasaran di ……………….com One Stop e-Muslim Shop dengan sistem bagi hasil antara:
1. Nama : --------------------
Alamat : -------------------------------------
Telepon/HP : -----------------------------------
E-mail : ------------------------------
No. KTP : ---------------------------------
No Rekening : (Tunggu pemberitahuan selanjutnya)
Status : Pemilik usaha bidang e-commerce, perusahaan ini disebut sebagai Pihak Pertama (I)
2. Nama :
Alamat :
Telepon : HP :
E-mail :
No. KTP :
No. Rekening : Bank : KCP :
Atas nama : Informasi pemesanan dikirim via : Cara mengirim barang : Melalui TIKI
Kirim sendiri *) untuk pemesanan di wilayah :
Melalui jasa pengiriman lainnya :
*) Tanpa ongkos kirim
Hal. 15
Status : Pemilik merk dagang yang setuju
untuk menjual produknya di wwwww……………..com One Stop e-Muslim
Shop dengan jenis produk :
Disebut sebagai Pihak Kedua (II)
Kedua pihak sepakat melakukan kegiatan kerjasama penjualan produk Pihak Kedua di www…………...com One Stop e-Muslim Shop milik Pihak Pertama dengan sistem bagi hasil. Yaitu, % dari omzet penjualan adalah menjadi hak Pihak Pertama sesuai kesepakatan.
Bentuk kerjasama kedua pihak adalah sebagai berikut:
A. Tugas dan tanggung jawab Pihak Pertama:
a. Meng-upload dan mengedit data produk yang dikirim oleh penjual untuk kemudian dimuat di …..-SHOP.
b. Menjadi perantara jual beli antara pembeli di perusahaan ini dengan Pihak Kedua.
c. Menyampaikan informasi pada Pihak Kedua apabila ada pemesanan, berikut nama, alamat tujuan, serta kode pemesanan.
d. Turut mengawasi, menyeleksi dan mengedit informasi Pihak Kedua beserta produknya agar akurat dan tetap dalam bingkai yang sesuai dengan Al- Quran dan As-Sunnah.
e. Turut menjaga kelancaran dan keamanan jalannya situs www. ……………..com
f. Turut menjaga tingginya nilai customer satisfaction (kepuasan pembeli) agar senang dan kembali berbelanja di www. ………………..com. Demikian pula keutamaan menjaga nilai kepuasan layanan pada Pihak Kedua.
g. Menjaga amanah uang yang dikirim oleh pembeli untuk diserahkan kepada Pihak Kedua setelah barang diterima oleh pembeli dalam keadaan baik dalam jangka waktu insya Allah paling lambat tiga (3) hari kerja dari hari
diterimanya barang oleh pembeli dengan dikurangi persentase bagi hasil yang telah disepakati.
h. Mengembalikan seluruh uang kepada pembeli yang meminta uangnya kembali (tanpa dikurangi biaya apapun) karena membatalkan pembelian dengan alasan:
1. Barang yang diterima tidak sesuai dengan informasi yang ditampilkan di situs,
2. Barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat.
i. Mengabarkan pada Pihak Kedua jika ada pembeli yang mengembalikan barangnya untuk ditukar atau uangnya dikembalikan karena terjadinya salah satu kasus di atas, untuk ditindaklanjuti oleh Pihak Kedua.
j. Mengabarkan pada Pihak Kedua melalui halaman administrasi apabila ada update fitur dan layanan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh Pihak Kedua.
B. Tugas dan tanggung jawab Pihak Kedua:
a. Pihak Kedua mengirimkan foto yang jelas dan informasi yang detail mengenai barang yang dijual via e-mail ke gudang@ Perusahaan ini.com atau via pos.
b. Segera menginformasikan detail produk (terutama harga, ukuran, dan point- point krusial lainnya) apabila terjadi perubahan.
c. Menunggu informasi pemesanan dari Pihak Pertama sembari ikut mempromosikan www. ……………...com
d. Jika dikehendaki, dapat mencantumkan alamat situs www. Perusahaan ini.com pada kartu nama dan berbagai media promosi Pihak Kedua.
e. Barang yang dijual harus ready stock atau Pihak Kedua harus sanggup menyediakan barang pesanan sejumlah yang dipesan, dalam jangka waktu kurang dari dua (2) hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari Pihak Pertama.
f. Apabila Pihak Kedua tidak sanggup menyediakan barang dalam jangka waktu tersebut, misalnya karena jumlah barang yang dipesan terlalu banyak, maka harap melaporkan pada Pihak Pertama serta memberikan kepastian tanggal pengiriman yang dapat dipenuhi.
g. Mengirimkan barang ke alamat pembeli dalam jangka waktu paling lambat dua hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan, atau menurut kepastian tanggal yang bisa dipenuhi apabila terjadi suatu hal sebagaimana yang dideskripsikan pada point (g) di atas.
h. Segera meng-SMS informasi pengiriman kepada Pihak Pertama dengan format:
#
dagang>#kode pemesan#perkiraan tanggal terima oleh pembeli#jasa pengirim#nomor resi (bila ada)Contoh: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#sendiriA. Pendahuluan
Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan e-commerce yang menggeluti usaha jasa penjualan produk-produk Islami secara online. Produk-produk yang insya Allah menjadi target penjualan kami adalah yang dibutuhkan atau diinginkan oleh umat Islam, serta dapat mendidik dan mengajak konsumen untuk dapat lebih mendalami dan memahami Islam dengan benar, dimana kehalalan dan ke-syar’i-annya merupakan prioritas yang diutamakan. Adapun yang kami lakukan adalah menyediakan portal yang mengenalkan produk-produk Anda pada konsumen sekaligus menjualkannya. Maka dari itu dibutuhkan jalinan kerjasama antara kami selaku pihak ………………. (Pihak Pertama), dengan Anda selaku produsen atau pihak yang ingin memasarkan produk di situs ………………….. (Pihak Kedua).
B. Tentang Perusahaan
Kami menyediakan dua jenis pasar pada situs yang sama. Yang pertama adalah ……………… (…..-SHOP), dan yang kedua adalah ……………… BazaaR (…..-BazaaR). Keduanya bisa dijumpai di situs kami, ……………… dengan perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari konsep hingga desainnya. Tujuan dari pembedaan ini adalah untuk memudahkan pengunjung yang ingin berbelanja. Sehingga, pengunjung yang ingin berbelanja berdasarkan kategori ataupun merek/produsen bisa menemukan tempat yang tepat, apakah itu di ….-SHOP atau …..-BazaaR.
…..-SHOP dapat dijumpai pada halaman utama ……………… dengan desain berwarna dominan ungu. …..-SHOP membantu memasarkan produk-produk dari penjual/produsen dengan mengelompokkan produk menurut jenisnya. Jalinan kerjasama yang terjadi di sini menggunakan sistem bagi hasil.
….-BazaaR memiliki lokasi sendiri di situs kami, yakni di halaman utama atau
C. PENAWARAN UNTUK ANDA
Apa yang perusahaan ini tawarkan? Space dan jasa penjualan. Anda selaku Pihak Kedua memiliki kesempatan untuk menjual produk Anda di situs kami dengan memulai satu dari tiga penawaran kami. Antara lain:
a. Menjual produk di ……-SHOP, apabila Anda ingin menjual produk Anda di situs ………………. dengan sistem bagi hasil.
b. Menjual produk di ….-BazaaR, apabila Anda ingin menjual produk dengan homepage khusus untuk Anda di situs www.bazaar. ………..com dengan sistem sewa.
c. Menjual poduk di …..-SHOP dan di ….-BazaaR dengan syarat dan ketentuan masing-masing seperti diatas.
D. KEUNTUNGAN BERMITRA DENGAN …………….COM
Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan insya Allah bisa Anda dapatkan jika bermitra dengan perusahaan ini:
a. Pangsa pasar yang luas, yakni meliputi wilayah Indonesia dan membuka kesempatan untuk menjaring pembeli dari pasar internasional (global market).
b. Akad jual beli yang jelas. Hal ini adalah karena setiap produk yang dijual memiliki detail produk yang rinci, disertai foto, harga, dan jaminan yang jelas.
c. Media yang murah untuk menampilkan produk Anda secara detail. Di www……….…com, Anda bisa dengan leluasa menampilkan foto setiap produk, dan informasi detail lainnya tanpa harus khawatir dengan biaya iklan yang begitu besar.
d. Penawaran untuk ……-BazaaR. Gratis menjual produk selama setahun pertama atau selama belum mencapai limit omzet penjualan (mana yang tercapai lebih dulu). Apabila Anda tidak mau melanjutkan, kontrak kerjasama bisa diakhiri dan produk Anda tak lagi dijual di situs perusahaan ini. Bila Anda merasa puas dengan pemasaran produk Anda di Perusahaan ini, kontrak dapat dilanjutkan ke jenjang berikutnya, sesuai pilihan.
e. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan logo perusahaan/toko Anda, beserta produk-produk khusus dari perusahaan/toko Anda pula, apabila memilih untuk bermitra dengan kami di …..-BazaaR.
f. Homepage dengan alamat (merek_dagang_Anda). Perusahaan ini yang khusus menampilkan logo perusahaan/toko Anda, beserta produk-produk khusus dari perusahaan/toko Anda pula, apabila memilih untuk bermitra dengan kami di …….- BazaaR.
g. Homepage Anda ini kemudian bisa dijadikan sarana untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk Anda juga dijual di internet, hal ini insya Allah akan menambah kesan profesionalitas dan memperkuat brand image perusahaan/toko Anda.
h. Anda bisa mencantumkan homepage Anda ini, saat beriklan di tempat lain. Sehingga konsumen yang masih penasaran dengan produk Anda, ingin mengetahui dengan lebih detail, atau ingin mengetahui produk lain yang Anda miliki, dapat mengakses homepage Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.
i. Sistem pendukung via e-mail maupun telepon, untuk membantu memudahkan Anda mengirim data produk, mengedit, memberi saran, komplain atau yang lainnya.
E. KELEBIHAN PERUSAHAAN
Adapun beberapa kelebihan perusahaan ini adalah:
a. Yang pertama di Indonesia! Hadir dengan konsep muslim market, yang berkomitmen untuk menyediakan semua produk islami dalam satu portal.
b. Konsep ini bisa lebih menguntungkan, karena produk Anda akan berada pada suatu tempat dimana orang akan mencari kebutuhan muslim secara online.
c. Ibaratnya, Anda mempunyai sebuah stan, di sebuah mall khusus untuk umat Islam. Di mall ini, semua pedagang menjual produk yang halal dan syar’i. Memiliki stan di tempat seperti ini sambil menjual di tempat sendiri insya Allah akan jauh lebih menguntungkan daripada hanya menjual produk di tempat Anda sendiri. Hal ini karena wilayah pasar yang dicakup bisa lebih luas.
d. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, serta menambah jangkauan produk, sehingga pangsa pasar akan menjadi semakin luas.
e. Kami juga berkomitmen untuk menjual produk-produk yang halal dan sesuai syariat Islam dimana tolak ukurnya adalah Al-Quran dan As-Sunnah menurut pemahaman yang benar. Merupakan suatu kelebihan apabila produk Anda bisa tampil di situs perusahaan ini.
f. Promosi situs secara konsisten dan berkesinambungan baik secara online (di internet) maupun secara offline (di dunia nyata) akan meningkatkan jumlah pengunjung ke situs ini dari waktu ke waktu.
g. Metode promosi situs yang cukup unik dan beragam, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung situs setiap harinya. Oleh karena itu pengunjung yang melihat atau membeli produk Anda juga diharapkan bisa terus meningkat.
h. Dengan dukungan Anda, pelayanan konsumen yang ramah dan memuaskan dapat meningkatkan potensi konsumen untuk kembali membeli produk Anda. Hal ini juga akan mendukung terjadinya efek ‘buzz’, dimana konsumen akan bercerita tentang produk Anda kepada rekan-rekannya.
i. Tersedianya komunitas yang turut memudahkan Anda untuk mencari partner, relasi bisnis, ataupun agen untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.
F. Alur Kerja/ Work Flow Perusahaan
Pengunjung dapat dengan mudah berbelanja di situs kami dengan menggunakan fitur kereta belanja (Shopping Cart) yang ada. Selanjutnya, komunikasi dilakukan via e-mail/ SMS/telepon/faks. Berikut ini flowchart ringkas dari sistem kerja kami apabila Anda sepakat untuk bermitra dengan kami.
Berikut ini uraian langkah yang perlu Anda lakukan selama proses kerja tersebut:
a. Setelah barang Anda dipasang di perusahaan ini, tunggulah kabar dari kami hingga ada informasi pemesanan barang.
b. Apabila ada informasi pemesanan barang, kami akan mengabarkannya pada Anda.
c. Siapkan barang dan kirimkan ke alamat pemesan dalam jangka waktu paling lambat 2 hari kerja (pastikan barang yang dikirim berada dalam kondisi yang baik, dan pemesan dapat menerimanya pula).
d. Jika tidak ada komplain dari pembeli, uang akan kami kirim pada Anda insya Allah paling lambat 3 hari kerja.
G. Syarat dan Ketentuan bermitra dengan Perusahaan
a. Bukan perusahaan fiktif yang hanya mengharap menerima uang tanpa mengirimkan barang yang dipesan.
b. Berkomitmen untuk melakukan usaha dengan niat yang benar, sehingga semoga Allah menjadikan semua yang kita lakukan dalam bisnis ini bernilai pahala.
c. Beritikad baik dalam bersama-sama memenuhi tanggung jawab dan kewajiban masing-masing pihak, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.
d. Barang yang hendak dijual haruslah halal dan syar’i. www. ……………….com mempunyai tim penyeleksi produk yang akan menentukan dapat diterima atau tidaknya produk Anda.
e. Sanggup mengirimkan barang pesanan paling lambat dua hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari pihak www. ……………….com.
f. Anda harus mengirimkan informasi apabila produk tidak ready stock, serta kapan produk tersebut dapat di kirim ke alamat customer, paling lambat satu hari kerja dari diterimanya informasi pemesanan.
g. Mudah dihubungi via e-mail/telepon/HP/SMS/faks (sesuai perjanjian).
h. Memiliki sistem pengiriman barang yang jelas.
i. Memiliki rekening di bank yang terjangkau di wilayah Surabaya. Disarankan memiliki rekening BCA atau BSM.
j. Bersedia menerima penukaran barang atau mengembalikan uang apabila pembeli menerima barang dalam kondisi yang tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan.
k. Apabila terjadi perubahan yang sangat penting mengenai usaha Anda yang sekiranya dapat mempengaruhi kinerja www………………..com (misal: rencana gulung tikar atau tak lagi memproduksi barang yang dijual di perusahaan ini), mohon untuk segera menginformasikan rencana tersebut pada kami paling lambat seminggu sebelum pelaksanaan.
l. Berusaha memberikan layanan yang terbaik (misal: tepat waktu, kualitas produk yang sesuai, dll) karena www. …………………..com ini milik bersama, sehingga Anda mempunyai peranan yang cukup besar dalam kemajuan perusahaan ini yang kemudian akan berimplikasi pada kemajuan usaha Anda pula.
m. Bagi yang hendak memasang produknya di dua tempat, ….-SHOP dan …..-BazaaR, sekaligus, maka harga barang yang dijual di …...-BazaaR tidak boleh berbeda dengan yang dijual di …..-SHOP.
H. Langkah-Langkah untuk Menjadi Mitra Perusahaan
a. Mengadakan tawar-menawar mengenai persentase bagi hasil kepada pihak perusahaan ini hingga mencapai kesepakatan.
b. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.
c. Kirimkan foto produk yang ingin Anda jual di ……-SHOP beserta detailnya ke alamat gudang-shop@ …………...com.
d. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.
Berikut ini rincian detail produk yang perlu dikirim ke gudang-shop@ ………………..com:
a. Jenis buku/Al-Quran: judul, foto sampul, penulis, penerbit, volume/jilid/edisi, cetakan ke, jumlah halaman, ukuran (lebar x panjang), berat, harga, kategori, deskripsi.
b. Jenis busana dan pelengkap busana : nama busana, foto, detail ukuran.
c. Bahan, motif, warna, merek, berat, harga, kategori, deskripsi.
d. Jenis makanan dan minuman : nama makanan/minuman, foto, nomor.
e. Sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, kategori, cara penyimpanan, deskripsi.
f. Jenis CD, VCD dan kaset: judul, foto sampul, materi, narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
g. Khusus untuk software, data yang diperlukan adalah: judul, foto sampul, beberapa screenshot ketika program sedang dijalankan (maksimum 4), OS, minimum requirements, penyusun/programmer, penerbit, berat, harga, deskripsi.
h. Jenis obat, parfum dan kosmetik: nama produk, foto, wangi (parfum wajib diisi), volume/ isi, komposisi, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, kategori, deskripsi.
i. Jenis merchandise: nama produk, foto, dimensi, materi (terbuat dari), merek/nama penerbit/ produsen, power supply (khusus elektronik), berat, harga, kategori, deskripsi.
j. Jenis jasa: judul jasa yang ditawarkan, deskripsi (tentang jasa yang ditawarkan beserta rincian harga dan deskripsi paket-paketnya bila ada).
Keterangan:
a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah mengenali dan menemukan produk Anda melalui mesin pencari. Contoh: jilbab Minang jumbo merek ………, atau Kitab ……… Exclusive Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan foto produk jelas dan tidak memuat gambar wajah/kepala makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak untuk mengeditnya sebelum foto tersebut dimuat di situs. Ukuran maksimal lebar foto adalah 300 pixel, dan tinggi maksimum adalah 260 pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa memberitahukannya pada kami untuk kami optimize.
c. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.
d. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan kacang Arab), maka berat yang dicantumkan adalah berat minimum yang bersedia Anda jual dan Anda kirim ke pemesan. Adapun harganya mengikuti berat. Contoh: berat ……..kg, harga Rp….. (perkg)
e. Bila merek/nama penerbit sama dengan nama dagang Anda, maka boleh dikosongkan. Adapun untuk produk yang tidak ada atau tidak diketahui merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).
f. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.
g. Jika detail produk Anda telah kami setujui, produk Anda akan tampil di …...-SHOP, dan masa kerjasama dimulai pada hari pertama kali dimuatnya produk-produk Anda tersebut. Apabila Anda kesulitan mengirim data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.
I. Langkah-langkah untuk Menjadi Mitra PM-BazaaR
a. Sepakati dan tandatangani surat perjanjian kerjasama.
b. Tunggu hingga pihak kami mengirimkan kode untuk mengakses halaman administrasi Anda. Masa kerjasama dimulai dari hari penyerahterimaan kode akses.
c. Login ke halaman administrasi dengan alamat www. …………...com.
d. Upload/submit foto produk beserta detailnya.
e. Ikuti kesepakatan-kesepakatan yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.
Berikut ini rincian detail produk yang perlu di upload/submit:
a. Jenis buku/Al-Quran: judul, foto sampul, penulis, penerbit, cetakan ke/edisi, jumlah halaman, ukuran (lebar x panjang), berat, harga, kategori, deskripsi.
b. Jenis busana dan pelengkap busana: nama busana, foto, detail ukuran, bahan, motif dan warna, merk, berat, harga, deskripsi.
c. Jenis makanan dan minuman: nama makanan/ minuman, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, cara penyimpanan, deskripsi
d. Jenis CD, VCD dan kaset: judul, foto sampul, materi, narasumber, penerbit, durasi, berat, harga, kategori, deskripsi.
Khusus untuk software, data yang diperlukan adalah: judul, foto sampul, beberapa screenshot ketika program sedang dijalankan (maksimum 4), OS, minimum requirements, penyusun/ programmer, penerbit, berat, harga, deskripsi.
e. Jenis obat, parfum dan kosmetik: nama produk, foto, wangi (parfum wajib diisi), volume/isi, komposisi, nomor sertifikat halal LPPOM-MUI (bila ada), merek, berat, harga, deskripsi.
f. Jenis merchandise: nama produk, foto, dimensi, materi (terbuat dari), merek/nama penerbit/ produsen, power supply (khusus elektronik), berat, harga, deskripsi.
g. Jenis jasa: judul jasa yang ditawarkan, nama-nama paket (bila ada), deskripsi, dan harganya.
Keterangan:
a. Cobalah untuk memberi judul/nama produk yang unik agar pengunjung tertarik, mudah mengenali dan menemukan produk Anda melalui mesin pencari. Contoh: Jilbab Minang Jumbo merek …….., atau Kitab …… Exclusive Cover dengan bonus VCD, dsb.
b. Pastikan foto produk jelas dan tidak memuat gambar wajah/kepala makhluk hidup, terutama mata. Bila terpaksa terjadi, maka pihak www. ………...com berhak untuk mengeditnya sebelum foto tersebut dimuat di situs. Ukuran maksimal lebar foto adalah 300 pixel, dan tinggi maksimum adalah 260 pixel. Harap foto sudah di-optimize terlebih dahulu. Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa mengirim foto produk/file Anda ke e-mail kami: gudang-bazaar@ ……………...com
a. Deskripsi produk harus ringkas, jelas, dan tidak memuat lebih dari 1000 kata.
b. Cantumkan berat bruto (termasuk kemasan) untuk semua produk, dalam satuan kilogram. Untuk jenis makanan dan minuman, apabila belum dikemas (contoh: camilan kacang Arab), maka berat yang dicantumkan adalah berat minimal yang bersedia Anda jual dan Anda kirim ke pemesan. Adapun harganya mengikuti berat. Contoh: berat …….kg, harga Rp………..(per kg)
c. Bila merek/nama penerbit sama dengan nama dagang Anda, maka boleh dikosongkan. Adapun untuk produk yang tidak ada atau tidak diketahui merek/nama produsennya, maka cukup lengkapi data dengan tanda strip (-).
d. Untuk kitab Al-Quran, nama penulis dan nomor cetakan tidak perlu diisi.
e. Produk Anda akan tampil di …..-BazaaR. Jika Anda kesulitan mengirimkan data di atas via internet, silakan mengirimkannya via pos ke alamat kami.
J. Penutup
Demikian surat penawaran ini dibuat untuk tujuan transparansi sekaligus penawaran kepada Anda untuk bermitra dengan kami. Kami sertakan formulir surat perjanjian kerjasama …..-SHOP dan ……-BazaaR. Anda dapat mengisi salah satu atau keduanya (menurut pilihan Anda). Kemudian, kirimkan formulir surat perjanjian yang sudah Anda isi tersebut ke alamat di bawah ini. Terimakasih.
Perusahaan ini
Alamat :
Tel: ------------------------
Fax: -----------------------
Lampiran I: Batasan Bagi Penjual di PM-BazaaR
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada Bab ‘Keuntungan Bermitra dengan Perusahaan”, mitra yang memilih untuk menyewa tempat di …..-BazaaR bisa menjual produknya secara gratis selama satu tahun pertama. Namun ketentuan ini tidak lagi berlaku sejak omset penjualan Anda dalam satu bulan di PM-BazaaR telah melewati batas maksimal (limit) dengan rincian sebagai berikut.
a. Jenis busana dan pelengkap busana, limitnya adalah Rp………./bulan.
b. Jenis buku, CD, VCD dan kaset, limitnya adalah Rp………./bulan.
c. Jenis merchandise (souvenir, perabot, pernik Islami, poster, dll), limitnya adalah Rp……….,-/bulan.
d. Jenis kosmetik, obat dan perlengkapannya, limitnya adalah Rp………./bulan.
e. Jenis lainnya, limitnya adalah Rp………./bulan.
Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan penjualan di …..-BazaaR dengan membayar uang sewa pada kami, atau tidak lagi menjual produk Anda di …..-BazaaR, atau berpindah dari …..-BazaaR ke …..-SHOP. Berikut ini rincian lebih lanjut untuk biaya sewa setelah masa promosi berakhir:
Masa Sewa Masa Tenggang/ Grace Biaya Sewa
Harian - Rp …………..
1 bulan 3 hari Rp …………..
6 bulan 20 hari Rp …………..
1 tahun 30 hari Rp …………..
3 tahun 30 hari Rp …………..
Keterangan:
Harga bisa naik sewaktu-waktu. Namun perubahan harga tidak berlaku jika penyewa sudah melakukan perpanjangan sebelum harga dinaikkan. Manfaatkan peluang ini. Untuk sementara belum ada pembatasan besar total file yang di upload.
Lampiran II: Sistem Bagi Hasil untuk Penjual di PM-SHOP
Penjual di …..-SHOP tidak perlu membayar biaya sewa. Kami menerapkan sistem bagi hasil untuk setiap transaksi di …..-SHOP dengan persentase bagi hasil yang bisa dinego. Anda diharapkan untuk bersedia memberikan transparansi mengenai rincian dari harga produk yang Anda berikan agar tercapai win-win solution dalam penentuan persentase.
Surat Perjanjian Kerjasama
(Perusahaan ini One Stop e-Muslim Shop)
Pada hari ini tanggal , dibuat perjanjian kerjasama pemasaran di ……………….com One Stop e-Muslim Shop dengan sistem bagi hasil antara:
1. Nama : --------------------
Alamat : -------------------------------------
Telepon/HP : -----------------------------------
E-mail : ------------------------------
No. KTP : ---------------------------------
No Rekening : (Tunggu pemberitahuan selanjutnya)
Status : Pemilik usaha bidang e-commerce, perusahaan ini disebut sebagai Pihak Pertama (I)
2. Nama :
Alamat :
Telepon : HP :
E-mail :
No. KTP :
No. Rekening : Bank : KCP :
Atas nama : Informasi pemesanan dikirim via : Cara mengirim barang : Melalui TIKI
Kirim sendiri *) untuk pemesanan di wilayah :
Melalui jasa pengiriman lainnya :
*) Tanpa ongkos kirim
Hal. 15
Status : Pemilik merk dagang yang setuju
untuk menjual produknya di wwwww……………..com One Stop e-Muslim
Shop dengan jenis produk :
Disebut sebagai Pihak Kedua (II)
Kedua pihak sepakat melakukan kegiatan kerjasama penjualan produk Pihak Kedua di www…………...com One Stop e-Muslim Shop milik Pihak Pertama dengan sistem bagi hasil. Yaitu, % dari omzet penjualan adalah menjadi hak Pihak Pertama sesuai kesepakatan.
Bentuk kerjasama kedua pihak adalah sebagai berikut:
A. Tugas dan tanggung jawab Pihak Pertama:
a. Meng-upload dan mengedit data produk yang dikirim oleh penjual untuk kemudian dimuat di …..-SHOP.
b. Menjadi perantara jual beli antara pembeli di perusahaan ini dengan Pihak Kedua.
c. Menyampaikan informasi pada Pihak Kedua apabila ada pemesanan, berikut nama, alamat tujuan, serta kode pemesanan.
d. Turut mengawasi, menyeleksi dan mengedit informasi Pihak Kedua beserta produknya agar akurat dan tetap dalam bingkai yang sesuai dengan Al- Quran dan As-Sunnah.
e. Turut menjaga kelancaran dan keamanan jalannya situs www. ……………..com
f. Turut menjaga tingginya nilai customer satisfaction (kepuasan pembeli) agar senang dan kembali berbelanja di www. ………………..com. Demikian pula keutamaan menjaga nilai kepuasan layanan pada Pihak Kedua.
g. Menjaga amanah uang yang dikirim oleh pembeli untuk diserahkan kepada Pihak Kedua setelah barang diterima oleh pembeli dalam keadaan baik dalam jangka waktu insya Allah paling lambat tiga (3) hari kerja dari hari
diterimanya barang oleh pembeli dengan dikurangi persentase bagi hasil yang telah disepakati.
h. Mengembalikan seluruh uang kepada pembeli yang meminta uangnya kembali (tanpa dikurangi biaya apapun) karena membatalkan pembelian dengan alasan:
1. Barang yang diterima tidak sesuai dengan informasi yang ditampilkan di situs,
2. Barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat.
i. Mengabarkan pada Pihak Kedua jika ada pembeli yang mengembalikan barangnya untuk ditukar atau uangnya dikembalikan karena terjadinya salah satu kasus di atas, untuk ditindaklanjuti oleh Pihak Kedua.
j. Mengabarkan pada Pihak Kedua melalui halaman administrasi apabila ada update fitur dan layanan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh Pihak Kedua.
B. Tugas dan tanggung jawab Pihak Kedua:
a. Pihak Kedua mengirimkan foto yang jelas dan informasi yang detail mengenai barang yang dijual via e-mail ke gudang@ Perusahaan ini.com atau via pos.
b. Segera menginformasikan detail produk (terutama harga, ukuran, dan point- point krusial lainnya) apabila terjadi perubahan.
c. Menunggu informasi pemesanan dari Pihak Pertama sembari ikut mempromosikan www. ……………...com
d. Jika dikehendaki, dapat mencantumkan alamat situs www. Perusahaan ini.com pada kartu nama dan berbagai media promosi Pihak Kedua.
e. Barang yang dijual harus ready stock atau Pihak Kedua harus sanggup menyediakan barang pesanan sejumlah yang dipesan, dalam jangka waktu kurang dari dua (2) hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari Pihak Pertama.
f. Apabila Pihak Kedua tidak sanggup menyediakan barang dalam jangka waktu tersebut, misalnya karena jumlah barang yang dipesan terlalu banyak, maka harap melaporkan pada Pihak Pertama serta memberikan kepastian tanggal pengiriman yang dapat dipenuhi.
g. Mengirimkan barang ke alamat pembeli dalam jangka waktu paling lambat dua hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan, atau menurut kepastian tanggal yang bisa dipenuhi apabila terjadi suatu hal sebagaimana yang dideskripsikan pada point (g) di atas.
h. Segera meng-SMS informasi pengiriman kepada Pihak Pertama dengan format:
#
Atau: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#Fulan Agency#84910293
Lalu menunggu pengiriman uang dari Pihak Pertama apabila tidak ada penolakan dari pembeli.
i. Bersedia menerima pengembalian barang yang ditolak oleh pemesan dan mengirimkan gantinya apabila pembeli minta barangnya ditukar. Segala ongkos kirim ditanggung oleh Pihak Kedua, termasuk ongkos kirim barang dari pembeli kepada Pihak Kedua (ditransfer ke Pihak Pertama untuk dikirim kembali ke pembeli). Agar hal ini tidak terjadi, Pihak Kedua direkomendasikan dengan sangat untuk mengirimkan informasi produk yang sedetail-detailnya serta foto yang sejelas-jelasnya melalui halaman administrasi.
j. Turut menyumbang saran dan kritik membangun kepada Pihak Pertama mengenai situs www. Perusahaan ini.com, dan menjaga performanya.
k. Mendukung layanan Pihak Pertama dengan mematuhi syarat, ketentuan, serta perjanjian sebagai Pihak Kedua, serta meningkatkan layanan selaku Pihak Kedua.
C. Jangka waktu perjanjian:
a. Lamanya masa perjanjian pemasaran produk di www………….com One Stop e-Muslim Shop adalah satu (1) tahun.
b. Perjanjian dapat diperpanjang dengan melakukan konfirmasi selama masa tenggang satu bulan. Apabila masa tenggang telah lewat dan Pihak Kedua belum juga melakukan konfirmasi, maka data Pihak Kedua beserta barangnya akan dihapusdari database Perusahaan ini. Adapun untuk
mengadakannya lagi, maka diperlukan perjanjian ulang dan data harus dimasukkan ulang seperti menjadi mitra baru Pihak Pertama.
c. Perjanjian kerjasama dapat pula berubah, maupun diputus sewaktu-waktu menurut kesepakatan kedua belah pihak atau jika Pihak Kedua melakukan pelanggaran berulang-ulang berupa tindakan yang merugikan Pihak Pertama demikian pula sebaliknya.
D. Lain-lain
a. Seiring adanya peningkatan kualitas layanan dan tampilan situs Perusahaan ini, segala metode penjualan beserta isi situs dapat berubah sewaktu-waktu tanpa melibatkan perubahan esensi dari perjanjian antara kedua belah pihak. Apabila Pihak Kedua merasa dirugikan, (misal: foto produk Anda ikut terhapus ketika terjadi perombakan desain situs), maka harap memberitahukan Pihak Pertama untuk segera diperbaiki.
b. Dalam penjualan, hendaknya barang yang dijual disesuaikan dengan permintaan pasar. Apabila arus permintaan produk milik Pihak Kedua sangat deras, maka Pihak Kedua dimohon kesadarannya untuk segera menambah kuantitas stok yang ada agar tidak sampai terjadi kehabisan barang, sehingga kegiatan jual beli di Perusahaan ini dapat terus berjalan tanpa ada hambatan, dan pengunjung pun tidak dikecewakan. Lebih bagus lagi bila Pihak Kedua menambah variasi produknya yang juga diminati oleh pasar untuk lebih menarik banyak konsumen.
c. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mempromosikan situs e-commerce lain yang sejenis dengan Perusahaan ini di situs Perusahaan ini dengan alasan apapun. Contoh: “Produk kami juga tersedia di www..............com dan www. ..............com”.
d. Pihak kedua tidak diperkenankan menggunakan program-program, bahasa pemrograman, atau mengirim virus/ bug dengan jalan apapun yang mengakibatkan rusak/kacaunya sebagian atau seluruh situs Perusahaan ini. Pastikan komputer yang dipakai Pihak Kedua bebas dari virus dan gangguan berbahaya lainnya sebelum mengirim e-mail ke webmaster Perusahaan ini. Disarankan untuk meng-install program antivirus yang bagus, terpercaya, dan selalu di-update.
Demikian surat perjanjian kerjasama penjualan produk di perusahaan ini One Stop e-Muslim Shop ini telah disepakati dan ditandatangani bersama dan dapat dipakai sebagai bukti tertulis. Apabila terjadi penyimpangan salah satu pihak sehingga merugikan pihak lain dapat diselesaikan secara musyawarah atau diproses secara hukum yang berlaku.
,
Pihak Pertama Pihak Kedua
Pemilik Usaha Bidang E-Commerce Penyedia Barang dan Pemilik Perusahaan ini
------------------------
Saksi I Saksi II
Hal. 20
Surat Perjanjian Kerjasama
(Perusahaan ini.com BazaaR)
Pada hari ini tanggal , dibuat perjanjian kerjasama pemasaran di Perusahaan ini.com BazaaR dengan sistem sewa antara:
1. Nama : -----------------------
Alamat : ------------------------
Telepon/HP : ------------------------
E-mail : ---------------------------
No. KTP : -------------------------------------
No Rekening : (Tunggu pemberitahuan selanjutnya)
Status : Pemilik usaha bidang e-commerce, Perusahaan ini
Disebut sebagai Pihak Pertama (I)
2. Nama :
Alamat :
Telepon : HP :
E-mail :
No. KTP :
No. Rekening : Bank : KCP :
Atas nama : Informasi pemesanan dikirim via : Cara mengirim barang : Melalui TIKI
Kirim sendiri *) untuk pemesanan di wilayah :
Melalui jasa pengiriman lainnya :
*) Tanpa ongkos kirim
Hal. 21
Status : Pemilik merk dagang yang setuju
untuk menjual produknya di Perusahaan ini BazaaR dengan jenis produk :
Disebut sebagai Pihak Kedua (II)
Kedua pihak sepakat melakukan kegiatan kerjasama penjualan produk Pihak Kedua di PernikMuslim.com BazaaR milik Pihak Pertama dengan sistem sewa. Yaitu, gratis sewa selama satu (1) tahun pertama atau selama omset per bulan belum melebihi limit (hingga salah satunya tercapai lebih dulu). Selanjutnya dapat dilanjutkan ke jenjang penawaran berikutnya sebagaimana yang tertera di Lampiran I.
Bentuk kerjasama kedua pihak adalah sebagai berikut:
A. Tugas dan tanggung jawab Pihak Pertama:
a. Menyerahkan kode akses ke halaman administrasi pada Pihak Kedua segera setelah penandatanganan surat ini.
b. Menjadi perantara jual beli antara pembeli di bazaar. Perusahaan ini.com dengan Pihak Kedua.
c. Menyampaikan informasi pada Pihak Kedua apabila ada pemesanan, berikut nama, alamat tujuan, serta kode pemesanan.
d. Turut mengawasi, menyeleksi dan mengedit informasi Pihak Kedua beserta produknya agar akurat dan tetap dalam bingkai yang sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah.
e. Menyediakan space untuk homepage khusus milik Pihak Kedua dengan alamat
f. Turut menjaga kelancaran dan keamanan jalannya situs www. bazaar …………..com.
g. Turut menjaga tingginya nilai customer satisfaction (kepuasan pembeli) agar senang dan kembali berbelanja di bazaar. Perusahaan ini..com. Demikian pula keutamaan menjaga nilai kepuasan layanan pada Pihak Kedua.
h. Menjaga amanah uang yang dikirim oleh pembeli untuk diserahkan kepada Pihak Kedua setelah barang diterima oleh pembeli dalam keadaan baik dalam jangka waktu insya Allah paling lambat tiga (3) hari kerja dari hari diterimanya barang oleh pembeli tanpa dikurangi sepeserpun sebagaimana perjanjian yang telah disepakati.
i. Mengembalikan seluruh uang kepada pembeli yang meminta uangnya kembali (tanpa dikurangi biaya apapun) karena membatalkan pembelian dengan alasan:
1. Barang yang diterima tidak sesuai dengan informasi yang ditampilkan di situs,
2. Barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat.
j. Mengabarkan pada Pihak Kedua jika ada pembeli yang hendak mengembalikan barangnya untuk ditukar atau uangnya dikembalikan karena terjadinya salah satu kasus di atas, untuk ditindaklanjuti oleh Pihak Kedua.
k. Mengabarkan pada Pihak Kedua melalui halaman administrasi apabila ada update fitur dan layanan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh Pihak Kedua.
B. Tugas dan tanggung jawab Pihak Kedua:
a. Turut menjaga username dan password yang didapat agar tidak jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Pihak Pertama tidak bertanggung jawab apabila terjadi kekacauan penjualan produk Pihak Kedua yang diakibatkan oleh kelalaian Pihak Kedua itu sendiri. Adapun untuk memperbaikinya, Pihak Pertama berkewajiban untuk ikut membantu dengan segenap kemampuan.
b. Melalui halaman administrasi, Pihak Kedua mengirimkan foto yang jelas dan informasi yang detail mengenai barang yang dijual.
c. Segera mengupdate detail produk (terutama harga, ukuran, dan point-point krusial lainnya) apabila terjadi perubahan.
d. Menunggu informasi pemesanan dari Pihak Pertama sambil ikut mempromosikan www.
e. Jika dikehendaki, dapat mencantumkan alamat situs anda, yaitu
www.
f. Barang yang dijual harus ready stock atau Pihak Kedua harus sanggup
menyediakan barang pesanan sejumlah yang dipesan, dalam jangka waktu kurang dari dua (2) hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan dari Pihak Pertama.
g. Apabila Pihak Kedua tidak sanggup menyediakan barang dalam jangka waktu tersebut, misalnya karena jumlah barang yang dipesan terlalu banyak, maka harap melaporkan pada Pihak Pertama serta memberikan kepastian tanggal pengiriman yang dapat dipenuhi.
h. Mengirimkan barang ke alamat pembeli dalam jangka waktu paling lambat dua hari kerja sejak diterimanya informasi pemesanan, atau menurut kepastian tanggal yang bisa dipenuhi apabila terjadi suatu hal sebagaimana yang dideskripsikan pada point (g) di atas.
i. Segera meng-SMS informasi pengiriman kepada Pihak Pertama dengan format:
#
dagang>#kode pemesan#perkiraan tanggal terima oleh pembeli#jasa pengirim#nomor resi (bila ada)Contoh: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#sendiri
Atau: #Fulan Collection#7fsa987f0s#17/6/06#Fulan Agency#84910293
Lalu menunggu pengiriman uang dari Pihak Pertama apabila tidak ada penolakan dari pembeli.
j. Bersedia menerima pengembalian barang yang ditolak oleh pemesan dan mengirimkan gantinya apabila pembeli minta barangnya ditukar. Segala ongkos kirim ditanggung oleh Pihak Kedua, termasuk ongkos kirim barang dari pembeli kepada Pihak Kedua (ditransfer ke Pihak Pertama untuk dikirim kembali ke pembeli). Agar hal ini tidak terjadi, Pihak Kedua direkomendasikan dengan sangat untuk mengirimkan informasi produk yang sedetail-detailnya serta foto yang sejelas-jelasnya melalui halaman administrasi.
k. Turut menyumbang saran dan kritik membangun kepada Pihak Pertama mengenai situs bazaar. Perusahaan ini..com, dan menjaga performanya.
l. Mendukung layanan Pihak Pertama dengan mematuhi syarat, ketentuan, serta perjanjian sebagai Pihak Kedua, serta meningkatkan layanan selaku Pihak Kedua.
C. Jangka Waktu Perjanjian
a. Lamanya masa perjanjian pemasaran produk di Perusahaan ini. BazaaR adalah satu (1) tahun dari sejak diterimanya kode akses ke halaman administrasi oleh Pihak Kedua.
b. Perjanjian dapat diperpanjang, atau diperbaharui dengan melakukan konfirmasi dan pemilihan paket perpanjangan (Lampiran I) selama masa tenggang yang telah ditentukan. Apabila masa tenggang telah lewat dan Pihak Kedua belum juga melakukan konfirmasi, maka data Pihak Kedua beserta barangnya akan dihapus dari database www.bazaar. ………...com. Adapun untuk mengadakannya lagi, maka diperlukan perjanjian ulang dan data harus dimasukkan ulang seperti menjadi mitra baru Pihak Pertama. Penawaran gratis satu tahun pun tak lagi berlaku.
c. Perjanjian kerjasama dapat pula berubah, maupun diputus sewaktu-waktu menurut kesepakatan kedua belah pihak atau jika Pihak Kedua melakukan pelanggaran berulang-ulang berupa tindakan yang merugikan Pihak Pertama demikian pula sebaliknya.
D. Lain-lain:
a. Seiring adanya peningkatan kualitas layanan dan tampilan situs bazaar.…………..com, segala metode penjualan beserta isi situs dapat berubah sewaktu-waktu tanpa melibatkan perubahan esensi dari perjanjian antara kedua belah pihak. Apabila Pihak Kedua merasa dirugikan, (misal: foto produk Anda ikut terhapus ketika terjadi perombakan desain situs), maka harap melaporkan hal tersebut pada Pihak Pertama untuk segera diperbaiki.
b. Dalam penjualan, hendaknya barang yang dijual disesuaikan dengan permintaan pasar. Apabila arus permintaan produk yang dijual oleh Pihak Kedua sangat deras, maka Pihak Kedua dimohon kesadarannya untuk segera menambah kuantitas stok yang ada agar tidak sampai terjadi kehabisan barang, sehingga kegiatan jual beli di www.bazaar ……....com dapat terus berjalan tanpa ada hambatan, dan pengunjung pun tidak dikecewakan. Lebih bagus lagi bila Pihak Kedua menambah variasi produknya yang juga diminati oleh pasar untuk lebih menarik banyak konsumen.
c. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mempromosikan situs e-commerce lain yang mempunyai jenis yang sama dengan www.………………..com dan/atau
www. bazaar. ……………....com di situs www. ……………....com maupun di homepage yang menjadi hak milik Pihak Kedua di www.
d. Pihak kedua tidak diperkenankan menggunakan program-program, bahasa pemrograman, atau mengirim virus/bug dengan jalan apapun yang mengakibatkan rusak/kacaunya sebagian atau seluruh situs Perusahaan ini. Pastikan komputer yang dipakai Pihak Kedua bebas dari virus dan gangguan berbahaya lainnya baik sebelum mengakses halaman administrasi maupun mengirim e-mail ke webmaster Perusahaan ini. Disarankan untuk meng-install program antivirus yang bagus, terpercaya, dan selalu di-update.
Demikian surat perjanjian kerjasama penjualan produk di www............com One Stop e-Muslim Shop ini telah disepakati dan ditandatangani bersama dan dapat dipakai sebagai bukti tertulis. Apabila terjadi penyimpangan salah satu pihak sehingga merugikan pihak lain dapat diselesaikan secara musyawarah atau diproses secara hukum yang berlaku.
,
Pihak Pertama Pihak Kedua
Pemilik Usaha Bidang …………….. Penyedia Barang dan Pemilik
----------------------------
Saksi I Saksi II
Sumber: www. pernikmuslim.com
Artikel Terkait