PROPOSAL
PENAWARAN
PAKET BISNIS SOFTWARE PULSA ELEKTRIK
Berstandart Internasional
·
Hight Quality Engine
o
Consulting For Management
§
Data Control Management
·
Finance Control Management
o
Total Suport 24 Hours
§
Standart Operating Prosedur
9001:2000
PT…………………
Izin Usaha: NOMOR …………..
…………………..
A.
PENDAHULUAN
Bergerak di bidang Information technology, khusus pada
pengembangan Mobile System Technology.
Indonesia Mobile System (.............)
didirikan 4 tahun yang lalu dengan produk awal ............. Engine. Seiring dengan perkembangan
manajemen, ............. telah memiliki klien (pemakai ............. engine) lebih dari 100 klien yang tersebar
diseluruh Indonesia. Enam klien berada di Sumatera, 1 di Kalimantan, 1 di Sulawesi dan sisanya di Jawa dan Bali.
Berawal dari menjalankan bisnis isi ulang pulsa elektrik, dengan brand ‘.............’,
............. dikembangkan oleh orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya,
menjadikan ............. sebagai perusahaan IT berstandar Internasional. Masa
pahit dan manis telah dilalui ............. dalam mengembangkan perusahaan
selama ini, dimana hal ini membuat ............. menjadi lebih profesional dan
matang dalam menghadapi tantangan kedepan. Tak ketinggalan pula interaksi yang
intensif dengan para klien sehingga ............. mendapatkan banyak masukan
untuk perbaikan engine pada performa yang dinginkan banyak pihak.
Satu demi satu klien ............. telah berkembang pesat dalam
mengembangkan bisnis isi ulang pulsa elektrik, berbarengan dengan up-date
sistem yang selalu dikembangkan ............. untuk tetap bisa memberikan
dukungan penuh kepada klien baik dari sisi teknis maupun non-teknis.
Menjalin kerjasama dengan pihak
ketiga sebagai pendukung bisnis pulsa, semisal supplier pulsa sebagai penyedia stok pulsa untuk klien ..............
Atau dengan beberapa provider internet yang secara signifikan mendukung jalannya
bisnis pulsa. Hal ini menjadikan ............. sebagai perusahaan yang mempu
bekerjasama dengan berbagai pihak demi mendukung jalannya proses bisnis klien ..............
Saat ini ............. terus
berikhtiar untuk mengembangkan core business kearah yang lebih maju
dengan dukungan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi tinggi.
Disisi lain terus melakukan perbaikan-perbaikan dibidang manajemen dengan
melakukan standarisasi ISO 9001:2000 untuk menjaga kualitas layanan kepada
pelanggan. Dan terus melakukan perbaikan-perbaikan yang sejalan dengan visi dan
misi perusahaan.
B.
............. Business
Berpengalaman dalam mengelola bisnis isi ulang pulsa elektrik, .............
mendapatkan banyak masukan dari pengalaman langsung, sehingga .............
mampu menjawab tantangan zaman, khususnya perkembangan dibidang teknologi
Informasi yang diimplementasikan dalam produk-produk ..............
Sudah banyak ............. melahirkan
pebisnis-pebisnis dibidang isi ulang pulsa elektrik yang saat ini sudah
mencapai transaksi rata-rata 15.000 transaksi per hari. Dengan menerapkan
manajemen terbuka, ............. selalu memberikan yang terbaik untuk
klien-klien yang membutuhkan konsultasi, baik mengenai manajemen pengelolaan
bisnis pulsa, manajemen stok maupun marketing, khususnya bagi mereka sebagai
pemain baru di bisnis pulsa. Tidak ketinggalan juga dukungan secara teknis
dalam bentuk maintenance rutin maupun
emergancy call, yang dilakukan secara
intensif 24 jam non-stop, baik dalam
bentuk maintenance remote, konsultasi
via telepon dan messanger tool maupun
maintenance kunjungan.
Oleh karena itu ............. bukan
saja penyedia engine isi ulang pulsa
elektrik, namun lebih dari sebuah perusahaan yang menyediakan Paket Bisnis
Isi Ulang Pulsa Elektrik. Dimana dalam paket itu selain engine, ada juga jasa konsultasi
manajemen pengelolaannya secara menyeluruh. Mungkin sudah banyak perusahaan
maupun perorangan yang menyediakan engine, namun ............. memiliki
kelebihan dalam hal konsultasi manajemen pengelolaannya. Karena hasil survei
menyatakan bahwa berhasil tidaknya pengelolaan bisnis pulsa tidak hanya
bergantung pada kekuatan engine saja,
namun perlu dukungan dari ‘kekuatan’ manajemen pengelolaannya.
Banyak pebisnis isi ulang pulsa
elektrik yang sampai saat ini tidak bisa menghitung berapa besar keuntungan
maupuan kerugian yang diderita secara pasti. Masih banyak yang kesulitan untuk
memantau pertumbuhan bisnis secara detail dan tak sedikit pula yang kesulitan
untuk mendeteksi data transaksi hariannya.
............. memahami semua kendala
tersebut dan diwujudkan dalam Paket Bisnis yang ditawarkan kepada masyarakat
yang mempunyai keinginan untuk berinvestasi dalam mengembangkan bisnis isi
ulang pulsa elektrik.
C. Keuntungan bergabung
dengan komunitas .............
a.
............. memiliki akses dengan supplier Authorize Dealer dari seluruh operator
sehingga Anda tidak menemukan kesulitan dalam penyediaan stokist dengan harga
yang kompetitif.
b.
Paket Bisnis ............. dapat disesuikan dengan modal
klien.
c.
Konsep bisnis yang sudah teruji.
d.
Marketing plan handal dengan jangkauan market luas.
e.
Engine ............. Suport terhadap trax via H2H, YM dan
SMS, otomatis.
f.
Metode maintenance cepat.
g.
Tidak ada biaya update.
h. Tidak
ada biaya koneksi ke supplier.
D.
Mengapa ............. Beda?
a.
Satu-satunya penyedia sistem di Indonesia yang
bertanggung jawab terhadap kebobolan.
b.
............. menyediakan training aplikasi, managemen bisnis pulsa, mendapatkan SOP
berstandart ISO 9001:2000.
c.
............. tidak membatasi dengan pihak mana
klien bekerja sama dalam penyediaan stokist.
d.
Training kerja langsung di Unit Usaha PT. My
Pulsa Indonesia
e.
Mendukung pengembangan usaha klien dengan diskon sampai
dengan 50% untuk membuka cabang baru.
E.
............. Consulting For Management
Konsep ............. adalah sukses bersama
klien sehingga ............. tidak sekedar menjual engine tetapi juga memberikan manajemen pengelolaan bisnis pulsa
secara lengkap.
a.
Manajemen SDM dan Organisasi
-
Pembekalan SDM semua lini.
-
Penerapan Standart Operation Prosedure (SOP),
Instruksi Kerja (IK), dan Form.
-
User Guide Operasional Engine.
b.
Manajemen Kontrol Data Transaksi
-
Entry Data Processing (EDP).
-
Data Transaksi.
c.
Pembuatan Laporan Keuangan
-
Laporan Harian (Ref. Laporan Harian PT………….).
-
Laporan Neraca R/L.
d.
Manajemen Purchasing
-
Analisa Stokist
e.
Referensi Supplier Nasional
Untuk pembekalan dibidang manajemen ini
dibutuhkan waktu lebih panjang, karena harus disesuaikan dengan SDM dan budaya
perusahaan
F.
............. Engine Instalation Process
a.
Proses Instalasi
1.
Pre-Study
-
Penyesuaian fungsi engine dengan fungsi-fungsi yang
diinginkan klien (tidak merubah dasar struktur database yang sudah baku).
-
Penyesuaian struktur jaringan dan hardware terpasang
-
Waktu satu bulan (atau sesuai tingkat kesulitan dari fungsi
tambahan)
2.
Instalasi Engine
-
Instalasi OS PC-server (under linux) dan PC-Client (under
windows)
-
Setting jaringan komputer
-
Instalasi engine di server
-
Instalasi aplikasi dan koneksi gateway dan aplikasi order
3.
Recovery
-
Pemantauan data transaksi
-
Pemantauan laporan transaksi
-
Pembenahan-pembenahan bila perlu
b.
Biaya Instalasi
1.
Free biaya Instalasi untuk wilayah jawa timur
2.
Jawa Tengah fifty-fifty
3.
Jawa Barat, Bali, dan luar Jawa-Bali Full klien
4.
Biaya proses instalasi adalah akomodasi, transportasi dan
administrasi (disesuaikan dengan domisili klien)
5.
Waktu Instalasi
6.
Instalasi OS, jaringan, engine, aplikasi dan koneksi gateway
1 hari
7.
Training pengenalan dan pengoperasionalan engine 2 hari
G.
............. Total Support
Kami siap mensupport semua permasalah engine Anda
a.
Komplain Engine
Senin – Jumat : 09.00
-21.00 WIB
Sabtu:
09.00 – 18.00 WIB
Minggu:
09.00 – 16.00 WIB
b.
Administrasi
Senin – Jumat: 08.00 –
16.00 WIB
Sabtu:
08.00 – 13.00 WIB
c.
Emergency Call 24 hours
H.
Perhitungan RoI (Return of Investment)
a. Target Pendapatan
No
|
Margin
(optional)
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
500 trx/hr
|
1000 trx/hr
|
3000 trx/hr
|
||
1
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
2
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
3
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
b. Budget Pengeluaran (contoh)
No
|
Kebutuhan
(per-Bulan)
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
1
|
Sewa tempat
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
2
|
Koneksi Internet
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
3
|
Listrik, PDAM dll
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
4
|
Royalti *)
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
5
|
Payroll
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
|
a. Koordinator 1 org
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
|
b. Operator 2 org
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
|
c. CS 1 org
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
|
d. Admin 1 org
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
6
|
Lain-lain
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
|
TOTAL
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Note :
Disesuaikan dengan lokasi usaha
dan kebijakan Usaha
c. Perhitungan Laba-Rugi
No
|
Margin
(optional)
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
Laba-Rugi
|
Laba-Rugi
|
Laba-Rugi
|
||
1
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
2
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
3
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
Rp …………..
|
I.
Fungsi Menu
a. Menu cek transaksi
b. Menu proses transaksi
c. Menu data setting voucher
d. Menu data pengguna
e. Menu Laporan administrasi & keuangan
Informasi
selengkapnya mengenai Paket Bisnis dari ............., baik manajemen maupun
teknis akan dijelaskan secara detail ketika demo produk
J. Marketing Plan
a. Leveling Maksimal 5 Level
1. Leveling maksimum sampai dengan agen
level 5 .
2. Besar nominaL bonus sama tiap levelnya dan berdasarkan seLisih
harga jual voucher tiap leve Sesuai dengan kebijakan.
3.
Diagram leveling agen sbb:
b. Member
Get Member 3 level
- Besar nominaL bonus bisa diset sendiri tiap levelnya.
- Diagram MGM 3 Level sbb:
K. Jenis Kerjasama
a.
Kerjasama dengan ............. bersifat kemitraan dengan
tujuan keberhasilan klien adalah juga keberhasilan .............. Dengan
perhitungan royalti sbb:
1.
Untuk
jumlah transaksi sukses 1 (satu) sampai dengan Rp…………… (………………. rupiah)
transaksi, besarnya biaya royalti Rp ………….. ( ………………… rupiah)
per transaksi sukses.
2.
Untuk
jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) sampai dengan Rp…………… (Lima
Ribu) transaksi, besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per transaksi
sukses
3.
Untuk
jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) sampai dengan Rp…………… (Tujuh
Ribu Lima Ratus) transaksi, besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per
transaksi sukses.
4.
Untuk
jumlah transaksi sukses Rp…………… (………………… rupiah) transaksi sampai dengan Rp……………,
besarnya biaya royalti Rp…………… (………………… rupiah) per transaksi sukses.
5.
Untuk
jumlah transaksi sukses Rp………………… (………………… rupiah) transaksi ke atas, besarnya
biaya royalti Rp…………… ( ………………… rupiah) pertransaksi sukses.
b.
Maintenance
Free maintenance dan Update
L. ............. Engine
Salah satu produk unggulan .............
adalah engine pulsa yang diberi brand
My Pulsa Engine:
My – Engine
Sistem aplikasi My
- Engine terdiri dari dua sub sistem di dalamnya yaitu aplikasi pengisian
pulsa dan keuangan sederhana (Executive Information System-EIS). Sistem
pengisian pulsa terdiri dari beberapa fungsi untuk proses pendaftaran agen,
pembelian pulsa dan proses-proses transaksi yang ditujukan untuk melayani agen
dalam membeli voucher. Sedangkan sistem keuangan sederhana adalah sistem yang
mengolah transaksi-transaksi yang dilakukan, sehingga transaksi-transaksi yang
terjadi dapat dipantau oleh pihak manajemen. My–Engine terdiri dari :
Fasilitas
|
Smart
Engine
|
Power
Engine
|
|
1
|
Instalasi
dan sewa guna Engine
|
Rp…………….
|
Rp…………….
|
2
|
Suplier
via h2h/ ym
|
Stok
Pulsa
|
Stok
Pulsa
|
Eratel
|
Eratel
|
||
Terminal
Pulsa
|
Terminal
Pulsa
|
||
Winpulsa
|
Winpulsa
|
||
Bebas
|
Bebas
|
||
3
|
Marketing
Plan
|
|
|
4
|
Aplikasi
|
Tidak
ada
|
M-Kios
|
Dompet
Pulsa
|
|||
SEV
|
|||
CDMA
Dll
(Rengkap)
|
|||
5
|
Maintenance
|
via
remote dan Panduan
|
via
remote, Panduan, dan kunjungan
|
6
|
Web
Reporting
|
Ada
|
Ada
|
6
|
SMS
Gateway
|
Ada
|
Ada
|
7
|
Kapasitas
trx/hr*
|
2000
- 2500
|
5000
- 6000
|
Note : *Kapasitas trx sesuai dengan kemampuan hardware
M. .............-Identity
Nama
: CV …………………….
SIUP
:
NOMOR ………………..
NPWP :
………………..
Alamat : ……………………
Jl. ……………………..
Web
: www……………...com
Blog
Buletin : http://.............-community.blogspot.com
Blog
Hardware :http://hardware-..............blogspot.com
Telp/Fax : …………..(fax/phone mode)
Contact
Person : ………….
Handphone :
TERIMA
KASIH
Sumber: www.i-mobilesystem.com/.../PROPOSAL%20PENAWARAN%20..............1.doc
Artikel Terkait